Biaya Iklan Google Ads

Mari kita lihat lebih dekat biaya iklan Google Ads, platform periklanan Google yang memberi Anda kebebasan untuk mengatur pengeluaran iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini termasuk mengontrol penempatan iklan di Google Penelusuran, Play Store, YouTube, atau produk Google apa pun.

Sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan iklan Anda di target pasar yang Anda targetkan sebelumnya. Dengan memasukkan kata kunci tertentu ke dalam mesin pencari Google, Anda dapat mengenali tampilan iklan.

Saat halaman Google terbuka dengan rekomendasi untuk beberapa tautan di situs web, Anda mungkin melihat kotak kuning bertuliskan “Advertisement” atau “Iklan”. Kolom ini biasanya berada di bawah judul artikel. Iklan Google juga sering muncul dalam tampilan yang berbeda, seperti sidebar, atas, atau bawah halaman Google.

Google menawarkan program periklanan untuk bisnis online yang ingin menjual produk dan layanan mereka melalui jaringan Internet yang terhubung ke mana saja di dunia dan mudah di akses setelah infrastruktur tersedia. Google Ads mungkin adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin melakukan pemasaran online.

Dilengkapi dengan berbagai fitur dan keuntungan, platform fungsi iklan ini akan membantu Anda mengoptimalkan bisnis online Anda. Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan ads, Anda memiliki kebebasan tanpa batas untuk merencanakan strategi bisnis pemasaran online Anda.

Anda juga dapat menentukan target pasar Anda berdasarkan kategori produk tertentu seperti topik, kata kunci, usia audiens target, lokasi kota yang diiklankan, waktu, dll. Jauh lebih mudah dan nyaman dengan biaya iklan yang sebanding.

Mengenal Biaya Iklan Google Ads

Metode pembayaran Google Ads sangat sederhana dan murah. Pengusaha pemula mungkin khawatir memiliki anggaran terbatas saat beriklan online. Tak perlu gugup karena Anda bisa memulainya dengan budget yang ada. Sebaiknya mulai dengan pembelanjaan minimum Rs 50.000 per hari sambil mempelajari cara beriklan di Google. Ada beberapa cara untuk membayar Google Ads, antara lain:

Pay Per Thoushand Impression

Metode pembayaran yang pertama adalah dengan membayar 1000 impresi atau pengguna internet. Artinya, Anda akan dibayar dengan jumlah tetap untuk setiap 1000 pengunjung yang melihat iklan Anda. Cara ini sangat dianjurkan untuk pemula. Terutama jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness, atau jika Anda hanya ingin lebih banyak orang melihatnya sebagai langkah pertama dalam membangun brand Anda.

Pay Per Click

Metode pembayaran berikut ditentukan oleh setiap pengguna yang menautkan ke iklan Anda. Ini adalah saat pengguna melihat iklan dan mengkliknya. Namun, tidak ada biaya untuk hanya menampilkan iklan yang ditayangkan oleh pengguna jaringan. Ini adalah metode pembayaran. Dan itu bagus untuk perusahaan yang sudah punya nama, yang tersisa hanyalah mendapatkan audiens.

Pay Per Conversion

Ini adalah metode pembayaran iklan yang paling direkomendasikan untuk bisnis online. Di mana Anda hanya perlu membayar jika tujuan iklan yang Anda inginkan tercapai. Target meliputi pendaftaran keanggotaan, waktu kunjungan situs, penjualan, dll, sesuai dengan keinginan Anda. Bagaimana jika saya ingin menggunakan iklan online hanya untuk menawarkan produk atau layanan yang saya miliki?

Tentu saja, Anda harus mencoba Google Ads. Sebagian besar orang dan pengguna Internet menggunakan layanan dan fitur Google untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Fitur Google mudah digunakan oleh semua orang, yang menghadirkan peluang besar bagi bisnis periklanan Anda. Menggunakan Google Ads dapat membuat bisnis Anda semakin sukses.

Cara Menghitung Biaya Iklan Google Ads

Jika Anda ingin tahu tentang biaya iklan Google Ads Anda, berikut rincian biayanya. Perhatikan juga elemen utama dari rencana periklanan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menghitung berapa biaya yang harus Anda bayar untuk iklan Google Ads.

Kata Kunci

Saat memilih kata kunci, Anda harus memperhatikan biaya iklan Google Ads Anda. Setiap kata kunci memiliki harga. Semakin banyak kata kunci yang Anda miliki, semakin tinggi biaya iklan Anda. Kata kunci yang memiliki peringkat pencarian tinggi dan dapat tampil tinggi di mesin pencari lebih berharga daripada kata kunci biasa dengan persaingan rendah.

Baca juga : Cara Mencari Kata Kunci Di Google ads

Pencarian Kata

Menghitung biaya iklan menggunakan Google Ads juga dipengaruhi oleh kekuatan dan relevansi kueri penelusuran. Semakin tinggi pencarian kata kunci, semakin tinggi hadiahnya, dan jika Anda berani menggunakan kata kunci tersebut, Anda menang. Pada saat yang sama, iklan intensif kata kunci lebih efektif jika kualitas konten yang Anda gunakan menarik perhatian pengunjung.

Misalnya Anda memasukkan kata kunci “baju muslim wanita”. Dan keyword tersebut mempunyai Volume penelusurannya sebesar 27.100 per bulan. Baca juga Tips Jualan Baju Online Untuk Pemula

Biaya Per Klik

Anda dapat membantu Google Ads mengenali iklan Anda dengan menetapkan tawaran BPK untuk kata kunci yang disarankan oleh Google. Anda harus menggunakan alat paling sederhana – Perencana Kata Kunci Google. Misalnya Anda bisa melihat ke bagian kolom CPC. Di bagian kolom CPC terlihat hasil penelusuran “baju muslim wanita” sebanyak Rp 1319,16 CPC.

Ekspektasi RKPT

Sejauh ini, saya tidak yakin tentang biaya iklan saya di Google Ads. Karena Anda perlu mengecek nilai CTR yang di harapkan. Apa itu CTR? Klik pada kecepatan visualisasi atau CTR untuk membandingkan jumlah klik dan jumlah emisi iklan.

Formula ekspektasi ini benar-benar gratis, karena CTR adalah nilai ekspektasi dari CTR itu sendiri. Jadi jika iklan yang di tayangkan adalah 100, dan mendapatkan klik 10 orang. CTR-nya adalah 10 di bagi 100=10%. Ini jika Anda ingin memperoleh CTR sebesar 10%.

Langkah Penghitungan Biaya Iklan

Sekarang hitung biaya iklan Anda untuk Google Ads. Rumusnya adalah: Estimasi Pendapatan Iklan = Volume Pencarian Bulanan X BPK X RKT yang di harapkan.

Setelah Anda menghitungnya, berikut cara menghitung biaya iklan Anda:
Taksiran biaya iklan untuk kata kunci ‘pakaian wanita muslimah’ = 27.100 x 1319,16 x 10% = Rp 3.574.924 tetap di 30. Hasilnya adalah Rp119.164/hari.

Selain beriklan dengan Google Ads, masih banyak jenis iklan lain yang bisa Anda gunakan saat menerapkan strategi digital marketing bisnis Anda. Misalnya, program afiliasi, dropshipping, iklan Facebook, pemasaran email, dll.

Baca juga : Apa Itu CPA Sistem Iklan Di Internet

Itulah tulisan artikel tentang Mengenal Biaya Iklan Google Ads dan cara paling mudah untuk menghitung biaya iklan Google Ads dan beberapa jenis iklan lain yang bisa Anda coba untuk mempromosikan Bisnis secara online.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Biaya Iklan Google Ads”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x