Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Salah satu masalah yang sering di hadapi seorang YouTubers adalah masalah isu pelanggaran hak cipta. Berikut ini saya menulis artikel tentang Cara Mengatasi Konten Copyright Di YouTube.

Hak cipta atau lisensi adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, sastra, drama, musik, sinematografi, dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta dapat terjadi jika suatu karya berhak cipta di perbanyak tanpa izin pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum pemilik hak cipta dan di tampilkan secara publik di media atau jejaring sosial yang ada.

Sebagian besar pembajakan di YouTube biasanya terjadi pada audio seperti musik atau lagu yang terdapat dalam video. Bahkan potongan lagu beberapa detik dapat di deteksi sebagai pelanggaran hak cipta oleh Google, dan video umumnya tidak dapat di monetisasi.

Jika Anda memiliki ide untuk konten Youtube Anda sendiri. Selain itu, video Anda telah di gunakan dan di unggah ke akun YouTube orang lain tanpa seizin Anda. Setelah itu, Anda berhak meminta YouTube untuk menghapus video tersebut. YouTube memungkinkan Anda untuk mengajukan banding atau kontes.

Namun, fitur ini di lengkapi dengan peringatan. Penyalahgunaan proses dapat menyebabkan masalah hukum. Video yang Anda upload ke YouTube memiliki klaim atas konten pihak ketiga yang mencegah Anda memonetisasi video Anda.

Itulah gunanya perlindungan hak cipta, sehingga kebijakan yang adil dari Youtube sebagai perlindungan dari karya seorang, karena YouTube sangat menghargai karya-karya mitra nya.

Buatlah Video Original

Ini adalah cara yang paling sempurna untuk mengupload video di Youtube, yaitu membuat video original. Pihak Youtube sangat menyukai video yang anda upload adalah video original untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga.

Dengan kata lain, video milik saya adalah video yang kami buat sendiri, dan konten videonya belum di unggah ke internet. Video atau kontennya tidak harus direkam dengan kamera, baik itu kamera maupun kamera handphone.

Ini adalah pelajaran video yang merekam tindakan selama pelajaran tertentu. Atau jika Anda suka bermain game, Anda dapat merekam layar smartphone Android atau iOS Anda saat bermain.

Mengedit Video Menggunakan Software 

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan video untuk membuat atau mengedit video. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat menambahkan beberapa klip video, mempersingkat atau memperpanjang video, memotong dan menggabungkan video menjadi satu, menambahkan efek ke video, mengedit audio video, mengedit video Anda dapat memperlambat atau mempercepat, menambahkan musik atau musik latar.

Baca juga : Cara Merekam Suara Untuk Video Youtube Di Handphone

Jika Anda menggunakan perangkat lunak pengeditan video, jangan mengedit klip audio atau video. Misalnya, jangan gabungkan video musik dengan lagu berhak cipta. Anda dapat menambahkan efek DJ untuk mengubah efek suara lagu Anda, lalu menggabungkan video musik. Youtube memiliki sistem deteksi yang sangat canggih yang hanya dapat mendeteksi konten pihak ketiga dari klip audio dan video yang di unduh, bahkan untuk beberapa detik.

Gunakan Musik Berlisensi Creative Commons

Lisensi Creative Commons adalah lisensi pada sebuah konten yang dapat di gunakan oleh publik atau komunitas YouTube untuk di gunakan kembali dengan bebas seperti di edit ulang atau di masukkan dalam video orang yang membutuhkan dan dapat di gunakan untuk kepentingan kormesial.

Kalian dapat mendapatkan musik atau lagu dengan lisensi creative commons di channel NoCopyRightSounds (NCS), walaupun ada beberapa musik yang harus memiliki syarat tertentu untuk bisa di gunakan secara bebas, seperti memberikan credit dalam deskripsi video yang menggunakan musik tersebut di dalamnya.

Dan untuk cara aman yaitu kalian dapat menggunakan musik yang sudah di sediakan oleh YouTube, yaitu di Youtube Library. Untuk di YouTube library sendiri rata-rata durasi dari musik atau lagunya pendek sekali.

Mengedit Video Online Di Youtube

Anda juga bisa membuat dan mengedit sebuah video secara online di Youtube. Fitur Model editor video yang di sediakan oleh Youtube hampir sama dengan aplikasi edit video lainnya, seperti Movie Maker.

Jika video yang Anda unggah ke YouTube memiliki hak cipta, Anda harus mengeditnya terlebih dahulu. Untuk mengedit, klik Edit, yang menunjukkan bahwa video Anda berisi materi berhak cipta, dan pilih Audio untuk menghapus audio pihak ketiga dari video Anda.

Setelah itu silahkan diamkan beberapa saat sampai proses editing selesai. Jika Anda tidak melihat peringatan tersebut, Anda dapat mengedit ulang video tersebut dengan menambahkan musik dari pustaka musik YouTube Anda atau dengan menghapus video berhak cipta tersebut.

Berikut ini sebuah rekomendasi buat anda untuk mencari Pustaka audio untuk youtube, anda dapat menguunakan ribuan audio, lagu, musik gratis untuk backsound video Anda. Beberapa situs musik atau lagu yang bisa di jadikan alternatif, dengan lisensi creative commons yang dapat anda pilih ada di :

http://www.jamendo.com/
http://wacca.fm/ 
http://ccmixter.org/ 
http://freemusicarchive.org/ 
http://www.beatpick.com/ 
http://incompetech.com/m/c/royalty-free/ 
http://opsound.org/ 

Untuk lebih lengkapnya mengenai Hak Cipta di Youtube bisa anda pelajari melalui link berikut ini : https://www.youtube.com/yt/copyright/id/

Cara Menghilangkan Klaim Hak Cipta Di Youtube

Jika Anda tidak sengaja membuat video yang melanggar hak cipta (copyright)? lantas bagaimana cara agar terhindar dan mengatasi agar video kita jadi tidak melanggar hak cipta lagi? nah ikuti tutorial di bawah ini!

Loogin ke akun YouTube.
Masuk ke “Channel Saya”.
Lalu klik “Pengelola Video”.
Lalu cari video yang melanggar hak cipta.
Lanjut klik icon ©
Lihat detail pelanggaran hak cipta tersebut.
Lalu klik tab Audio
Lalu cari Audio yang durasinya sama dengan video kalian, klik saja Audio nya.
Lanjut klik simpan. Tunggu proses editing selesai.

Catatan: Jika video masih melanggar hak cipta, maka anda tidak punya cara lain lagi selain menghapus video tersebut atau membiarkannya.
Klam hak cipta Suara : Kamu bisa terhindar dari pelanggaran hak cipta.

Klam hak cipta Video : Kamu tidak bisa terhindar dari pelanggaran hak cipta (video harus di hapus, jika tidak di hapus video tersebut tidak dapat di monetize).

Itulah tulisan artikel tentang Cara Mengatasi Konten Copyright Di YouTube. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam membuat video untuk youtube.

Bagikan: