Cara Menonton Video Youtube Di Televisi

Setiap orang berusaha melakukan sesuatu selama liburan untuk mengisi kebosanan, seperti berolahraga di rumah. Suami dan anak membantu memasak di dapur. Atau mungkin bermalas-malasan menonton konten video seru di channel YouTube. Berikut cara menonton video YouTube di Televisi Anda.

Menonton video Youtube sambil bersantai memang menyenangkan. Juga, video yang Anda buat bersama keluarga atau teman untuk tertawa harus sangat menyenangkan. Ada ribuan video lucu atau mendidik di Youtube dan hampir semua konten yang Anda cari ada di sini.

Jika Anda melihat konten yang tidak ingin Anda lihat, gunakan mesin pencari untuk menemukan konten yang Anda inginkan menggunakan kata kunci yang Anda cari. Dalam hitungan detik, konten video yang Anda cari pasti ada di halaman pertama.

Alat Menonton Video Youtube Di Televisi

Namun apa jadinya jika anda menonton video di youtube dalam waktu yang lama, leher anda sakit terutama bagian belakang kepala, tangan anda sakit karena memegang telepon. Anda harus mengalami ini, bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, agar tidak bosan memegang handphone, berikut alat nonton youtube di TV. Jangan berhenti menonton.

Kabel HDMI

Cara pertama dan termudah untuk menonton YouTube di TV adalah menyambungkan layar perangkat seperti laptop atau komputer ke layar TV menggunakan kabel HDMI. Cara ini di anggap jadul atau ketinggalan jaman. Hal ini di karenakan sudah ada cara tercanggih untuk menyambungkan perangkat ke layar TV, yaitu melalui wifi, di mana TV adalah keluaran akhirnya.

Cara ini cocok untuk melayani anak-anak yang memiliki budget terbatas namun tetap bisa menikmati konten video YouTube di layar besar seperti televisi. Anda bisa mendapatkan kabel HDMI ini di toko-toko, offline maupun online yang tersedia di pasaran. Nah, caranya mudah bukan? Anda perlu mencolokkan kabel ini ke port yang tersedia dari laptop atau PC Anda ke port TV.

Kemudian taruh di menu pengaturan dengan koneksi HDMI. Jika sudah berhasil maka layar dari laptop atau PC anda akan muncul di layar TV. Ini menjadikan layar TV sebagai layar kedua Anda. Bahkan, ada teknologi bernama Mobile High-Definition Link (MHL) untuk perangkat smartphone Android iOS.

Perangkat yang tersedia di smartphone ini merupakan teknologi yang dapat memindai data dari ponsel ke layar TV dengan kecepatan tinggi. Caranya adalah Anda harus membeli adaptor MHL ini kemudian menghubungkannya ke perangkat smartphone Anda, yang kemudian di hubungkan ke port HDMI TV Anda.

Namun sayangnya, tidak semua perangkat smartphone di lengkapi dengan teknologi MHL, terutama ponsel produksi lama yang tidak memiliki fitur tersebut. Karena fungsi ini di gantikan oleh teknologi Miracast yang lebih praktis dan pintar tanpa sambungan kabel.

Google Chrome

Ini adalah cara paling praktis untuk menikmati streaming konten YouTube di TV. TV yang ingin di sambungkan harus sudah menggunakan Android TV atau Smart TV. Metodenya sangat sederhana. Pertama, buka Google Chrome di laptop, PC, atau ponsel Anda dan masukkan youtube.com di URL.

Kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas browser dan pilih menu kirim, menu drop-down akan muncul. Selanjutnya, Google Chrome akan memindai perangkat yang tersedia, jadi pastikan Android TV dan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Chromecast

Perangkat tersebut di produksi dan di kembangkan oleh Google sendiri, yang kini telah memasuki generasi ketiganya, dan kualitas yang di gunakan serta koneksinya merupakan peningkatan dari produk generasi sebelumnya. Dengan alat ini, Anda dapat menikmati konten YouTube di TV.

Apalagi Chromecast ini juga kompatibel dengan beberapa aplikasi streaming seperti Netflix selain YouTube. Jika melihat harga yang di tawarkan marketplace seperti Tokopedi, Shoppee atau Lazada, alat ini masih relatif mahal berkisar antara Rp 700.000 juga Rp 1.300.000.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Colokkan Chromecast Anda ke port HDMI di TV Anda dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi Anda. Ketuk atau ketuk tombol Cast di aplikasi berkemampuan Cast. Lihat aplikasi seperti Netflix, TuneIn, dan YouTube.

Teknologi Miracast 

Cara menonton video atau konten lain di layar TV selanjutnya adalah dengan alat bernama Miracast. Fungsionalitasnya sama seperti saat menggunakan Chromecast, yaitu mencerminkan tampilan perangkat Android ke layar TV.

Perangkat Android terbaru biasanya mendukung alat ini. Nama mungkin berbeda hanya tergantung pada pabrikan ponsel, misalnya Screen Cast / Screen Cast / Wireless Display / Wireless Mirroring / Cast To. Nah, tombolnya bisa kamu temukan di menu Settings atau Settings di bawah Wireless & networks atau Display.

Bagaimana cara menyambungkan perangkat ke TV? Mudah di gunakan, cukup sambungkan perangkat ini ke TV Anda. Selanjutnya, buka pengaturan perangkat Android Anda. Pilih menu “Pengaturan” dan kemudian “Pencerminan Nirkabel” atau “Siaran Layar”.

Jangan lupa untuk mengubah pengaturan jika sudah aktif. Tunggu beberapa saat hingga perangkat tersedia di jaringan perangkat Android. Jika berhasil maka tampilan pada perangkat Android dapat di lihat pada layar TV. Mudah kan?

Android TV Box

Sekarang cara selanjutnya untuk menghubungkan perangkat Android Anda ke layar TV adalah dengan kotak TV Android. Alat ini tersedia di pasar online dengan harga yang relatif murah sekitar 200.000 rupiah. Alat ini mengubah TV Anda menjadi TV Android, asalkan TV yang Anda sambungkan memiliki port HDMI.

TV yang terhubung ke perangkat ini nantinya terlihat persis seperti perangkat Android, termasuk Youtube. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menikmati game berbasis OS Android di layar TV Anda. Wah, pasti seru bisa main bareng keluarga di TV.

Jadi, jika dipikir-pikir, gadget ini merupakan perangkat pintar yang mudah digunakan dan bisa dijadikan solusi terjangkau untuk mendapatkan hiburan dari konten perangkat Android melalui layar TV Anda. Hal lain yang menarik dari alat ini adalah Android TV Box dapat bekerja dengan baik dengan TV lama yang memiliki port HDMI pada koneksi AV, serta TV Tube.

Menggunakan Set Top Box

Faktanya, set-top box berfungsi mirip dengan set-top box untuk layanan televisi kabel atau satelit. Set-top box biasanya digunakan dalam layanan TV Internet. Di Indonesia sudah banyak produk decoding seperti Youtube yang bisa streaming video secara langsung. Harga paling murah Rp 100.000.

Baca juga : Cara Nonton Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain

Daripada beli smart TV yang harganya masih jutaan, mungkin gadget ini bisa jadi alternatif yang terjangkau dengan memilih salah satu gadget di atas. Itulah tulisan artikel tentang alat Menonton Video Youtube Di Televisi. Semoga menonton konten Youtube melalui perangkat TV bisa semakin menyenangkan. Lalu bagaimana Cara menghubungkan TV dengan YouTube

Cara Menghubungkan Smart TV Dengan YouTube Melalui Android

Pastikan smart TV atau perangkat streaming Anda sudah terinstall YouTube.
Di Handphone atau tablet, buka aplikasi YouTube.
Pastikan Anda login dengan Akun Google yang sama di kedua perangkat.
Akan ada notifikasi di hp yang meminta Anda untuk terhubung ke YouTube di TV.
Ketuk Hubungkan kedua perangkat.
Jika tidak ada notifikasi, hubungkan menggunakan Transmisi atau Kode TV.
Pemutar video akan terbuka di aplikasi di ponsel atau tablet, yang menunjukkan bahwa Anda terhubung ke TV atau perangkat streaming.
Melepaskan sambungan dari smart TV atau perangkat streaming
Ketuk Transmisi “”.
Lalu, ketuk PUTUSKAN KONEKSI

Menghubungkan YouTube Dengan Smart TV Menggunakan Kode TV

Buka aplikasi YouTube di Smart TV atau perangkat streaming.
Buka Setelan pada smart TV.
Scroll ke Tautkan dengan kode TV. Kode TV berwarna biru akan di tampilkan di TV yang berupa angka.
Di ponsel atau tablet, buka aplikasi YouTube.
Ketuk Transmisi.
Ketik Tautkan dengan kode TV.
Masukkan kode TV berwarna biru yang di tampilkan di TV Anda, lalu ketuk TAUTKAN.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

5 thoughts on “Cara Menonton Video Youtube Di Televisi”

Comments are closed.

x