Apa Itu Konten Pilar

Konten Artikel Pilar atau sering disebut sebagai cornerstone article. Adalah jenis penulisan dalam rangka memperkenalkan sebuah brand yang di tulis secara detail dan lengkap. Untuk menjelaskan produk atau jasa dan manfaat brand tersebut.

Apa Itu Konten Pilar

content pillar adalah kumpulan artikel di dalam halaman yang berisi informasi penting dari strategi konten. Tujuan adanya artikel pilar adalah untuk menyediakan informasi yang lengkap agar seseorang bisa menemukan informasi yang lengkap di satu halaman saja.

Lebih sederhananya lagi, pilar konten bisa dipahami sebagai kumpulan ide pada jasa atau produk yang digunakan perusahaan untuk konten. Artikel Pilar ini juga sering di sebut sebagai ember, atau kumpulan kategori artikel yang paling relevan dengan audiens.

Jadi, konsep adanya artikel pilar adalah bagian penting dari strategi content marketing yang berisi kumpulan ide yang berfungsi sebagai panduan untuk membuat artikel yang berkualitas agar mudah di pahami oleh pembaca.

Tidak banyak yang mengira jika cara penulisan artikel pilar membuatnya lebih cepat masuk 10 besar halaman Google search engine. Peluang ini dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan rangking halaman pertama google.

Jenis artikel pilar sangat di sukai oleh search engine Google. Ketika google update algoritma kadang artikel jenis turun berapa tingkat tapi masih di halaman 10 besar. Karena Google hanya menampilkan halaman website yang relevan dengan keyword ydi gunakan oleh pengguna internet di search engine.

Anda dapat memperkuat lagi posisi artikel konten pilar yang turun beberapa tingkat dengan memberikan sumber backlink yang berkualitas hingga ada update yang baru dari Google.

Baca juga : Tips Menulis Artikel Untuk Pemula

Ciri Ciri Artikel Konten Pilar

Lalu bagaimana jika kita ingin mengenali jenis konten pilar di website atau jika kita ingin membuat jenis konten ini. Biasanya Postingan artikel pilar mempunyai ciri khas sendiri seperti ini :

Artikel mempunyai kata diatas 1000 word.
Terdapat informasi yang banyak di cari orang.
Sering terdapat di halaman 10 besar search engine.
Konten artikel bukan hasil plagiat.
Artikel sering menjadi rujukan dari website yang lain.
Mempunyai organik trafik karena mendapatkan fitur dari google search seperti schema markup dan yang lainnya.

Dengan ciri artikel seperti diatas jangan heran jika ingin membuat satu judul artikel pilar membutuhkan waktu paling sedikit seminggu. Karena harus riset referensi dan keyword dan gaya penulisan yang terstruktur rapi.

Manfaat Artikel Konten Pilar

Dengan menggunakan metode penulisan yang detail dan riset keyword membuat jenis artikel pilar ini akan mendapatkan hasil berikut ini :

Page Authority

Kualitas artikel pilar dapat meningkatkan kredibilitas website di search engine google. Page authority website anda akan meningkat karena detail konten ketika menjelaskan topik secara jelas.

Trafik Melimpah

Konten pilar dapat menjadi sumber rujukan website sehingga bisa mendapatkan backlink gratis. Agar menjadi sumber rujukan bagi penulis website lain usahakan untuk membuat artikel yang jelas.

Membuat Konten Terencana

Ketika anda membuat konten pilar maka anda dapat menemukan ide konten selanjutnya. Maka konten di dalam website anda lebih terstruktur dan rapi sesuai dengan topik website anda.

Mengoptimalkan SEO

Konten pilar mempunyai peran yang penting untuk megoptimalkan SEO. Dengan adanya pilar konten memudahkan pengunjung dalam menavigasi situs website, maka mesin pencari dapat memberikan skor SEO yang baik. Karena mesin mencari suatu situs secara keseluruhan, bukan satu per satu melalui halaman.

Mendapatkan Fitur Dari Google

Jika anda membuat artikel pilar anda akan mendapatkan page one di Google search engine dan otomatis anda akan mendapatkan traffic organik yang melimpah lalu anda akan fitur seperti schema markup.

Contoh Judul Konten Pilar

Daftar postingan yang terdapat di page one google yang mempunyai judul yang di mulai dari angka dapat di percaya itu postingan pilar. Gaya penulisan yang berbentuk daftar menjadi judul favorit blogger indonesia contoh : “10 Daftar Smart TV Terbaik“.

Analisis konten yang menyertakan bukti yang valid. Contoh “Cara Memilih Investasi Yang Menguntungkan”. Dengan contoh judul tersebut di perlukan data pendukung yang kuat untuk menganalisa.

Konten tutorial biasanya sangat panjang dan detail dalam penulisanya agar pembaca dapat mengerti isi konten yang di tawarkan. Contoh : “Cara Ganti Kartu Axis Yang Hilang Dengan Nomor Yang Sama“.

Rangking, konten artikel yang mengulas peringkat produk atau layanan jasa yang ada di internet contoh “Daftar Rumah Makan Di Solo Untuk Rombongan”.  

Definisi atau spesifikasi, postingan yang membahas suatu produk secara jelas. Judul jenis ini lebih banyak di gunakan oleh blogger yang menguasai teknologi. Contoh : “Keunggulan Set Top Box Matrix Apple“.

Cara Menulis Konten Pilar

Lalu bagaimana Caranya jika ingin menulis konten pilar yang dapat bersaing di search engine khususnya di bidang industri bisnis. Nah berikut caranya :

Riset Pasar

Untuk memahami kebutuhan target pasar yang anda inginkan, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset dapat menggunakan alat riset pasar yang tersedia secara gratis seperti Google keyword planer, Semrush, ahref, Ubersuggest, MOZ.

Riset Trend Industri

Jika anda sudah mendapatkan data mengenai target audiensmu, melakukan riset Trend industri juga penting karena anda tidak mau industri yang anda kerjakan ketinggalan zaman kam. Sebuah perusahaan tentu harus mengikuti trend industri kompetitor. Nah, konten pilar adalah salah satu strategi antara merek anda dengan para pesaing lainnya.

Riset Kompetitor

Nah jika anda sudah riset pasar dan tren industri, jangan lupa siapa saja kompetitor?. Dengan riset kompetitor, anda bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan kompetitor anda dan merumuskannya ke dalam pilar konten yang lebih baik.

Riset Di Media Sosial

Audit media sosial adalah kegiatan yang penting untuk mengembangkan akun media sosial anda. Cari konten seperti apa yang selama ini kinerjanya kurang bagus. Ini sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa yang di sukai audiens anda. Lalu sesuaikan temuanmu ke dalam content pillar yang akan anda buat.

Mulai Menyusun Konten Pilar

Setidaknya ada 3 jenis konten dalam artikel pilar konten:

Head term, topik paling umum dalam kategori konten. Contoh: nulis artikel.
Topik inti, topik inti yang membantu memperjelas konteks istilah literasi. Contoh: cara menulis artikel untuk pemula, atau cara menulis puisi.
Subtopik, berisi kumpulan aset topik yang bisa menjadikan konten website atau media sosial sebagai sumber referensi lengkap. Contoh: cara nulis artikel dengan teknik copywriting, dan lain-lain.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku mengenai bentuk konten pilar yang harus di buat. Yang penting konten artikel isinya lengkap. Selain itu, selalu pastikan bahwa konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan target audiensnya.

Pilar konten adalah salah satu strategi pembuatan konten. Maka dari itu, jika brand anda belum memiliki, segera untuk membuat sekarang juga. Jika anda tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai content marketing, segera cek content artikel lainnya di website Nulisartikel.com

Di dalam kategori Marketing, anda bisa belajar mendalami keterampilan dan pengetahuan pemasaran, mulai dari pemasaran konten, media sosial, periklanan, afiliasi, sales, dan masih banyak lagi!

Kalau anda juga ingin bertahan lama dalam dunia blogger dan mempunyai penghasilan yang tetap. Mulai perbaiki struktur penulisan website anda. Pastikan terdapat beberapa konten pilar jenis ini sebagai pondasi awal blog, semoga sukses dalam mengembangkan website.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x