Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Mencari kerja pada saat ini menjadi mudah, anda bisa akses internet dan mencari lowongan kerja di search engine maupun di media sosial khususnya Linkedin jika sudah ketemu pekerjaan yang cocok anda tinggal membuat CV lamaran kerja. Pasalnya,

Karena itu di sini website Nulisartikel mempunyai beberapa contoh CV lamaran kerja lengkap beserta cara membuatnya. Anda juga bisa mencari cara berbisnis online di website Nulisartikel.com, karena di sini juga membahas bisnis seperti affiliasi, email marketing, internet marketing dan jenis bisnis lainnya.

Apa itu CV (Curriculum Vitae)?

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi riwayat seorang pekerja yang di gunakan untuk melamar kerja. Isinya CV berupa riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan daftar kemampuan yang pekerjaan yang di miliki pelamar.

Ketika anda membuat CV sebaiknya anda memilih template, font, warna, sesuai dengan karakter diri anda. Jika anda seorang yang feminin kalem, sebaiknya menggunakan warna yang damai, tetapi jika anda seorang yang agresif sebaiknya menggunakan warna yang cerah dengan font yang agak unik.

Baca juga : Pertanyaan Yang Di Ajukan Pengguna Email Marketing

Biasanya, CV juga berisi informasi lengkap tentang riwayat hidup seseorang seperti sekolah, pengalaman kerja, pencapaian akademis dan profesional, serta karya-karya yang telah kamu terbitkan seperti skripsi.

Contoh CV Lamaran Kerja

Sebelum belajar cara membuat CV lamaran kerja yang baik. Sebaiknya anda mengetahui contoh CV lamaran kerja yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Yuk kita lihat!

Contoh CV fresh graduate

Kalau anda belum banyak pengalaman pekerjaan dan baru saja lulus kuliah. Anda bisa menggunakan CV jenis ini. Isi CV hanya berupa riwayat kuliah dan kemampuan kerja, anda juga dapat menambah foto akademis atau hasil kegiatan di kampus

Mahasiswa yang baru lulus
Mahasiswa yang mencari magang
Melamar kerja tanpa pengalaman

Contoh CV Digital Marketing

Jika anda ingin bekerja di bagian digital marketing atau memang seorang digital marketing dapat menggunakan cv seperti ini. Isinya hanya berupa riwayat kerja atau kemampuan kerja digital marketing :

Mahasiswa yang berminat menjadi copywriter
Pelamar untuk posisi SEO
Lamaran kerja posisi digital marketing

Contoh CV Sosial Media Marketing

Pada saat ini media sosial menjadi salah satu industri yang sedang berkembang pesat karena hampir semua orang menggunakan media sosial. Lowongan untuk berbagai posisi pekerjaan terkait medsos juga semakin meningkat. Nah, format CV bisa anda isi sebagai berikut :

Tertarik atau sudah mengenal soal sosial media
Sering berkomunikasi dengan customer dan influencer
Sering membuat konten media sosial.

Contoh CV Business Analyst.

Jika kamu ingin atau sudah menjadi seorang business analyst atau pekerjaan lain yang masih berlaku dengan pengolahan data statistik bisnis. Anda dapat mengisi CV anda seperti berikut :

Data scientist
Data analyst
Digital marketing executive
Posisi lain yang memerlukan Analytics dan SQL
Sudah Mengerti soal data analisis atau mampu mengelola data untuk tujuan bisnis perusahaan.

Contoh CV Untuk Bisnis Teknologi

Jika anda seorang yang mengerti IT atau merupakan lulusan dari jurusan teknologi dari kampus terki. CV lamaran kerja dapat anda isi sebagai berikut :

Fresh graduate jurusan Food Technology
Seorang yang berniat bekerja di bagian quality control
Pelamar kerja yang tertarik mengembangkan produk di Research and Development

Contoh CV Untuk Keja Di Pemerintahan

Jika anda seorang Pelamar yang ingin bekerja untuk pemerintahan mungkin bisa membuat CV lamaran kerja yang berisi informasi penting seperti berikut ini :

Mahasiswa Fresh Graduate jurusan Hubungan Internasional
Pelamar yang berminat bekerja di pemerintahan
Sering melakukan riset untuk pengembangan sdm

Nah, itu contoh CV lamaran kerja dari berbagai industri. Dan masih banyak lagi tinjauan contoh CV Untuk Lamaran Kerja seperti untuk kerja di rumah sakit, di arsitektur pembangunan gedung.

Baca juga : Cara Menjawab Pertanyaan Interview

Setelah mengetahui contoh CV yang tepat, anda perlu tahu bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Yuk, kita bahas di bagian berikutnya:

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

CV bukan hanya penting untuk melamar, tetapi juga untuk perekrut. Jika dibuat dengan baik akan mempermudah mereka untuk memilah-milah mana yang sesuai dengan posisi yang diperlukan.

Baca juga : Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan

Karena itu, saatnya kamu belajar cara membuat CV lamaran kerja yang menarik. Seperti apa saja informasi yang harus dimuat dan format yang digunakan.

Pilih Format CV

Ada beberapa format umum yang sering digunakan dalam pembuatan CV. Berikut ini adalah tiga format CV lamaran kerja:

Format Kronologi Terbalik: cv yang di tulis dari pengalaman atau pendidikan paling terbaru di tulis terlebih dahulu.
Format Fungsional: Contoh cv yang memperlihatkan kemampuan dan kualifikasimu.

Kedua CV di atas dapat anda gabungkan dengan mengaplikasikan untuk membuat CV ATS friendly. Sekarang ini, ATS (applicant tracking system) banyak di gunakan untuk menyeleksi CV yang sesuai.

Tambahkan Informasi Data Diri

Setelah memilih format CV lamaran kerja, selanjutnya mengisi data diri. Sebaiknya bagian ini di isi dengan seakurat dan sejujur mungkin. Apalagi pada bagian nomor telepon dan e-mail karena dari sanalah kamu akan di hubungi.

Nama dan alamat lengkap
E-mail
Nomor telepon
Domisili

Membuat Diskripsi

HRD akan membaca CVmu secara cepat. Fungsi dari diskripsi adalah untuk membantu merangkum keseluruhan isi CV dan menyampaikan secara singkat tentangmu. Jangan lupa untuk menuliskan kata kunci di sini agar dapat terbaca oleh ATS.

Baca juga : Contoh Jawaban Interview Kelemahan Diri

Contoh membuat Diskripsi “seorang penulis artikel di website pribadi yang mempunyai berbagai macam koleksi artikel tentang internet marketing. Sedang mencari pengalaman baru di bidang content writing dan copywriting.”

Menambahkan Riwayat Kerja

Penulisan riwayat kerja adalah menggunakan reverse-chronological, yaitu format yang menuliskan pengalaman kerja. Selanjutnya, di CV tuliskan semua pengalaman kerjamu, baik relevan atau tidak tentang informasi penting pribadi anda.

Menambahkan Kemampuan Kerja

Merangkum kemampuan diri dalam bekerja menunjukkan kemampuan apa saja yang kamu punya. Kemampuan atau pengalaman mengikuti kursus, pelatihan, atau seminar akan sangat membantumu ketika menulis CV. Berikut contoh kemampuan kerja dalam CV:

Contoh Kemampuan Menggunakan Alat

Video Editing: saya bisa meng-edit video menggunakan aplikasi adobe premiere pro, dan sejenisnya untuk iklan, promosi produk, atau storytelling.
Microsoft Office: Skill dapat mengoperasikan semua fitur microsoft office untuk mengerjakan tugas perusahaan.

Contoh Kemampuan Berbicara

Public Speaking: Beberapa pekerjaan tertentu memerlukan orang-orang yang terbiasa berbicara di depan umum.
Leadership: Kemampuan ini berguna untuk semua jenis pekerjaan.

Menambahkan Informasi Tambahan

Informasi tambahan berguna untuk mendukung isi dalam CV yedapat berupa portofolio, sertifikat, project yang pernah kamu lakukan, dan lain-lain. Industri kreatif seperti designer, penulis, fotografi, ingin melihat project dan hasil yang di kerjakan untuk menilai kecocokan.

Baca juga : Contoh Jawaban Interview Kelebihan Diri

Nah itulah tulisan artikel tentang Contoh dan cara membuat CV lamaran kerja. Sekarang silahkan membuat CV sesuai dengan kemampuan anda. Jika kamu bingung bisa menghubungi admin atau bertanya di kolom komentar, mungkin bisa membantumu. Selamat membuat CV lamaran kerjamu!

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

4 thoughts on “Cara Membuat CV Lamaran Kerja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x