Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Konten Artikel Pilar atau sering disebut sebagai cornerstone article. Adalah jenis penulisan dalam rangka memperkenalkan sebuah brand yang di tulis secara detail dan lengkap. Untuk menjelaskan produk atau jasa dan manfaat brand tersebut.

Alasan pentingnya pilar konten adalah untuk membantu tim pemasaran Anda menemukan target pasar Anda. Jika bisnis Anda berfokus pada area tertentu atau beberapa hal, itu didorong oleh audiens dan dapat menghasilkan pertumbuhan yang lebih cepat.

Pilar konten mempermudah perencanaan konten media sosial Anda. Faktanya, tim media sosial secara strategis menggunakan pilar konten untuk membuat kalender konten untuk beberapa bulan mendatang. Jadi, jika tim konten Anda kesulitan menemukan ide, mereka dapat mengambil inspirasi dari bank konten yang ada.

Selain itu, memiliki tulang punggung konten pilar membuat bisnis tetap konsisten dengan konten yang dibuatnya. Dengan cara ini, merek tersebut memiliki identitas yang kuat di media sosial dan memudahkan pemirsa untuk mengenali bahwa konten tersebut adalah milik merek tersebut.

Pilar konten adalah tema menyeluruh yang membentuk dasar strategi konten media sosial perusahaan/perusahaan secara keseluruhan. Seperti rumah, pilar konten mendukung keseluruhan strategi konten Anda. Pilar konten biasanya mencakup 3-5 tema/topik luas yang memandu merek dalam membuat konten mereka.

Pedoman ini ada untuk memastikan bahwa konten yang Anda buat konsisten dan relevan dengan audiens target Anda. Pilar konten sendiri ditentukan oleh dua faktor: kebutuhan audiens dan kebutuhan bisnis/merek. Penggunaan Komponen Konten tidak terbatas pada strategi pemasaran media sosial.

Setiap pemasar dapat mendirikan toko untuk berbagai jenis konten seperti postingan media sosial, blog, e-book, infografis, podcast, dan lainnya.Pilar konten juga dikenal dengan beberapa nama lain, termasuk kategori konten, segmen konten, konten inti, dan konten inti.

Apa Itu Konten Pilar

Pilar konten adalah kumpulan artikel di halaman yang berisi informasi strategi konten penting. Tujuan artikel utama adalah untuk memberikan informasi yang komprehensif sehingga seseorang dapat menemukan informasi yang komprehensif dalam satu halaman.

Sederhananya, pilar konten dapat dipahami sebagai kumpulan ide tentang layanan atau produk yang digunakan perusahaan untuk konten. Artikel unggulan ini sering disebut sebagai keranjang atau kumpulan kategori untuk artikel yang paling relevan dengan audiens Anda.

Oleh karena itu, konsep artikel utama merupakan bagian penting dari strategi pemasaran konten Anda, berisi sekumpulan ide yang berfungsi sebagai panduan untuk membuat artikel berkualitas yang dapat diikuti dengan mudah oleh pembaca Anda.

Hanya sedikit orang yang mengira bahwa gaya penulisan artikel utama mereka akan membawa mereka ke 10 halaman pertama mesin pencari Google dengan cepat. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan posisi teratas di Google Page Rank. Jenis artikel utama ini sangat populer di mesin pencari Google.

Saat Google memperbarui algoritmenya, ia dapat mengurangi jumlah jenis artikel dalam beberapa tahap, tetapi tetap berada di 10 halaman pertama. Ini karena Google hanya menampilkan halaman situs yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan pengguna internet di mesin pencarinya.

Hingga update baru datang dari Google, Anda bisa semakin memperkuat posisi artikel konten teratas Anda beberapa level ke bawah dengan menyediakan sumber backlink berkualitas.

Baca juga : Tips Menulis Artikel Untuk Pemula

Jenis Konten Pilar

Karena beragam manfaat dan keuntungan dapat di gunakan untuk mempromosikan sebuah produk, konten pilar dapat di menjadi beberapa bagian menurut tujuan yang di inginkan.

Promotional

Konten promosi dirancang untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk/layanan perusahaan. Bisnis harus dapat membuat konten seunik dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian pelanggan mereka. Bisnis juga dapat menggunakan konten promosi untuk menunjukkan bahwa produk yang mereka tawarkan lebih unggul dari yang lain.

Entertainment

Jika Anda mempunyai penonton yang senang membaca dan mendengarkan cerita-cerita menarik dan inspiratif. Pada saat yang sama, membuat konten hiburan dapat berupa berbagai cerita lucu, meme, kuis, atau lelucon, yang tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak pengikut merek.

Untuk membuat konten yang menghibur, tim media sosial Anda harus mampu menghadirkan konten sekreatif mungkin sekaligus mencerminkan kepribadian merek Anda. Sehingga brand produk Anda akan mendapatkan reward menarik dari pelanggan.

Educational

Suatu produk harus memiliki nilai tertentu yang dianggap penting oleh masyarakat. Ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk/layanan, ia harus menyediakan konten pendidikan tentang fitur, manfaat, dan bagaimana produk tersebut dapat mengatasi masalah pelanggan.

Juga, perusahaan harus membuat konten yang bertujuan untuk menginformasikan pembaca tentang produk mereka. Misalnya Semrush adalah perusahaan yang menawarkan berbagai produk SEO. Perusahaan ini membuat konten dengan tips SEO untuk mengedukasi calon pelanggan mereka.

Conversational

Fondasi konten yang kuat memungkinkan bisnis menganalisis perjalanan pelanggan dengan membuat konten yang relevan untuk setiap tahap siklus pembelian produk. Ini akan membantu Anda mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu, Anda dapat meningkatkan kemungkinan pembelian dan konversi dengan membuat konten berdasarkan perjalanan pelanggan.

Ciri Ciri Artikel Konten Pilar

Jadi jika Anda ingin mengetahui jenis konten utama situs web Anda atau membuatnya untuk itu. Artikel kolom biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai contoh:

Artikel mempunyai kata diatas 1000 word.
Terdapat informasi yang banyak di cari orang.
Sering terdapat di halaman 10 besar search engine.
Konten artikel bukan hasil plagiat.
Artikel sering menjadi rujukan dari website yang lain.
Mempunyai organik trafik karena mendapatkan fitur dari google search seperti schema markup dan yang lainnya.

Jangan kaget jika spesifikasi postingan di atas membuat judul postingan kolom tunggal. Ini akan memakan waktu setidaknya satu minggu. Karena Anda perlu meneliti tautan dan kata kunci serta gaya penulisan yang terstruktur dengan baik.

Manfaat Artikel Konten Pilar

Menggunakan teknik penulisan mendalam dan penelitian kata kunci untuk membuat artikel utama jenis ini, Anda akan mendapatkan:

Page Authority

Artikel unggulan berkualitas dapat meningkatkan kredibilitas situs Anda di mesin pencari Google. Tingkatkan otoritas halaman situs web Anda melalui konten terperinci sambil menjelaskan topik dengan jelas.

Trafik Melimpah

Anda bisa mendapatkan backlink gratis karena konten utama Anda bisa menjadi sumber klik ke website Anda. Pastikan Anda menulis artikel yang jelas untuk menjadi sumber link pembuat website lain.

Membuat Konten Terencana

Saat membuat konten utama, Anda mungkin memiliki ide untuk konten berikutnya. Dengan begitu, konten website Anda akan lebih terstruktur dan tertata sesuai dengan tema website Anda.

Mengoptimalkan SEO

Konten utama memainkan peran penting dalam optimasi SEO. Kolom konten yang memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs web Anda dapat membantu mesin telusur memberi Anda skor SEO yang lebih tinggi. Ini karena mesin mencari seluruh situs, bukan satu halaman dalam satu waktu.

Mendapatkan Fitur Dari Google

Membuat artikel utama memberi Anda halaman pertama di mesin pencari Google, secara otomatis memberi Anda lalu lintas organik yang kaya, dan fitur seperti markup skema.

