Cara Daftar Antrian Online BPJS

Banyak yang belum mengetahui kalau peserta BPJS tidak perlu antre sejak pagi untuk mendapatkan nomor antrean terdepan jika mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Karena ada cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan.

Antrian online BPJS Ketenagakerjaan di gunakan untuk memudahkan nasabah mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT). Layanan digital dari BPJS sudah ada sejak 9 Mei 2018 dan bisa di akses melalui situs resmi BPJS.

Awalnya, layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan hanya di gunakan untuk mengambil antrian dan peserta tetap harus datang ke kantor cabang BPJS TK. Untuk mengurangi banyaknya antrian di kantor BPJS, pihak BPJS akhirnya mulai membuka pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan sistem online.

Karena ada banyaknya penumpukan peserta yang datang ke kantor BPJS di waktu bersamaan untuk bisa mengurus pendaftaran , mengajukan klaim, maupun membayar BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Daftar Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online

Daftar online BPJS Ketenagakerjaan juga dapat di gunakan untuk klaim pengecekan saldo. Anda tidak perlu lagi repot mengantri hanya untuk mencari tahu berapa jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah anda dapatkan. Selain itu peserta juga akan di mudahkan klaimnya dengan kepastian tanggal dan waktu pelayanan pengajuan BPJS Ketenagakerjaan.

Buka Website BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran antrian di www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Isi Data Diri NIK (nomor e-KTP)
KPJ (nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan)
Nama lengkap sesuai e-KTP
Nomor handphone
Wilayah Pelayanan (pilih yang terdekat dari tempat tinggal Anda)
Cabang Pelayanan
tanggal kedatangan
Jam kedatangan
Konfirmasi

Setelah mengisi data diri, tunggulah konfirmasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan yang akan di kirim lewat nomor handphone. Nantinya Anda perlu menunjukkan atau mengkonfirmasi pesan konfirmasi ke pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu anda ketahui tidak semua peserta bisa mendapatkan tanggal dan jam kedatangan yang di inginkan. Karena semua tergantung pada ketersediaan kuota yang terdapat di hari atau tanggal yang anda pilih. Jika dalam 1 jam masa tunggu Anda tidak ada balasan, maka pendaftaran dinyatakan hangus dan Anda harus mengulang pendaftaran mulai dari awal.

Tips Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Tujuan utama adanya pendaftaran antrian BPJS Ketenagakerjaan Secara online adalah mengurai antrian yang terjadi ketika pendaftaran masih menggunakan sistem offline.

Tetapi dengan pendaftaran online ini urusan tidak dapat dengan mudah selesai. Sebab Anda juga harus bersaing dengan pendaftaran lainnya yang memperebutkan kuota di hari yang sama ketika anda mendaftar.

Bahkan ada juga peserta yang harus mengulang pendaftaran hingga beberapa kali karena tidak mendapatkan kuota di kantor BPJS yang di inginkan pada hari itu. Hal-hal yang perlu di perhatikan saat mendaftar secara online adalah sebagai berikut :

Pengajuan Kedatangan Paling Pagi

Daftar secara online di website BPJS Ketenagakerjaan biasanya menginginkan jam datang yang di mulai pukul 9 pagi. Karena itu sulit mendapatkan nomor antrian jika Anda juga mengajukan di jam waktu yang sama.

Agar ketersediaan kuota, anda dapat menganti jam kedatangan misalnya pukul jam 10 atau 11 siang. Biasanya kuota masih tersedia banyak. Namun tentu saja, Anda harus datang tepat waktu setelah berhasil mendapat nomor antrian.

Pastikan Datang 30 Menit Sebelum Waktu Antrian

Pastikan anda datang tepat waktu atau menunggu di kantor BPJS beberapa menit, dari pada hasil antrian tidak dapat di gunakan. Misalnya Anda berhasil mendapatkan nomor antrian untuk kedatangan pukul 10 pagi, minimal anda datang pukul 8 atau jam 9 pagi.

Peserta BPJS yang sudah memilih tanggal dan jam pada sistem antrian online harus datang tepat waktu atau 30 menit sebelum jam yang di pilih. Jika anda datang terlambat dari waktu yang telah di pilih maka nomor antrian tidak dapat berlaku dan harus mendaftar ulang.

Pastikan Data Diri Lengkap

Pastikan sebelum anda datang ke kantor BPJS. Anda sudah menyediakan informasi data diri sesuai dengan data saat pendaftaran online. Seperti Kartu Keluarga, KTP, dan Kartu Peserta BPJS.

Ketidakcocokan dalam dokumen yang di gunakan. Akan memaksa Anda untuk kembali daftar online. Jadi, saran saya daripada mengulang nomor antrian lebih baik pastikan terlebih dahulu dokumen yang lengkap dan benar.

Baca juga : Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Nah iitulah tulisan artikel tentang Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan lewat website. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan layanan BPJS dengan baik.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Cara Daftar Antrian Online BPJS”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x