Cara Menulis Artikel SEO

Kesulitan seorang website developer adalah ketika menulis artikel SEO, sebuah artikel yang mampu menduduki peringkat pertama search engine Google. Menulis artikel tidak sembarangan ada cara yang harus anda pelajari.

Membuat website sangatlah mudah, Apalagi dengan adanya teknologi cms yang terbuka. Dan ada banyak juga website yang menyediakan hosting secara gratis untuk di gunakan untuk membuat website, seperti WordPress.com dan blogger. Tetapi yang paling sudah adalah proses copywriting atau membuat artikel berkualitas SEO freonly.

Apa Itu Artikel SEO

Artikel SEO adalah sebuah konten yang berbentuk tulisan yang di buat untuk tujuan mendatangkan trafik dari search engine. Dengan cara memberikan informasi lewat website sekaligus bertujuan untuk mendatangkan pengunjung / pembaca di dalam sebuah website

Ketika anda membuat website pribadi memang lah mudah yang sulit adalah membuat artikel seo. Tetapi untuk website yang di gunakan untuk bisnis itu membutuhkan modal. Tetapi jika Anda mempunyai uang anda dapat menggunakan jasa website developer untuk membuat website sesuai keinginan.

Cara Menulis Artikel SEO

Di sini saya akan membagikan sedikit cara membuat artikel SEO, di samping menulis artikel yang keren dan menyambung sebuah judul, struktur artikel juga harus di perhatikan.

Supaya mudah di pahami, berdasarkan pengalaman serta kutipan dari sumber-sumber kredibel. Banyak di temukan “artikel SEO” yang sama sekali tidak enak di baca. Terlalu fokus di aspek “SEO”-nya, sehingga aspek “artikel”-nya sangat lemah.

Hal yang perlu di lakukan penulis sehingga bisa membuat pembaca mendapatkan inti informasi yang ingin disampaikan di dalam artikel. Ini di sebut teknik menulis copywriting. Kenapa harus di perhatikan karena kalau anda menulis artikel seo kepanjangan seorang pembaca akan bosen membaca artikel, berikut cara membuat artikel berkualitas :

Menentukan Topik

Sebelum anda menulis sebuah artikel sebaiknya anda menentukan topik apa yang akan Anda tulis. Ini berfungsi untuk memberikan gambaran tulisan apa yang akan di tulis kedepannya. Cara nulis ini sering di sebut menulis konten pilar, sebuah artikel yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Jangan sampai anda menulis asal-asalan yang nantinya akan membuat anda bingung. Karena anda akan menemui rasa bosan dan kebuntuan dalam mencari ide yang akan anda tulis. Sebagai contoh website Nulisartikel.com menulis artikel tentang Cara Menulis di halaman homepage, dan di tambahin sedikit informasi yang sedang populer.

Riset Keyword Artikel SEO

Sesuai namanya, keyword adalah salah satu kunci utama dalam membuat artikel SEO friendly. Agar artikel Anda mendapatkan banyak pembaca. Anda perlu menentukan keyword yang tertarget. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan riset keyword yang populer dan memiliki performa baik.

Keyword populer yang belum di tulis website lain mempunyai peluang yang lebih besar untuk menempati peringkat pertama di halaman Google. Anda dapat menggunakan tools riset kata kunci gratis, seperti Google Trends, Semrush Ubersuggest, dan KWFinder.

Menulis Judul Utama Menarik

Ketika anda membuat sebuah konten baru, anda harus membuat judul utama perjelas konten mulai dari awal. Contoh di sini judul utama manfaat membuat blog (H1) setelah membuat blog, selanjutnya anda membuat paragraf opening.

Setelah membuat paragraf pembuka, buatlah beberapa paragraf, biasanya setelah saya membuat judul utama, saya membuat 3-4 paragraf. Setelah Anda membuat judul utama dan paragraf selanjutnya anda membuat judul (H2) , atau seorang Blogger menyebutnya keyword turunan di dalam artikel.

Contoh manfaat membuat blog, anda dapat membuat judul turunan apa itu blog?, atau kelebihan dan kekurangan sebuah blog, atau judul apa saja yang masih berkaitan dengan sebuah blog.

Anda dapat membuat judul berjumlah 2-3 kenapa cuma 2-3, karena kalau empat kebanyakan kalau satu kurang, kemudian membuat kalimat beberapa paragraf penjelasan dari judul tersebut. Setelah membuat judul utama (H1) dan judul keyword turunan (H2) selanjutnya anda membuat Sub judul dari judul utama beserta penjelasan nya.

Jika di jelaskan struktur sebuah artikel seo itu terlalu panjang anda dapat melihat gambar struktur SEO yang saya bagikan. Jika anda seorang yang sungguh-sungguh dalam menulis, sekilas jika anda melihat gambar tersebut akan langsung memahaminya.

Menulis Paragraf

Ketika menulis di dalam paragraf gunakan kata-kata yang tepat dan jangan menggunakan kata-kata yang tidak berguna. Langsung utarakan isi konten ke dalam paragraf. Selanjutnya berikan sedikit sentuhan kata humor agar pengunjung tidak bosan membaca artikel anda.

Di dalam artikel ketika sudah mencapai 300 kata sebaiknya anda memasukkan keyword atau keyword turunan agar isi artikel tidak kepotong oleh kata-kata yang tidak perlu. Lalu di dalam satu paragraf usahakan untuk mengisi 30 sampai 40 kata.

Sehingga jika sudah mencapai tiga paragraf ini akan menunjukkan jumlah artikel sudah mencapai 100 kata. Dengan demikian anda dapat menulis secara singkat padat dan jelas lalu anda dapat membuat Sub judul turunan keyword.

Optimasi Gambar

Adanya gambar atau foto ilustrasi pada artikel dapat menambah ketertarikan pembaca. Selain itu, penempatan gambar pada badan artikel dapat berfungsi untuk jeda bagi pembaca agar terhindar dari kelelahan ketika membaca artikel.

Tahukah Anda gambar juga dapat di optimasi untuk mendukung pembuatan artikel yang SEO friendly? Sebelum anda mengunggah file gambar ke website, sebaiknya Anda mengubah nama file foto sesuai kata kunci artikel. Kemudian, menyertakan penyebutan keyword pada keterangan gambar di alt.

Menambahkan Link Internal Dan Eksternal

Cara menulis artikel SEO selanjutnya yang perlu kamu ingat adalah memasukkan tautan ke dalam artikel, baik itu link internal ataupun eksternal. Ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada pengunjung dan mesin pencari ketika website anda di index.

Selain itu tautan link internal akan membantu mengarahkan lebih banyak traffic ke postingan serta akan meningkatkan keterlibatan pembaca situs bahwa mereka akan berada cukup lama di situs karena mempunyai informasi yang sedang di butuhkan.

Sementara itu, untuk backlink eksternal akan meningkatkan validitas situs yang berasal dari situs terkemuka. Pembaca pun akan mendapat gambaran sumber-sumber bacaan terkait yang kredibel dari informasi yang kamu berikan

Optimasi Meta Diskripsi Dan Slug

Setelah semua sudah di optimasi mulai dari keyword judul utama, judul dan sub judul optimasi gambar, membuat link internal dan external dan sudah menerapkan copywriting. Selanjutnya adalah mengoptimasi Meta Diskripsi dan slug.

Meta description adalah halaman website yang berisi penjelasan mengenai isi halaman pada hasil search engine. Meta description biasanya muncul di bawah meta title tag dengan menuliskan deskripsi yang jelas dan menarik agar dapat mendapat traffic search yang tinggi.

Sedangkan slug adalah serangkaian teks yang terletak setelah nama domain website Anda yang berfungsi untuk mengarahkan pengunjung untuk mengakses halaman web atau konten Anda. Gunakan rangkaian kata Slug menggunakan keyword yang Anda pilih

Baca juga : Cara membuat artikel berkualitas tinggi

Sekian artikel cara membuat artikel SEO yang dapat anda lakukan, semoga dengan cara tersebut, artikel anda akan menduduki posisi puncak search engine Google.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

6 thoughts on “Cara Menulis Artikel SEO”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x