Cara Menulis Daftar Pustaka

Pernahkah Anda mendengar kata plagiarisme? Situasi ini mungkin muncul karena penulis tidak menunjukkan asal materi yang ditulisnya. Bahkan di dunia akademik, Anda dapat menemukan diri Anda dalam situasi ini jika Anda tidak tahu cara menulis daftar pustaka dari pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan benar.

Ini mungkin terdengar sederhana, namun pada kenyataannya banyak orang kesulitan untuk menulis referensi yang tepat di akhir surat mereka. Tanda baca dan konsistensi dalam menulis menjadi wabah, memaksa Anda untuk buru-buru memasukkan berbagai sumber referensi dari tulisan Anda.

Apa Itu Daftar Pustaka Atau Referensi

Referensi atau Daftar pustaka sendiri adalah esai yang di sertakan pada akhir karya tulis yang berisi kutipan atau referensi untuk penulisan. Daftar ini memuat nama penulis, judul artikel, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit yang di jadikan acuan atau sumber tulisan yang di hasilkan.

Dengan demikian dapat di simpulkan Daftar pustaka adalah daftar yang berisi semua buku atau karya yang digunakan sebagai referensi atau dasar penelitian.

Manfaat Adanya Referensi

Ada beberapa manfaat pencantuman daftar pustaka atau catatan kaki, baik bagi penulis, pembaca atau penyumbang data/sumber yang diambil, yaitu:

  1. Salah satu syarat cara penulisan yang baik
  2. Ucapan terima kasih penulis kepada sumber referensi
  3. sebagai pendukung ide seorang penulis
  4. sebagai petunjuk untuk melacak keakuratan data

Supaya artikel tidak di sebut sebagai artikel plagiat dan anda dapat menulis artikel secara tepat, berikut ini panduan cara menulis daftar pustaka yang tepat sesuai dengan jenis sumber yang di gunakan.

Cara Menulis Daftar Pustaka Sumber Dari Buku

Ada beberapa hal yang perlu di ingat saat dalam membuat daftar pustaka dari sumber buku. Namun yang terpenting, hormati urutan dan tanda baca. Di bawah ini adalah serangkaian tautan dari buku tersebut.

  1. Nama
  2. Tahun Terbit
  3. Judul Buku
  4. Kota dan Nama Penerbit

Hal lain yang perlu di perhatikan saat menulis daftar pustaka adalah batasan dari setiap urutan. Pastikan teman Anda menggunakan titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, kota, dan nama penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku
Data Buku:
Judul : Gelandangan Di Kampung Sendiri
Penulis : Ainun Najib (cak nun)
Penerbit : Bentang Pustaka
Kota Penerbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2018

Cara Penulisan:
Gelandangan Di Kampung Sendiri. Ainun Najib (cak nun). Bentang Pustaka. Yogyakarta. 2018.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari sumber Artikel Jurnal, Koran, atau Majalah

Tidak jauh berbeda dengan penulisan dari sumber berupa buku, teman-teman pun perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, yakni sebagai berikut.

  1. Nama
  2. Judul

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal
Data Artikel:
Judul Jurnal : Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi Informasi
Judul Artikel : hasil dan pembahasan
Penulis : sri endarsi
Penerbit : abdi pustaka
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2022

Cara Penulisan:
Sri endarsi. 2022. “hasil dan pembahasan” dalam Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi Informasi. Yogyakarta. Abdi pustaka.

Cara Membuat Referensi Dari Internet

Selain artikel cetak, tidak jarang seseorang mendapatkan artikel, dari artikel di halaman website. Urutan penulisan referensi dari internet adalah sebagai berikut:

  1. Nama
  2. Tahun Penayangan
  3. Judul
  4. URL
  5. Waktu Pengambilan

Selain itu, masalah batasan dalam referensi artikel Internet agak berbeda dengan menulis dari cetak. Pembatasan titik (.) hanya berlaku untuk akhir nama penulis dan tahun penyelesaian. Dalam hal ini, berikan judul di URL dan URL tempat data diambil dengan koma (,).

Contoh Daftar Pustaka dari halaman website
Data Artikel:
Judul : Apa Itu Konten Pilar
Penulis : azis
Tanggal Tayang : 18 september 2022
Waktu Akses : 28 september 2022 jam 02:30
URL : https://nulisartikel.com/apa-itu-konten-pilar/

Cara Penulisan:
Azis. 2022. “Apa Itu Konten Pilar”, https://nulisartikel.com/apa-itu-konten-pilar/, di akses 28 september 2022 jam 02:30.

Nah lengkap sudah artikel tentang Cara Menulis Daftar Pustaka dari berbagai sumber. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari cara untuk menulis artikel anda.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x