Program Studi Digital Marketing

Spesialisasi pemasaran digital menjadi semakin populer dan mahasiswa baru pada antusias memilih Program Studi Digital Marketing. Anda harus merasa bahwa konspirasi pemasaran dan pemasaran baru -baru ini di implementasikan dalam bentuk digital melalui Internet. Di zaman yang serba digital, tak heran jika banyak orang tua dan lulusan SMA menjadikan jurusan digital marketing sebagai program impian mereka.

Namanya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, namun kita sering di tanya apa bidang keahlian Anda dalam pemasaran digital? Apa yang Anda pelajari di perguruan tinggi, di mana profesional pemasaran digital bekerja, di mana perguruan tinggi pemasaran digital? Sudah ada jawaban lengkapnya di sini! Ayo, periksa!

Jurusan Kuliah Pemasaran Digital

Departemen Digital Marketing atau di kenal juga dengan pemasaran digital merupakan program studi yang berfokus pada pemasaran produk melalui media digital. Di sini Anda akan belajar banyak tentang bagaimana memasarkan produk Anda dengan lebih efisien, kreatif, cepat dan akurat.

Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk mata kuliah pemasaran digital, strategi pasar, optimasi media sosial, dan analisis pasar yang juga dipelajari di departemen ini. Selain itu, Anda akan mengambil kursus komunikasi bisnis, periklanan, ekonomi makro, pemasaran e-niaga, SEO, dan banyak lagi.

Mengenai durasi dan lama studi, tergantung program yang dipilih, apakah program diploma atau sarjana. Program gelar biasanya memakan waktu sekitar tiga tahun. Untuk program sarjana, pada prinsipnya kami menerima mahasiswa selama empat tahun. Prospek pekerjaan untuk departemen pemasaran digital sangat banyak anda tinggal memilih sesuai dengan minat dan bakat anda.

Materi Program Studi Digital Marketing

Memilih dan memutuskan untuk kuliah di Fakultas Digital Marketing adalah pilihan yang tepat. Seperti yang Anda ketahui, peluang kerja untuk jurusan pemasaran digital sangat luas sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pekerjaan Anda di masa depan. Apa saja peluang kerja dalam pemasaran digital?

Spesialis Pemasaran Email

Lulusan pemasaran digital dapat menjadi pemasar email. Pekerjaan ini akan menugaskan Anda untuk membuat kampanye pemasaran email yang ditujukan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Oleh karena itu, fokuslah untuk memasarkan produk perusahaan Anda menggunakan kampanye email. Pekerjaan ini mengharuskan Anda menguasai beberapa keterampilan, seperti desain yang tepat, penulisan, dan periklanan.

Spesialis SEO

Jangan salah, pekerjaan spesialis SEO tidak hanya terbuka bagi mereka yang memiliki gelar teknik komputer, lho. Seseorang dengan gelar dalam pemasaran digital juga dapat bekerja sebagai pakar SEO.
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk memperluas penjualan dan pemasaran produk melalui website perusahaan. Selain itu, spesialis SEO bertanggung jawab untuk menyediakan kata kunci yang dapat meningkatkan lalu lintas situs web dan, tentu saja, melacak analitik situs web perusahaan.

Direktur Periklanan

Manajer Periklanan atau advertiser manager adalah pencari kerja potensial yang berspesialisasi dalam pemasaran digital. Kursus pemasaran dan periklanan yang Anda ambil di perguruan tinggi akan membantu Anda merancang dan merencanakan kampanye periklanan, berkolaborasi dengan tim periklanan dan media, dan mengembangkan pemasaran produk yang paling menarik.

Ahli Strategi Konten

Terakhir, saya adalah ahli strategi konten. Lulusan pemasaran digital yang bekerja di ruang konten melaporkan keterampilan mereka dalam membuat, mengedit, dan menerbitkan konten.
Konten yang dihasilkan oleh Konten Strategis biasanya dipublikasikan di berbagai platform seperti blog, media cetak, media sosial, dan email. Ahli strategi konten biasanya didukung oleh departemen pemasaran atau kreatif.