Contoh Judul Konten Pilar

Daftar postingan yang terdapat di page one google yang mempunyai judul yang di mulai dari angka dapat di percaya itu postingan pilar. Gaya penulisan yang berbentuk daftar menjadi judul favorit blogger indonesia contoh : “10 Daftar Smart TV Terbaik“.

Analisis konten yang menyertakan bukti yang valid. Contoh “Cara Memilih Ban Mobil Baru“. Dengan contoh judul tersebut di perlukan data pendukung yang kuat untuk menganalisa.

Konten tutorial biasanya sangat panjang dan detail dalam penulisanya agar pembaca dapat mengerti isi konten yang di tawarkan. Contoh : “Cara Ganti Kartu Axis Yang Hilang Dengan Nomor Yang Sama“.

Rangking, konten artikel yang mengulas peringkat produk atau layanan jasa yang ada di internet contoh “Jasa Belajar Digital Marketing“.  

Definisi atau spesifikasi, postingan yang membahas suatu produk secara jelas. Judul jenis ini lebih banyak di gunakan oleh blogger yang menguasai teknologi. Contoh : “Keunggulan Set Top Box Matrix Apple”.

Cara Menulis Konten Pilar

Lalu bagaimana Caranya jika ingin menulis konten pilar yang dapat bersaing di search engine khususnya di bidang industri bisnis. Nah berikut caranya :

Riset Pasar

Untuk memahami kebutuhan target pasar yang anda inginkan, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset dapat menggunakan alat riset pasar yang tersedia secara gratis seperti Google keyword planer, Semrush, ahref, Ubersuggest, MOZ.

Riset Trend Industri

Meneliti tren industri juga penting jika Anda sudah memiliki data tentang audiens target Anda. Ini karena mereka tidak ingin industri mereka menjadi usang. Tentu saja, perusahaan harus mengikuti tren industri para pesaingnya. Konten inti adalah salah satu strategi antara merek dan pesaing lainnya.

Riset Kompetitor

Jika Anda telah melakukan riset pasar dan tren industri, apakah Anda ingat pesaing Anda?Riset pesaing memungkinkan Anda untuk meneliti kekuatan dan kelemahan pesaing Anda dan mengartikulasikannya dalam kolom konten yang lebih sesuai.

Riset Di Media Sosial

Audit media sosial adalah kegiatan penting untuk mengembangkan akun media sosial Anda. Cari konten yang mirip dengan yang sebelumnya gagal. Mengetahui dengan tepat apa yang disukai audiens Anda sangatlah penting. Kemudian masukkan hasilnya ke dalam kolom konten yang Anda buat.

Mulai Menyusun Konten Pilar

Setidaknya ada 3 jenis konten dalam artikel pilar konten:

Head term, topik paling umum dalam kategori konten. Contoh: nulis artikel.
Topik inti, topik inti yang membantu memperjelas konteks istilah literasi. Contoh: cara menulis artikel untuk pemula, atau cara menulis puisi.
Subtopik, berisi kumpulan aset topik yang bisa menjadikan konten website atau media sosial sebagai sumber referensi lengkap. Contoh: cara nulis artikel dengan teknik copywriting, dan lain-lain.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku mengenai bentuk konten pilar yang harus di buat. Yang penting konten artikel isinya lengkap. Selain itu, selalu pastikan bahwa konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan target audiensnya.

Pilar konten adalah salah satu strategi pembuatan konten. Maka dari itu, jika brand anda belum memiliki, segera untuk membuat sekarang juga. Jika anda tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai content marketing, segera cek content artikel lainnya di website Nulisartikel.com

Dalam kategori Pemasaran, Anda dapat memperdalam keterampilan dan pengetahuan Anda dalam pemasaran konten, media sosial, periklanan, program afiliasi, penjualan, dan lainnya! Mereka yang ingin terus ngeblog untuk waktu yang lama dan mendapatkan penghasilan tetap.

Mulailah memperbaiki struktur teks situs web Anda. Pastikan Anda memiliki konten dasar seperti ini di posting blog pertama Anda. Semoga berhasil dengan pengembangan situs web Anda.

Bagikan: