Perbedaan Virtual Assistant Siri Dan Google Assistant

Saat ini sudah banyak aplikasi asisten online dalam bentuk virtual. Seperti halnya produk Google, Asisten Google adalah asisten virtual yang paling banyak digunakan. Apa perbedaan antara Siri dan Assistant virtual Asisten Google? Namun, asisten virtual andalan Google, Siri, tidak ketinggalan. Tapi apa perbandingan antara asisten virtual Siri dan Asisten Google?

Perbedaan Antara Virtual Assistant Siri Dengan Google Assistant

Perbedaan antara Android dan Apple jelas. Dimulai dari bentuk fisik, fungsi dan diakhiri dengan aplikasi yang digunakan di kedua ponsel tersebut. Seperti yang Anda ketahui, asisten virtual Siri adalah asisten virtual Apple dan Asisten Google adalah produk Google yang banyak digunakan di Android. Berikut ikhtisar dari dua asisten virtual:

Perbandingan Cara Penggunaan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara menggunakan kedua aplikasi ini. Ada beberapa cara untuk menggunakan Virtual Siri. Yang perlu Anda ketahui: Ucapkan “Hai Siri” terlebih dahulu, lalu ucapkan yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin mengetahui tanggal hari ini. Lalu katakan saja “Hai Siri, hari ini hari apa?”

Tekan dan lepaskan tombol. Tombol yang paling sering di gunakan adalah tombol samping. Tetapi jika layar beranda Anda memiliki tombol, Anda harus menggunakannya. Tekan dan tahan tombol. Metode ini biasanya di gunakan untuk mengeksekusi kueri yang lebih panjang. Sementara itu, untuk menggunakan Asisten Google, gunakan:

Menggunakan aplikasi Google
Buka settings
Cari Google Assistant
Aktifkan
Gunakan perintah OK, Google

Sebagai perbandingan, Siri virtual jelas lebih mudah di gunakan. Google selalu membutuhkan aplikasi Anda untuk mengaksesnya. Namun, untuk ponsel modern, biasanya tidak di perlukan aplikasi tambahan. Cukup geser ke atas di layar utama Anda untuk secara otomatis memunculkan fitur Asisten Google.

Perintah untuk Memutar Musik

Mereka juga memiliki perbedaan dalam menjalankan perintah untuk mendengarkan musik melalui asisten virtual. Dengan Virtual Siri, cukup ketik perintah “putar” dan ponsel Anda akan memutar musik secara otomatis dalam urutan acak.

Dalam hal Asisten Google, perintah yang Anda ketik harus lebih spesifik, seperti “putar musik”. Jika Anda hanya memasukkan perintah putar, Asisten Google akan menanyakan pertanyaan lain untuk mengklarifikasi perintah yang muncul di benak Anda.

Meminta Informasi Cuaca

Keakuratan dan kelengkapan informasi cuaca yang diberikan oleh kedua asisten virtual tersebut juga berbeda. Virtual Siri memberikan informasi cuaca yang tidak lengkap dan kurang detail. Meskipun demikian, asisten virtual Siri tidak terlalu responsif. Sebaliknya, Google Assistant menawarkan data cuaca yang lebih lengkap dan detail. Dan tanggung jawabnya hampir sama dengan Siri Assistant.

Menentukan Lokasi

Virtual Siri biasanya menunjukkan lokasi Anda di peta dalam waktu yang lebih cepat. Dalam hal informasi lokasi, daya tanggap aplikasi ini cukup bagus. Hanya saja lokasinya tidak tepat, tidak akurat. Juga, informasi lokasi Asisten Google membutuhkan waktu.

Ini di gunakan untuk menampilkan lokasi di peta lebih lama dari Siri. Namun, peta yang di tampilkan bahkan lebih akurat daripada Siri, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak waktu. Itu juga di lengkapi dengan penjelasan yang komprehensif.

Kendala Pemakaian

Bahkan dengan kecerdasan buatan, dua asisten robot juga bermasalah untuk digunakan. Berikut adalah beberapa hambatan dalam menggunakan Google Assistant.

Belum berintegrasi dengan aplikasi lain seperti Trello, Twitter, Google Doc, dan lain sebagainya.
Tidak dapat menjawab pertanyaan Pixel aplikasi itu sendiri
Hanya menggunakan satu akun google
Cuma memberikan website yang mempunyai tautan yang di anggap relevan terhadap pertanyaan yang anda ajukan.
Mempunyai masalah layar display yang tiba-tiba mati.

Sedangkan beberapa kendala ketika menggunakan virtual Siri adalah sebagai berikut:

Mempunyai masalah ketika mendengar suara perintah dari pengguna
Jaringan internet yang di gunakan harus kuat 
Hanya di gunakan di produk Apple

Baca juga : Manfaat Menggunakan Google Text To Speech

Kedua asisten virtual tersebut sama-sama bagus dan memiliki kelebihannya masing-masing. Hanya saja update terbaru membuat Google Assistant lebih baik dari Siri. Bahkan Asisten Google dapat menerima perintah sebagai Google Text To Speech. Nah, perbandingan asisten virtual Siri dan Google Assistant. Ini akan membantu Anda memutuskan aplikasi mana yang akan di gunakan.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Perbedaan Assistant Siri Dan Google Assistant”

Comments are closed.

x