Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bidang pendidikan menengah yang sangat di minati oleh siswa Indonesia. Salah satu spesialisasi SMK adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mempunyai gaji Pekerja Lulusan TKJ antara 5-10 jt. Lulusan ini menawarkan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi, bidang yang berkembang pesat di era digital saat ini.

Harap di catat bahwa gaji ini adalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, jenis bisnis, pengalaman kerja, dan kemampuan pribadi. Namun, sarjana TKJ menawarkan peluang karir yang sangat menjanjikan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini.

Sekolah kejuruan cabang TKJ menawarkan kursus TIK, sehingga lulusannya memiliki banyak kesempatan untuk berkarir di bidang teknologi informasi dan komunikasi, serta gaji rata-rata. Hal ini menjadikan jurusan TKJ SMK sebagai pilihan pendidikan yang sangat baik bagi siswa yang ingin bekerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Gaji Pekerja Lulusan TKJ

Lulusan TKJ bisa mendapatkan penghasilan rata-rata minimal per bulan Rp 5.000.000. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, semakin banyak potensi pendapatan yang Anda miliki.

Teknisi Komputer dan Jaringan bekerja menangani perakitan, perbaikan, instalasi, dan konfigurasi perangkat komputer dan jaringan. Teknisi Komputer dan Jaringan mempunyai gaji perkiraan Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000 per bulan

Programmer bekerja membuat, mengembangkan, dan memelihara software aplikasi dan website menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Jika Anda memilih pekerjaan Programmer gaji rata berada di kisaran Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

Desainer Grafis mempunyai pekerjaan membuat desain grafis dan multimedia untuk keperluan bisnis dan hiburan digital, pastikan bahwa anda panda menganalisis warna untuk menghasilkan foto dan video yang menarik. Gaji seorang Desainer Grafis: Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000 per bulan.

Spesialis Keamanan Jaringan bekerja dengan tanggung jawab menangani keamanan jaringan untuk melindungi data dan informasi yang di simpan. Seseorang Spesialis Keamanan Jaringan dapat mendapatkan gaji antara Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan.

Administrasi Server bekerja menangani administrasi dan pengelolaan server untuk memastikan sistem jaringan berjalan dengan baik. Dengan tanggung jawab tersebut seorang Administrasi Server Rp 4.500.000 – Rp 7.500.000 per bulan.

Spesialisasi TKJ menawarkan peluang kerja yang sangat menjanjikan bagi perusahaan swasta dan publik hingga instansi pemerintah yang mencari profesional TI. Selain itu, berwiraswasta juga menjanjikan banyak penghasilan bagi pengusaha.

Jurusan TKJ terkait dengan komputerisasi, cenderung lebih banyak mempelajari periferal perangkat keras seperti kabel, perakitan jaringan dasar, perakitan komputer, dan berbagai teori terkait perangkat keras.

Mengingat pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja bagi lulusan dengan pengalaman ilmu komputer cenderung lebih mudah ditemukan. Dukungan digitalisasi sangat penting untuk semua sektor kegiatan, publik dan swasta. Tak sedikit lulusan TKJ yang memilih menjadi pekerja lepas ketimbang wirausaha.

Tips mencari kerja setelah lulus TKJ

Setelah mengetahui Gaji Pekerja Lulusan TKJ. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk sukses dalam karir TKJ Anda.

Pertimbangkan kualitas resume

Sangat penting bahwa kandidat menunjukkan profesionalisme dan otonomi. Ini yang menjadi pertimbangan utama HRD. Jadi cobalah untuk memulai dengan pengalaman desain, organisasi, dan keterampilan informasi Cara Membuat Portofolio Untuk Melamar Pekerjaan

Biasakan untuk keluar dan bersosialisasi

Bagi orang yang terbiasa bersosialisasi dan memiliki banyak kenalan, sangat mudah untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang up-to-date dan terpercaya. Bagi yang tidak terbiasa nongkrong, tentu akan kesulitan. Jadi buka pikiran Anda sekarang, bergabunglah dengan komunitas, hadiri berbagai lokakarya, dan jalin lebih banyak koneksi. Ini sangat efektif untuk membangun saluran pipa.

Perhatikan informasi Loker di portal lowongan kerja

Saat ini sudah banyak portal pencarian kerja yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan. Semua lowongan kerja terbaru tersedia di sana. Jika Anda menargetkan perusahaan tertentu tetapi saat ini tidak memiliki lowongan, Anda dapat meneliti kredensial tertentu di portal untuk mempersiapkan sebelumnya.

Bergabung Di Pekerja Freelancer

Selain job portal, banyak juga portal freelancer untuk mendapatkan pekerjaan freelance. Anda dapat mendaftar akun freelance dan mulai melamar pekerjaan. Sebagian besar portal freelance di dominasi oleh pekerjaan teknologi.

Oleh karena itu, sebagai alumni TKJ, Anda sangat cocok untuk berkarir dan mencari pengalaman guna meningkatkan harta rupiah. Karier lepas berarti bekerja untuk perusahaan yang tidak memiliki aturan yang dapat ditegakkan seperti karyawan.

Baca juga : Cara Mendapatkan Pekerjaan Di Internet

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang ingin menjadi seorang freelancer akhir-akhir ini. Menurut Kantor Pusat Statistik, jumlah pekerja lepas tumbuh sebesar 26% setiap tahun. Jumlah ini berkembang pesat, terutama di masa pandemi, karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan formal dan mencari peluang kerja lepas.

Bagikan: