Apa Itu Pengertian Google Forms

Google adalah salah satu penyedia layanan dan produk Internet terbesar di dunia yang melayani peradaban modern. Selain menyediakan mesin pencari Internet, Google menawarkan layanan lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Google Forms yang memiliki banyak keunggulan. Jadi apa itu definisi dan pengertian Google Forms.

Google Forms adalah layanan Google yang memungkinkan pengguna Google membuat survei, polling, formulir, pendaftaran, dan lainnya dengan mudah secara online atau digital. Dengan fitur ini, tidak mengherankan jika banyak orang dan bisnis menggunakan layanan ini untuk berbagai keperluan.

Anda akan senang menerima hasil penelitian tentang topik tertentu dan membangun hubungan dengan klien melalui Google Form. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui apa itu layanan Google Forms mungkin bingung dan tidak mengerti cara menggunakannya secara efektif. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Google Formulir, manfaatnya, dan cara membuatnya, baca terus artikel ini.

Apa Itu Pengertian Google Forms

Sederhananya, Google Forms adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat formulir online yang berisi survei, pertanyaan, dan survei yang dapat dimodifikasi penulis. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan jawaban dan data dari audiens Anda atau audiens yang merespon langsung survei Anda.

Karena dapat dilakukan secara online dan dapat diakses oleh siapa saja sesuai dengan keinginan penulis. Formulir Google adalah layanan yang efisien dan nyaman untuk mendapatkan informasi spesifik. Google Formulir sangat mudah dibuat dan dapat dibuat oleh siapa saja yang memiliki komputer dan akses internet.

Baca juga : Penyebab Google Form Tidak Bisa Di Buka

Fungsi Menggunakan Google Forms

Pentingnya mempelajari Google Forms, salah satu layanan yang menawarkan berbagai manfaat dan memanfaatkan pengguna Internet untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis, pekerjaan, dan perusahaan. Lihat beberapa fitur menggunakan Formulir Google berikut.

Membuat Kuesioner

Salah satu fitur menggunakan layanan Google Forms adalah membuat survei dalam format formulir. Formulir ini memungkinkan Anda untuk memasukkan ulasan, ulasan, proposal, formulir pendaftaran, ulasan atau ulasan, data evaluasi dan formulir survei apa pun yang diperlukan. Fungsi polling Google Forms umumnya digunakan dalam bisnis, pendidikan, dan penelitian.

Formulir Pendaftaran Kerja

Fitur dan manfaat selanjutnya dari Google Forms adalah kemampuan untuk membuat formulir pendaftaran pekerjaan. Semakin diatur dalam arena bisnis saat ini, banyak perusahaan dan kantor melakukan bisnis secara online dan jarak jauh. Alhasil, banyak perusahaan yang menggunakan layanan Google Forms ini untuk melamar pekerjaan secara online.

Fitur Google Formulir tidak hanya lebih nyaman dan lebih cepat, tetapi juga membantu Anda menjangkau lebih banyak kandidat yang berkualifikasi tinggi. Dengan cara ini, perusahaan dapat memperoleh sumber daya yang lebih berkualitas dan memaksimalkan operasi bisnis untuk mencapai tujuan mereka dan menghasilkan keuntungan.

Pembelian Produk

Google Form juga bisa di gunakan untuk membuat formulir pembelian layanan dan produk. Dengan demikian, pengguna tidak harus mencatat hasil penjualan produk melalui media konvensional secara manual. Hal ini bisa menjadikan seluruh informasi dari formulir tersebut bisa terekam dengan lebih baik, serta mudah untuk di akses.

Lembar Kerja

Anda juga dapat membuat formulir spreadsheet menggunakan Formulir Google. Informasi data yang digunakan dalam formulir ini biasanya terkait dengan formulir untuk diserahkan dalam bentuk laporan, tugas sekolah, esai atau pilihan ganda. Pada dasarnya, Formulir Google adalah layanan yang nyaman bagi pengguna Internet untuk membuat, mengumpulkan, atau menangkap data yang ingin mereka terima.

Menyimpan data menggunakan layanan ini tidak hanya mudah, tetapi juga real-time dan dapat diakses secara online untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, waktu dan tenaga hanya untuk penyimpanan data seperti mencetak dokumen dan file.

Baca juga : Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Cara Membuat Google Forms Dengan Mudah dan Praktis

Kehadiran layanan Google Forms dapat memudahkan berbagai macam pekerjaan. Lalu bagaimana cara membuat Google Form ini sederhana dan praktis? Jika Anda membuat Formulir Google, pertama-tama Anda memerlukan akun Gmail untuk menggunakan layanan ini. Inilah penjelasannya.

Cara Membuat Kuesioner melalui Google Form

Buka laman docs.google.com/forms.
Lalu pilih ikon Plus atau Blank.
Kemudian isi judul kuesioner dengan masuk ke kolom Untitled Form.
Tulis diskripsi mengenai kuesioner di kolom Form Description.
Isi kotak pertanyaan dan pilih tipe jawaban yang di inginkan dari responden. Ada beberapa pilihan, yaitu jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bawah, unggahan berkas, skala linier, tanggal, dan waktu.
Hidupkan pilihan Required di kotak halaman untuk mengharuskan responden menjawab pertanyaan tertentu.
Klik ikon “+” untuk menambah pertanyaan.
Ulangi langkah di awal untuk membuat pertanyaan dan tipe jawaban. Anda dapat mengubah jenis respon yang di inginkan pada setiap nomor pertanyaan.
Setelah selesai dengan daftar pertanyaan, Anda dapat mengatur Google Form dengan mengklik menu Settings yang ada di pojok kanan atas halaman. Ada beberapa hal yang dapat Anda atur melalui menu ini, seperti apakah responden dapat merevisi jawaban ini, apakah kuesioner berupa penilaian, dan apakah responden dapat melihat hasil kuesioner.
Setelah selesai melakukan pengaturan, Anda bisa mengirim Google Form melalui email atau tautan dengan cara mengetuk tombol Send di pojok kanan atas halaman Google Form.

Cara Membuat Google Form Di Google Drive

Anda jjuga dapat membuat Google Form melalui salah satu layanan Google lainnya yaitu Google Drive. Berikut ini saya menulis caranya :

Buka Google Drive.
Klik menu “New” yang ada di sebelah kiri atas tampilan Google Drive.
Lalu, akan muncul beberapa pilihan layanan Google. Pilih “Google Forms”.
Selanjutnya anda dapat membuat Google Form sesuai panduan di atas. Selesai.

Cara Membuat Google Form Lewat Link Google Penelusuran

Cara membuat Google Form juga dapat menggunakan search engine yaitu dengan meluncur ke laman docs.google.com. Selanjutnya anda dapat mengikuti langkah berikut:

Buka search engine lalu pilih menu Google Forms.
Pilih formulir kosong (blank) dan gunakan template yang sudah disediakan.
Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman editor untuk menyesuaikan formulir.

Cara Share Formulir Google Form

Selanjutnya saya akan menulis cara membagikan Google Form melalui berbagai cara, anda dapat share melalui link ke media sosial email atau yang anda inginkan :

Share Melalui Link

Klik tombol “kirim” yang ada di pojok kanan atas halaman. Selanjutnya, Anda akan ke halaman Send form. Pilih ikon pengiriman formulir melalui ikon media yang anda inginkan

Melalui Embed Website

Cara berikutnya adalah dengan membagikan Google Form melalui embed website dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut:

Klik “kirim” yang terdapat di pojok kanan atas halaman.
Lalu anda akan dialihkan ke halaman Send form.
Pilih ikon “<>” yang terdapat kotak share.
Jika diperlukan, atur ukuran formulir yang akan di tampilkan di website. Lalu salin link.
Login ke halaman dashboard WordPress, lalu pilih “Appearance” dan klik “Widgets”.
Klik “Custom HTML”, lalu letakkan formulir tersebut di wordpress. Jika sudah, klik “Add Widget”.
Isi judul dan tempelkan link embet yang telah disalin tadi ke kolom HTML.
Klik “Save”.
Selesai.

Jadi mari kita bicara tentang apa itu Pengertian Google Forms, apa fungsinya, dan cara membuatnya. Membuat formulir dengan mudah dan nyaman dengan layanan ini dapat membuat perusahaan atau institusi Anda menjadi lebih modern. Baiklah, sekarang bukan waktunya membuat formulir sambil melihat kertas, jadi mari kita buat digital.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x