Membuat situs web wordpress untuk AdSense

Membuat situs web wordpress dengan tujuan menghasilkan uang dengan AdSense bukanlah suatu kebetulan. Selain faktor SEO, CTR juga berpengaruh besar terhadap pendapatan di AdSense. CTR ini di pengaruhi oleh adanya iklan di halaman blog atau website Anda. Jika struktur webnya kurang bagus, hasil klik iklan yang di dapat pasti jelek.

AdSense masih merupakan cara terbaik bagi blogger untuk menghasilkan uang. Tidak mengherankan, Google AdSense adalah yang terbaik dari banyak platform periklanan. Oleh sebab itu jika anda memiliki sebuah website wordpress dengan traffic yang lumayan tinggi, sebaiknya segera daftarkan ke Adsense.

Apa Itu Pengertian Google Adsense?

Google AdSense adalah program periklanan yang tersedia untuk umum yang di miliki oleh Google. Siapa pun yang memiliki blog atau situs web wordpress dapat menjadi mitra Google AdSense. Ini berarti siapa pun dapat bergabung dengan program Google AdSense untuk menempatkan iklan di halaman situs mereka dan mendapatkan uang dari iklan tersebut.

Namun, tidak semua blog dan website wordpress bisa di daftarkan ke Google AdSense. Blog Anda harus memenuhi persyaratan yang memadai untuk dimonetisasi dengan Google AdSense. Blog Anda harus di rancang dengan baik, memiliki konten dan lalu lintas yang berkualitas, dan memperhatikan masalah persyaratan layanan Google Adsense lainnya.

Anda dapat membaca Ketentuan Layanan resmi di website Google AdSense. Pilih negara dan baca syarat dan ketentuan yang di sediakan oleh Google Adsense di wilayah negara tersebut.

Tips Ketika Membuat Website Untuk Adsense

Situs web atau blog yang di buat untuk tujuan di monetise dengan Google Adsense sedikit berbeda dengan situs yang di tujukan untuk toko online, landing page atau pun situs lainnya. Web Google Adsense sangat bergantung pada posisi iklan.

Sehingga pada saat proses developing nya, harus di perhatikan bagaimana penyajian konten dan iklan ketika di tayangkan ke user. Setidaknya, web Google Adsense itu hanya memenuhi beberapa syarat berikut ini agar bisa punya penghasilan tinggi:

Loading cepat ketika di akses
Menempatkan iklan di posisi yang strategis
Struktur artikel SEO Friendly
Menu navigasi mudah di pahami pembaca
Desain warna rapi dan menarik
UI/UX di buat sebaik mungkin
Tidak ada bug di website
Tidak ada link error di GSC

Jika blog atau website Google Adsense Anda memenuhi persyaratan di atas, penghasilan Adsense Anda pasti akan meningkat. Karena syarat tersebut adalah pedoman dasar penggunaan iklan Adsense.

Cara Membuat Website WordPress Untuk Google AdSense

Membuat website Google Adsense sangatlah mudah. Di bandingkan dengan membuat toko online atau landing page, membuat blog Adsense hanya membutuhkan waktu singkat. Jika Anda masih pemula, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat website wordpress Adsense Anda.

Beli Domain & Hosting

Sebaiknya gunakan WordPress untuk membuat blog AdSense Anda. Tidak hanya mudah di gunakan, tetapi juga banyak tutorial di internet. Jika Anda ingin menggunakan WordPress, Anda perlu membeli domain dan hosting. Anda dapat membeli hosting dasar dari dan penyedia layanan pembelian hosting dan domain.

Baca juga : Perbedaan Nama Dan Jenis Domain Beserta Fungsinya

Ketika Anda membeli paket pelajar, biasanya Anda mendapatkan domain gratis. Jangan lupa untuk menuliskan username dan password Anda untuk login ke halaman member hosting yang Anda gunakan. Tujuannya agar tidak lupa saat mengakses database Anda di sana.

