Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Mendapatkan pekerjaan yang di inginkan adalah salah satu tujuan yang dimiliki banyak orang setelah bertahun-tahun belajar. Dari pekerjaan ini anda akan menerima gaji untuk waktu dan tempat yang anda luangkan untuk mengerjakan urusan bisnis bos anda tersebut. Lalu bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja.

Tentunya kualitas skill bekerja yang baik dapat membuat masa depan kita lebih baik dan cerah bukan? Bagi mereka yang baru saja lulus SMA/SMK dan belum tahu, mencari pekerjaan adalah suatu keharusan bagi para pencari kerja. Calon karyawan menawarkan diri, keterampilan yang dimiliki, atau perusahaan melalui surat resmi

Ini akan di nyatakan dalam dokumen surat resmi atau di tandatangani dan di nyatakan selama proses wawancara. Biasanya lamaran akan di berikan kepada perusahaan tempat Anda ingin pergi atau bekerja. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggur. Alasannya mungkin terbatas pada lamaran pekerjaan atau proses lamaran.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah Dokumen yang berisi permohonan izin untuk bergabung bersama suatu kelompok bisnis tertentu untuk mendapatkan upah apa yang telah di kerjakan. Karena itu, ada banyak tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan surat pengantar yang menarik dengan informasi yang lengkap dan baik. Ketika anda sedang ingin bergabung dengan perusahaan mungkin pemiliknya mungkin belum pernah bertemu dengan Anda.

Maka semakin banyak Anda menulis surat lamaran kerja yang berisi tentang semua diri anda, maka surat tersebut semakin baik kualitasnya, itu juga dapat menunjukkan kualitas pekerjaan yang dapat di lakukan. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial, khususnya media LinkedIn.com untuk meningkatkan kualitas surat lamaran kerja Anda.

Tips Menulis Surat Untuk Melamar Kerja

Bersumber dari catatan artikel populer di internet, berikut adalah tips dalam membuat lamaran kerja yang baik dan benar secara umum:

  1. Pastikan menggunakan bahasa baik dan benar, khususnya bahasa yang resmi.
  2. Gunakan kata baku yang sopan namun resmi, jangan gunakan kata pergaulan.
  3. Gunakan penulisan yang rapi, sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.
  4. Jika di tulis di kertas, Tulislah menggunakan tangan (manual).
  5. Lengkapi data-data sesuai dengan kemampuan diri sendiri.
  6. Sertakan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja biasanya berisi CV dan foto copy ijazah, yang harus berada di folder yang sama. Ini Memudahkan identifikasi kandidat oleh karyawan perusahaan. Saat menulis format surat lamaran kerja Anda, pastikan aplikasi Anda menyertakan item berikut:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Nama perusahaan yang di tuju
  3. Kata salam hormat
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Pengalaman atau kemampuan kerja
  7. Penutup

Baca juga : Cara Membuat Portofolio Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kepada Yth.

HRD PT : Garmen Sejahtera

Jln. Danyang-Kuwu no 94

Dengan hormat,

Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya harapkan dan mengajukan diri agar dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu yang anda pimpin. Saya yang menulis surat ini :

Nama : azis
Tempat dan Tgl lahir : 8 september 1994
Alamat : Jalan danyang-kuwu no 19
WhatsApp : 087733220458
Email : admin@nulisartikel.com
Status : Lajang
Pendidikan terakhir : Smp/Mts, sederajat

Saya mengajukan mengajukan permohonan pada posisi customer service pada perusahaan PT. Garmen sejarah. Saya juga melampirkan berkas untuk bahan pertimbangan penilaian pada diri saya, sebagai berikut :

Daftar Riwayat Hidup ( CV)
Foto copy Transkrip Nilai
Foto copy ijazah S-1
Dan Foto copy KTP
Pasfoto 4 x 6 terbaru

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan anda. Saya berjanji untuk bekerja sebaik mungkin dengan aturan yang di tetapkan dan di harapkan.

Hormat saya ( azis)

Lengkap sudah contoh yang bisa Anda ikuti untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai aturan, anda dapat copy contoh surat lamaran kerja tersebut lalu buat salinan di email maupun di dalam surat kertas. Namun perlu di ingat bahwa bukan desain berlebihan yang menarik. Tetapi isi dan kualitas calon pekerja yang baik.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x