Daftar Program Studi Universitas Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah metode pemasaran produk, barang, dan jasa dengan pendekatan teknologi. Dengan berkembangnya teknologi yang ada, digital marketing menjadi metode branding atau pemasaran produk dan jasa yang paling banyak digunakan.

Namun, akan sulit bagi orang awam yang belum familiar dengan digital marketing untuk mengadaptasi metode digital marketing.Oleh karena itu, banyak perguruan tinggi yang mendirikan jurusan dan program penelitian yang berkaitan dengan digital marketing, yaitu program penelitian “Bisnis Digital”.

Laporan dari berbagai sumber, program, atau spesialisasi bisnis digital memiliki kekuatan dalam pendidikan bisnis menggunakan teknologi digital. Program gelar ini mempersiapkan siswa untuk berbagai posisi dalam bisnis digital. Salah satunya adalah pemasaran digital. Berikut Universitas Indonesia yang menawarkan jurusan Bisnis Digital adalah:

Universitas Padjajaran, Bandung

Merupakan universitas pertama di Indonesia yang meluncurkan program studi bisnis digital di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Administrasi Bisnis (FEB). Universitas Padjadjaran telah meluncurkan program baru yang mendorong universitas untuk membuka program studi non-konservatif. Program bisnis digital ini menghasilkan talenta berkualitas tinggi di pasar, data besar, kecerdasan buatan, dan start-up.

Universitas Negeri Jakarta

Program sarjana Bisnis Digital (S1) Universitas Negeri Jakarta resmi dibuka untuk mahasiswa mulai tahun 2020. Departemen ini didirikan untuk memberikan kontribusi kepada pemangku kepentingan di bidang digitalisasi bisnis dan menghasilkan sumber daya manusia yang handal sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lulusan dari bentuk inti ini diperlengkapi untuk mendukung pilihan karir seperti analis bisnis digital, analis teknologi keuangan, analis intelijen bisnis, desainer yang berpusat pada manusia, dan pengusaha digital. Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta Selatan

Program studi Teknologi Bisnis Digital universitas bertujuan untuk mengembangkan solusi bisnis berbasis teknologi digital. Peminatan ini juga memberikan pemahaman dan penguasaan keterampilan dan pola pikir kewirausahaan dengan mengintegrasikan teknologi digital terkini ke dalam konteks bisnis.

Universitas BINUS Jakarta

Program studi Business creativion universitas BINUS ini di rancang khusus untuk melatih wirausaha masa depan yang kreatif dan inovatif, dan tentunya terkait peran teknologi digital. Program ini dirancang untuk menggabungkan teori dan praktik untuk membantu mahasiswa memulai bisnis baru di tahun ketiga mereka.

Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Departemen bisnis digital yang di dirikan di universitas memfasilitasi perolehan keterampilan transformasi digital oleh mahasiswa. Program atau jurusan ini lebih mengutamakan aspek administrasi bisnis digital daripada menguasai berbagai aplikasi online yang sebenarnya bisa Anda pelajari sendiri.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS yang di buka pada tahun 2019 ini memiliki enam jurusan, salah satunya manajemen teknologi terkait digital marketing. Meski relatif baru, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital telah menyiapkan sumber daya kreatif, inovatif, dan adaptif yang unggul dengan keterampilan dalam pemikiran desain dan manajemen untuk kesejahteraan manusia dan lingkungan.

Universitas Negeri Surakarta (UNS) Sebelas Maret

Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Administrasi Bisnis (FEB) UNS adalah aplikasi manajemen bisnis dan analisis data untuk manajemen bisnis dan analisis data yang di gunakan untuk membuat keputusan bisnis strategis baik di sektor publik maupun swasta. Program Bisnis Digital FEB UNS tidak hanya berfokus pada bisnis digital, tetapi juga pada financial technology, atau financial technology yang sedang booming saat ini.

Baca juga : Cara Daftar Kuliah Di Indonesia

Anda Harus Memiliki Keterampilan Ahli Pemasaran Digital

Jika Anda ingin menjadi ahli pemasaran digital, Anda bisa mendapatkan pendidikan formal, meningkatkan pengetahuan Anda sesuai dengan pelatihan formal maupun non-formal, dan mengukur keterampilan Anda. Sebagai aturan, digital marketing memiliki dua pengalaman. Dengan kata lain, ini adalah keterampilan umum dan keterampilan yang berat. Keduanya melakukan peran yang sama dalam mendukung upaya pemasaran.

Hard skill mengacu pada kemampuan teknis dan soft skill mengacu pada keterampilan yang berhubungan dengan kepribadian. Harap lebih berhati -hati tentang penjelasan berikut.

Kemampuan Pemasaran Digital Soft Skill

Kemampuan yang lancar dari pemasaran digital adalah pengalaman terkait orang. Mereka biasanya mencakup keterampilan berpikir kreatif dan kritis, keterampilan kepemimpinan dan komunikasi. Tidak seperti hard skill, keterampilan sosial dapat di kembangkan melalui aktivitas sosial atau organisasi daripada pelatihan formal.

Pemasar digital membutuhkan soft skill. Dalam praktiknya, mereka tidak dapat bekerja sendiri dan sering terlibat dalam kerja kolaboratif dengan departemen lain. Sehingga Anda dapat meninjau kembali dan mengasah keterampilan ini untuk menjadi ahli pemasaran digital. Berikut ini saya menulis soft skill digital marketing yang harus Anda miliki :

Komunikasi
Problem solving
Creative thinking
Berpikir analitis
Multitasking
Curiosity

Keterampilan pemasaran digital Hard Skill

Soft skill sangat penting dalam pemasaran digital. Namun, pengetahuan dan keterampilan teknis masih menjadi prioritas utama. Berikut adalah beberapa keterampilan Hard Skill yang harus Anda kuasai.

SEO dan SEM
Menulis dan menyunting
Design skill
Sosial media marketing
Copywriting
Content creation
Analis data
Strategi konten
Technology savvy

Pada tahun 2022, pemasar digital dengan setidaknya 1-2 tahun pengalaman dalam keterampilan seperti SEO, Iklan Google, dan pemasaran media sosial akan bernilai setidaknya 5-8 juta. Sudah 7 sampai 10 juta jika sudah menjadi senior maupun ahli dalam bidang digital marketing, di tambah 12 juta lebih eksekutif. Standar gaji ini untuk yang baru bergabung dengan digital marketing kurang lebih dari 4 juta.

Setahu saya, perusahaan konten membentuk tim kreatif. Tim pemasaran digital dapat memberikan informasi dan mendiskusikan konten yang cocok untuk iklan. Kedua posisi tersebut dapat di miliki oleh unit yang sama, tetapi memiliki basis kemampuan yang sangat berbeda. Konten dapat di buat oleh seseorang yang kreatif dan sales khusus untuk para penjual yang pandai menganalisa kebutuhan pasar. Hanya keduanya yang dapat bekerja sama untuk membuat iklan yang mendorong lebih banyak penjualan.

Tim Pemasaran Digital Berfokus pada Satu Pakar Misalnya, spesialis SEO, SEM, SMM. Selain itu, karena mereka hanya memiliki pengalaman 1-2 tahun, mereka memiliki banyak keterampilan dan dapat di masukkan dalam kategori staf. Belum bisa menguasai semua media, apalagi untuk keperluan konversi.

Mengelola media berbeda dengan mendapatkan konversi. Banyak bisnis yang masih hanya mengelola akun Google Ads dan FB Ads. Misalnya, terbatas pada lalu lintas atau perolehan jangkauan atau iklan bergambar biasa di papan reklame, TV, dan poster. Pemasar digital bisa mendapatkan konversi.

Lebih dalam dan lebih detail Program Studi Digital Marketing membutuhkan banyak pengalaman dan pemahaman. Hampir setiap bisnis memiliki tujuan kampanye, dan mereka juga memiliki tujuan periklanan. Baik itu menjual, mendaftar, atau mengakuisisi pengguna. Kemampuan untuk mendorong konversi ini adalah sesuatu yang sangat di hargai oleh pemasar digital. Akibatnya, mereka sering menemukan diri mereka dalam posisi pengawasan atau manajerial.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x