Install Website WordPress

Selanjutnya, instal situs melalui Cpanel. Setelah memesan domain dan hosting Anda dari penyedia jasa, Anda akan memiliki akses ke cPanel untuk akun hosting Anda. Jalankan web atau instal blog. Metodenya cara instal wordpress di Cpanel terlihat seperti ini:

Login ke akun cPanel anda
Kemudian pilih menu softaclous
Klik logo WordPress
Lalu anda akan masuk ke halaman instalasi
Pilih nama domain dengan format URL https:// atau http:// tanpa www
Kosongkan database tempat instalasinya
Buat username dan password web anda
Pilih theme default terlebih dahulu
Isi email instalasi wordpress
Klik menu Install Website WordPress
Tunggu proses instalasi selesai

Cari Dan Install Theme High CTR

Setelah menyelesaikan proses instalasi situs web wordpress Anda, masuk ke dasbor ruang web wordpress melalui hosting atau link seperti ini “https://nulisartikel.com/wp-admin“, (ganti nama domain menjadi domain yang anda kelola).

Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang baru saja Anda buat, dan ketika Anda mengunjungi halaman situs web, Anda dapat segera mengubah desain web ke yang lain. Untuk mengganti tema situs wordpress sebagai berikut :

Buka dasbor wordpress
Klik menu tampilan atau appereance
Cari tema yang khusus untuk AdSense
Klik install tema
Aktifkan tema
Lalu edit sesuai dengan keinginan
Proses instalasi tema selesai

Anda juga dapat upload tema website, jika Anda beli di situs penyedia template wordpress, jika sudah Anda upload langsung aktifkan tema tersebut. Kemudian lakukan konfigurasi dan pengaturan tampilan nya sesuai dengan keinginan anda.

Instal Plugin Yang Di Butuhkan

Salah satu cara terpenting untuk membangun situs web untuk Google AdSense adalah dengan menambahkan plugin. Tujuannya agar web lebih optimal. Beberapa plugin web wordpress untuk Google AdSense meliputi:

Yoast seo
Redirection
Brokenlink
Site kite
Internal link manager
Easy Table of Contents
Floating ads
Ad inserter
Litesped chaca
View couter
Contact 7

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda Plugin ini tidak harus di instal jika tidak di inginkan. Anda dapat menginstalnya atau tidak menginstalnya sama sekali.

Membuat Halaman

Team Google Adsense akan melihat halaman situs Anda. Apakah layak menampilkan iklan Adsense? Saran saya, jika Anda ingin website wordpress Anda di terima Google Adsense dengan lebih mudah, sebaiknya Anda membuat halaman web yang berisi berikut ini :

Beranda
Kontak
Tentang
Disclaimer
Privacy

Pastikan tidak ada halaman kosong tidak peduli berapa banyak halaman yang Anda buat. Pastikan semuanya diisi dengan konten artikel yang baik dan komprehensif. Sebaiknya kelima halaman tersebut anda jadikan menu navigasi di halaman footer atau widget.

Membuat Postingan Artikel

Setelah membuat halaman, Anda perlu menulis artikel dan mempostingnya di halaman situs web Anda. Website Google Adsense sangat bergantung pada jumlah konten blog. Semakin banyak konten artikel, semakin banyak iklan Adsense yang Anda dapatkan yang muncul. Untuk menulis posting blog, ikuti langkah-langkah berikut:

Login ke wp-admin situs wordpress
Kemudian klik menu posting
Pilih menu tambah baru
Silahkan buat judul dan tulis artikel
Tambahkan link eksternal dan internal
Upload beberapa gambar pendukung
Optimasi kata kunci, slug, dan meta Diskripsi
Tambahkan kategori sesuai judul artikel
Publikasikan sekarang

Setelah anda mengikuti tutorial di atas website anda sudah jadi dan dapat di akses. Tetapi agar website anda segera di review Google Adsense, sebaiknya anda segera daftarkan ke Google Search Consol dan Google analityc. Anda juga dapat mendaftarkan website anda ke bing search engine maupun share link ke media sosial.

Menghubungkan Web Ke Google

Inilah keuntungan membuat website Menggunakan WordPress, yaitu Anda tidak perlu memulai mendaftarkan website ke layanan produk Google melalui situs resmi mereka. Anda cukup menghubungkan dengan menggunakan plugin khusus untuk wordpress yang di buat oleh Google yaitu site kiet. Berikut cara Menghubungkan Website WordPress dengan GSC, Google analityc dan Google Adsense menggunakan Site kite.

Cara Menghubungkan Website WordPress Ke GSC

Untuk menghubungkan Google Search Console dengan Google Site Kit, silakan mengikuti cara berikut ini

Dari halaman admin, navigasi ke Google kit > Dashboard
Kemudian klik Sign In With Google
Beri izin Site Kit menggakses Google Account
Pada opsi Verify site ownership klik Proceed
Beri izin Site Kit mengakses Google Account data
Pada opsi Set Up Search Console klik Add Site
Klik Go to my Dashboard

Cara Menghubungkan Website Ke Google Analytics

Untuk menghubungkan Google Analytics dengan Google Site Kit, silakan mengikuti cara berikut ini :

Dari halaman dasbor, navigasi ke Google kit > Settings
Klik tab Connect More Services
klik Set up Analytics
Pilih akun Google yang akan di gunakan pada opsi Choose an account
Selanjutnya klik Continue
Pilih akun Analytics
Pilih Setup a new account
Account: tuliskan nama akun
Property: tuliskan alamat domain
Klik Create Account

Setelah membuat akun, pilih akun dan klik Konfigurasi Analytics. Google Analytics kini terintegrasi dengan situs web Anda. Data alat Google Analytics juga dapat di lihat di dasbor.

Cara Menghubungkan Website WordPress Ke Adsense

Kehadiran AdSense di Google Site Kit memungkinkan Anda untuk melihat keefektifan iklan yang di tampilkan di situs Anda. Metode koneksinya tidak jauh berbeda dengan cara integrasi dengan Analytics di lakukan. Klik Site Kit > Pengaturan di bilah alat dan pilih Analytics di tab Sambungkan layanan tambahan.

Terakhir, ikuti petunjuk untuk memverifikasi akun Google Anda. Ini akan membawa Anda kembali ke plugin Site Kit. Jika Anda belum membuat akun AdSense menggunakan akun Google, Anda akan melihat tombol Buat akun AdSense, Klik tombolnya.

Buat akun AdSense menggunakan penyiapan Google Site Kit. Anda akan melihat halaman pendaftaran Google AdSense. Dari sini, cukup pilih negara Anda dan centang kotak Persyaratan Layanan AdSense. Setelah selesai, klik tombol Buat Akun.

Selanjutnya anda akan di bawa langsung ke halaman pengaturan alamat Google AdSense. Alamat ini di perlukan sebagai data pribadi. Klik Kirim ketika Anda telah melengkapi formulir. Akun AdSense Anda sudah siap dan terhubung ke situs web Anda. Akun AdSense Anda juga terintegrasi secara otomatis dengan Google Site Kit.

Namun, Anda harus ingat bahwa AdSense memerlukan waktu untuk meninjau situs web Anda. Oleh karena itu, pengguna baru harus menunggu data AdSense muncul di dasbor Site Kit mereka. Setelah blog Anda di setujui, tetap optimalkan dan perbarui blog Anda untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan dari Google Adsense.

Baca juga : Cara Daftar Google Adsense

Pastikan sebelum mendaftar, Anda perlu memastikan bahwa website atau blog Anda sudah siap untuk di daftarkan ke Google Adsense. Fitur dan standar situs web siap SEO AdSense. Proses persetujuan akun AdSense biasanya memakan waktu dua minggu. Bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama. Keputusan untuk menyetujui atau menolak blog AdSense Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan saat pendaftaran.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x