Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Laki-laki bukan satu-satunya yang bisa melanjutkan sekolah di SMK. Perempuan juga dapat melanjutkan studi di SMK dan memiliki prospek kerja yang baik. Berikut Rekomendasi Jurusan SMK Untuk Tenaga Wanita yang siap menghadapi dunia.

Setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, Anda harus memilih apakah akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat. Masing-masing sekolah ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Jika Anda ingin segera mencari pekerjaan dan siap bersaing dengan lulusan lain setelah lulus, sebaiknya pertimbangkan SMK sebagai tujuan Anda. Spesialisasi yang ditawarkan di SMK sangat beragam. Siswa laki-laki memiliki jurusan yang sama, seperti otomotif, teknik mesin, dan alat berat, sedangkan siswa perempuan memiliki jurusan seperti pekerjaan kantoran, memasak, dan menjahit.

Setiap bidang spesialisasi memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ketika laki-laki memasuki bidang profesional yang sama dengan perempuan dan sebaliknya.

Rekomendasi Jurusan SMK Untuk Tenaga Wanita

Jika Anda ingin mengikuti ujian masuk sekolah kejuruan, atau sedang mencari perguruan tinggi teknologi wanita berpenghasilan tinggi, tetapi tidak tahu jurusan apa atau mencari pekerjaan, silakan gunakan ini sebagai referensi.

Kategori Animasi dan Multimedia

Jika Anda memiliki prospek kerja dan sedang mencari spesialisasi wanita yang pendiam, jurusan Animasi dan Multimedia mungkin bisa menjadi alternatif. Era digital ini membutuhkan kemampuan animasi dan berbagai hal yang berkaitan dengan multimedia.

Anda dapat bekerja sebagai desainer grafis, desainer tata letak, animator, dll. Setelah lulus dari jurusan animasi dan multimedia, Anda bisa bekerja di perusahaan besar, game, produksi film, produk, dan perusahaan lain yang membutuhkan animasi dan multimedia.

Lulusan fakultas ini bahkan bisa membangun karir dengan mendirikan kantor sendiri. Jadi pelajari baik-baik materi yang diajarkan di kelas 10-12.

Spesialisasi “Keperawatan”

Wanita yang ingin melanjutkan ke sekolah kejuruan dapat memilih untuk belajar keperawatan. Bidang ini merupakan salah satu spesialisasi yang paling di minati karena prospek pekerjaan di bidang kesehatan sangat menjanjikan.

Selain itu, banyak institusi medis masih kekurangan sumber daya, sehingga lulusan perguruan tinggi keperawatan memiliki peluang besar untuk bersaing dengan lulusan dan sarjana. Pelajari cara merawat bayi, remaja, dewasa, dan lansia. Pertimbangan lain untuk masuk ke departemen keperawatan di sekolah kejuruan adalah tingginya gaji perawat.

Broadcasting

Selain spesialisasi di atas, spesialisasi yang sangat baik untuk wanita adalah penyiaran. Jurusan ini untuk mereka yang senang berbicara di depan umum dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Anda bisa berkarier di televisi, radio, youtube, tiktok, dan media lainnya. Industri televisi yang berkembang juga memperluas pilihan karir.

Manajemen Arsip

Ciri khas sekolah kejuruan yang banyak peminatnya adalah jurusan recording. Kursus ini sangat cocok untuk wanita yang suka bekerja di dalam ruangan dan jam kerja reguler. Atasi masalah yang terkait dengan banyak dokumen, file, dan email penting perusahaan. Tugasnya terlihat mudah, tetapi Anda harus sangat berhati-hati agar kertas tidak berantakan.

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jika Anda memenuhi persyaratan kelayakan yang ditetapkan oleh SMK, Anda dapat memilih TKJ Kekhususan Wanita. Keahlian TKJ sama dengan laki-laki, namun perempuan juga boleh melamar. Jika Anda belajar di fakultas ini, Anda dapat belajar banyak tentang teknik informasi.

Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan SMK TKJ, Anda bisa bekerja di industri perangkat lunak, industri perangkat keras, atau bahkan membuka usaha sendiri. Baca juga: Gaji Pekerja Lulusan TKJ

Jurusan farmasi

Perguruan tinggi farmasi sangat diminati oleh pelamar. Kemampuan lulusan bersaing dengan lulusan perguruan tinggi menjadi nilai tambah. Gelar apoteker dari QMS memungkinkan Anda bekerja di apotek, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Dengan mendaftar di apotek, Anda juga bisa mendapatkan posisi profesional bergaji tinggi saat Anda bekerja. Tingginya permintaan dalam dunia kesehatan terhadap lulusan farmasi menunjukkan potensi yang menjanjikan dari fakultas ini.

Pelajari banyak ilmu farmasi dasar tentang SMK. Jika Anda masih ingin memperdalam ilmu di bidang farmasi, besar kemungkinan Anda akan melanjutkan studi di Sekolah Farmasi Kebidanan.

Akuntansi

Ada banyak SMK yang mengkhususkan diri pada akuntansi di Indonesia. Akuntansi adalah spesialisasi yang paling di cari di dunia kerja. Setelah lulus dari akuntansi, Anda dapat melamar karyawan di perusahaan besar, akuntansi perusahaan, bank, dll.

Ada banyak kursus yang dapat Anda ambil yang akan mempersiapkan Anda memasuki dunia bisnis dan bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain dan departemen akuntansi profesional. Lulusan sekolah menengah dengan gelar akuntansi juga dapat melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi tingkat diploma atau sarjana.

Tata Boga (kuliner)

Wanita yang ingin berkarir di industri makanan dapat mendaftar di jurusan tata boga SMK. Dengan mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu, Anda akan terlatih memasak berbagai jenis makanan. Selain itu, Anda akan belajar tentang kewirausahaan, nutrisi, memasak, kesehatan dan keselamatan kerja, dan topik terkait makanan lainnya.

Setelah lulus dari sekolah kuliner, Anda bisa mendapatkan pekerjaan di industri kuliner seperti restoran, rumah makan, hotel, dll, atau bahkan memulai bisnis. Katering memang identik dengan wanita, namun pria juga bisa masuk ke sektor ini dan sukses.

Mode Fashion

Jika Anda tertarik dengan pakaian dan desain lainnya, Jurusan Tata Busana SMK adalah tempatnya. Apalagi saat ini industri pakaian jadi sedang berkembang, ada berbagai macam peluang kerja bagi lulusan perguruan tinggi desain fashion.

Dengan kreativitas Anda, Anda dapat membuat desain pakaian yang unik dan menjualnya di pasar hingga laku. Selain itu, Anda dapat berpartisipasi dalam industri konveksi, butik pakaian, dan tempat lain yang diikuti oleh lulusan mode.

Mata pelajaran yang akan diambil adalah pengetahuan tentang bahan tekstil, desain busana, pembuatan pola, teknologi menjahit, dll. Baca juga : Cara Membuat Tas Belanja Dari Blacu.

Bagian Tata Rias

Dengan memilih Divisi Kecantikan Kulit & Rambut SMK, Anda dapat mengembangkan bakat Anda sebagai penata rias dan penata rambut. Anda akan mempelajari banyak keterampilan di bidang produk kulit, rambut, dan kecantikan yang akan mempersiapkan Anda untuk berwirausaha.

Peluang kerja setelah lulus dari departemen tata rias kulit dan rambut – bekerja di klinik kecantikan, salon kecantikan, pusat perawatan dan tempat lain untuk wanita.

Mengkhususkan diri dalam perhotelan

SMK khusus yang sangat di butuhkan di dunia kerja, termasuk homeschooling. Membangun hotel di kota besar membutuhkan lulusan yang tahu cara mengelolanya. Kebutuhan tenaga kerja di industri perhotelan terutama berasal dari lulusan SMK.

Faktanya, banyak sekolah kejuruan bermitra dengan hotel untuk membantu lulusannya segera mendapatkan pekerjaan. Sekolah Profesional Perhotelan umumnya menawarkan keterampilan yang sama yang diperlukan untuk binatu, katering, resepsi, tata graha, dan pekerjaan hotel lainnya. Selain mempelajari keterampilan ini, Anda juga akan belajar bahasa asing.

Dinas Pariwisata

SMK memiliki jurusan pariwisata, jadi jurusan ini bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan para wanita. Bayangkan banyaknya destinasi wisata populer dan wisata baru yang bisa di pilih di Indonesia? Keindahan alam Indonesia menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Setelah membaca Rekomendasi Jurusan SMK Untuk Tenaga Kerja Wanita karir luar biasa untuk wanita lulusan smk yang mempunyai prospek pekerjaan mereka, adakah yang lebih Anda pilih? Padahal, mendapatkan pekerjaan itu mudah jika ingin langsung bekerja setelah lulus.

Namun, Anda harus tahu bahwa selalu ada peluang kerja yang terbuka bagi mereka yang pandai membaca dan menulis. Jika Anda serius mengerjakannya saat Anda masih sekolah, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk mencari pekerjaan setelah lulus dari sekolah kejuruan. Semoga ini membantu.

Bagikan: