Cara Cepat Gadai BPKB Mobil

Mobil pada saat ini menjadi properti paling berharga kedua yang Anda miliki setelah rumah. Ketika Anda membutuhkan dana cepat, mobil bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan dana cepat dengan cara menggadaikan surat BPKB-nya. Lantas, bagaimana cara dan syarat gadai BPKB mobil?

Rekomendasi tempat gadai BPKB mobil terbaik perlu diketahui oleh para calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman. Pada saat ini Produk pinjaman dalam dunia keuangan semakin beragam, dengan prosedur dan proses pengajuan yang cepat dan mudah.

Perlu anda ketahui, pinjaman dana tunai bisa menggunakan dengan dua jenis syarat. Yaitu pinjaman tanpa agunan atau kredit tanpa agunan (KTA), dengan besaran pinjaman yang terbatas. Serta pinjaman yang membutuhkan agunan aset dan surat berharga, dengan jumlah pinjaman yang lebih besar.

Untuk kredit pinjaman dengan agunan, anda harus menggadaikan aset. Seperti sertifikat rumah, barang elektronik berharga (laptop, smartphone, dll), maupun BPKB kendaraan seperti mobil.

Tips Sebelum Gadaikan BPKB Mobil

Sebelum anda mengetahui rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum menggadaikan BPKB mobil di lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman dana. Lalu hal yang perlu anda ketahui di antaranya sebagai berikut:

Tempat Gadai BPKB Mobil

Pinjaman dana tunai dengan menggadaikan surat BPKB mobil bisa di Gadaikan di bank dan perusahaan finance. Ada perbedaan kecil antara menggadaikan BPKB mobil di bank atau di perusahaan finance yang perlu anda ketahui.

Bank mempunyai proses pengajuan yang lebih lama, sekitar 3 sampai 4 hari karena perlu pengecekan riwayat perbankan. Pihak Bank biasanya hanya menerima debitur yang mempunyai penghasilan tetap seperti buruh pabrik atau PNS.

Sedangkan untuk perusahaan finance, proses pengajuan lebih cepat yakni hanya 1 sampai 2 hari saja. Lalu biaya tambahan yang di pisahkan dengan pinjaman yang dicairkan, dan tidak memandang berbagai profesi.

Sistem Gadai BPKB Mobil

Ada dua cara gadaikan BPKB mobil yang perlu anda ketahui di berbagai penyedia pinjaman pada umum.

Yakni, jika debitur menggadaikan surat BPKB mobil yang sudah lunas, maka anda dapat mengajukan pinjaman di lembaga gadai BPKB mobil mana saja yang anda inginkan.

Sedangkan jika anda menggadaikan surat BPKB mobil yang masih dalam proses kredit atau belum lunas, maka pinjaman hanya dapat diajukan di tempat kredit mobil tersebut.

Tempat Gadai Terdaftar di OJK

Mengajukan pinjaman dengan menggadaikan aset yang berharga seperti BPKB mobil tentu tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan tempat yang terpercaya, agar surat BPKB mobil anda tersimpan dengan aman.

Ciri utama dari tempat gadai yang terpercaya di Indonesia adalah lembaga kreditor sudah terdaftar dan diawasi oleh lembaga otoritas jasa keuangan (OJK) sebagai penyedia pinjaman dengan gadai BPKB mobil.

Selain itu, kantor resmi tempat Pegadaian (baik kantor pusat maupun kantor cabang) mudah temukan di dekat tempat tinggal anda dengan jam operasional yang jelas, dikenal masyarakat luas, serta syarat dan proses gadai yang jelas dan bernilai hukum pula.

Perhatikan Ketentuan, Denda, dan Sanksi

Anda juga perlu pahami dulu segala ketentuan seperti hak dan kewajiban debitur dan kreditur secara lengkap. Untuk mengetahui apa yang harus anda lakukan jika ada kesalahan di kemudian hari entah itu kesalahan dari anda sebagai debitur atau penyedia layanan kredit.

Setiap penyedia pinjaman atau kreditur mempunyai kebijakan masing-masing. Maka dari itu sebaiknya anda memahami ketentuan, denda, dan sanksi dalam berbagai kondisi selama masa hari pinjaman masih berjalan.

Setelah anda mengetahui tips Sebelum menggadaikan BPKB mobil milik Anda. Sebaiknya anda mengetahui syarat gadai BPKB mobil. Untuk selengkapnya, berikut ini syarat gadai BPKB mobil di Pegadaian.

Syarat Gadai BPKB Mobil

Sebelum anda mengajukan pinjaman dana cepat dengan cara menggadaikan BPKB mobil, Anda perlu memenuhi persyaratan yang perlu di siapkan. Adapun syaratnya yakni sebagai berikut:

Warga Negara Indonesia
Berusia min. 21 hingga 60 tahun
Berprofesi atau sedang bekerja
Melampirkan foto diri nasabah
Melampirkan Fotokopi KTP milik nasabah dan pasangan
Lalu Melampirkan Fotokopi KK
Melampirkan foto BKPB mobil atau barang yang akan digadai
Melampirkan foto tempat kerja
Dan Melampirkan FC izin praktek kerja, SK (surat keterangan) kerja atau sejenisnya
Melampirkan FC bukti kepemilikan tempat tinggal (khusus pekerja profesional)
Melampirkan FC rekening listrik/telepon/air (khusus pekerja profesional)

Note: syarat tersebut adalah syarat umum yang perlu anda siapkan. Dan syarat gadai BPKB mobil mungkin berbeda-beda di setiap lembaga anda perlu cek secara langsung di kantor atau website resmi kreditur.

Cara Gadai BPKB Mobil

Setelah anda mengetahui syarat mengadaikan BPKB mobil, penting juga untuk mengetahui cara gadai BPKB mobil. Adapun caranya yakni sebagai berikut: 

Mendatangi kantor atau tempat gadai terdekat
Membawa persyaratan secara lengkap
Ajukan pinjaman dana lalu petugas atau menerangkan layanan mereka
Setelah memperoleh nilai taksiran lalu nasabah menyetujui nilai taksiran tersebut, maka SKB (Surat Bukti Kredit) akan langsung dibuatkan oleh admin
Jika sudah dibuatkan, nasabah harus bayar biaya administrasi sekitar 10%
Setelah itu, nasabah menunggu pencairan dana dengan estimasi waktu tiga hari

Rekomendasi Gadai BPKB Mobil Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda dapat menggadaikan BPKB mobil di bank maupun perusahaan finance yang anda percayai. Baik bank maupun perusahaan finance mempunyai kantor cabang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia dan mudah ditemui.

Tetapi karena proses pencairan dana di perusahaan finance lebih cepat, Berikut ini rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik dan terpercaya, serta proses pencairan dan layanan yang cepat:

Pegadaian

Rekomendasi menjaminkan surat BPKB mobil terbaik adalah di Pegadaian. Lembaga ini mempunyai produk pinjaman dengan sistem gadai BPKB mobil, yang bernama Kreasi.

Kreasi memberikan pinjaman untuk pengusaha usaha kecil (UKM) untuk mengembangkan usaha. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan adalah kurang dari Rp10 juta, dengan lama proses pencairan dana sekitar 3 hari kerja.

Syarat untuk megajukan pinjaman Kreasi Pegadaian antar lain sebagai berikut:

Calon debitur tidak sedang mempunyai kredit dari lembaga keuangan manapun.
Usia mobil maksimal 20 tahun dan surat lengkap.
Melengkapi dokumen, seperti: Surat Legalitas Usaha (SIUP, SITU, Surat Keterangan Usaha), Dokumen Legalitas Kendaraan (BPKB, STNK, Faktur, Kwitansi), dan Kartu Keluarga, serta KTP (Suami-Istri jika calon debitur sudah berkeluarga).

Adira Finance

Rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik selanjutnya adalah adira yang memiliki produk pinjaman yang bisa didapatkan debitur perorangan maupun pelaku usaha. Besaran pinjaman mulai dari Rp10 juta.

Masa hari pinjaman bisa dipilih secara 12 bukan hingga 48 bulan, dengan suku bunga kompetitif berkisar 0,65 persen sampau 1 persen per bulan. Jika anda melengkapi syarat dan dokumen, maka pinjaman akan cair cepat.

Berikut syarat pengajuan pinjaman BPKB mobil di Adira Finance:

WNI berusia 21 – 55 tahun
Memiliki penghasilan tetap per bulan
Memiliki rekening bank yang aktif
Melengkapi dokumen berikut ini: KTP dan KK perorangan atau pasutri, NPWP, BPKB dan STNK, fotokopi mutasi rekening 3 bulan, slip gaji, fotokopi PBB/Rekening listrik/bukti kontrak (jika rumah kontrak), SIUP dan TDP, rekening koran 3 bulan terakhir, foto kendaraan & tempat usaha, rumah wajib atas nama sendiri.

(Baca Juga: Keuntungan Investasi Emas Antam, Dapat Membeli Mobil)

BFI Finance

Rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik selanjutnya adalah BFI Finance. Keunggulan BFI Finance adalah proses pencairan cepat, anda bisa mendapatkan dana tunai di hari yang sama saat pengajuan.

Besaran pinjaman yang bisa di cairkan tergantung usia mobil anda. Yang pasti, maksimal nilai pinjaman yang bisa di cairkan adalah 85 persen dari nilai mobil yang di gadaikan. Berikut dokumen yang perlu di lengkapi antara lain:

BPKB
STNK
NPWP
KTP suami dan istri
Kartu Keluarga
Slip gaji bulanan anda

Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance adalah perusahaan finance milik Bank Mandiri. Rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik yang satu ini di sebut dengan produk Pinjaman Multiguna.

Besaran pinjaman dana dan suku bunga di sesuaikan dengan nilai mobil dan profil keuangan calon debitur. Berikut ini syarat pengajuan Pinjaman gadai BPKB Multiguna di Mandiri Tunas Finance:

WNI
Memiliki rekening Bank Mandiri
Profil kendaraan antara tahun 2012 sampai 2020 beserta surat lengkapnya

(Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking Bank Mandiri)

Gadai BPKB Mobil Bank BRI

BRI mempunyai layanan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Dalam KKB, BRI menawarkan refinancing, yaitu mendapatkan dana cepat dengan mengajukan kredit dengan jaminan BPKB Mobil kendaraan yang nasabah miliki.

Keuntungan mengajukan refinancing di bank BRI adalah suku bunga yang kompetitif, masa tenor sampai 4 tahun, berlaku untuk semua merk dan tipe kendaraan tanpa terkecuali. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk mengajukan KKB Refinancing:

Mengisi formulir aplikasi KKB BRI
Warga Negara Indonesia (WNI)
Rekening BRItama
Usia minimal 21 th/sudah menikah
Lokasi tempat tinggal dan tempat bekerja
Melampirkan dokumen kredit (copy KTP, copy KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji dsb).

KKB BCA Refinancing

BCA juga menawarkan refinancing dalam kredit kendaraan bermotor (KKB). KKB Refinancing adalah cara mendapatkan dana dengan menjaminkan BPKB mobil untuk berbagai macam kebutuhan. Syarat & Ketentuan

Status Warga Negara Indonesia
Karyawan Tetap / Wiraswasta / Profesional / Perusahaan
UsiaMinimal: 18 tahun atau sudah menikah dan maksimal: 64 tahun
Pembayaran Auto debet Rekening BCA

WOM Finance

Rekomendasi gadai BPKB mobil terbaik yang terakhir adalah dari WOM Finance yang merupakan member dari Maybank Group. Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan proses cepat tanpa BI checking. Berikut ini syarat untuk pengajuan pinjaman di WOM Finance:

Fotokopi KTP suami dan istri
Fotokopi buku nikah
Lalu Fotokopi Kartu Keluarga
Fotokopi rekening listrik atau PBB
Fotokopi slip gaji atau rekening buku tabungan
Dan Fotokopi STNK dan BPKB

Itulah daftar rekomendasi cara dan tempat Pegadaian surat BPKB mobil terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Untuk membandingkan berbagai produk pinjaman dana tunai.

Di website Nulisartikel.com saya berusaha menyediakan informasi terkait produk Lembaga Jasa Keuangan. Apabila terdapat perbedaan informasi maka tetap mengacu pada informasi yang di berikan oleh Lembaga Jasa Keuangan.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

2 thoughts on “Cara Cepat Gadai BPKB Mobil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x