Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet

Kuota adalah salah satu hal penting dari sebuah handphone pintar. Tanpa adanya paket data, rasanya punya handphone pun tiada guna. Tapi begitu punya paket data, kenapa begitu cepat habisnya? Lalu bagaimana Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet.

Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet

Nah, terkadang ketika menggunakan handphone kita bisa memakai paket data secara berlebihan. Untuk itulah di perlukan beberapa Cara menghemat data seluler. Berikut beberapa cara lengkapnya:

Membatasi Penggunaan Data

Sebenarnya, di dalam setiap android mempunyai fitur tersendiri untuk membatasi penggunaan data. Fitur ini yang akan mengingatkan apabila anda telah memakai data terlalu banyak atau melewati batas minimal.

Cara mengaktifkan fitur pembatasan data, untuk menghemat kuota paket internet sebenarnya cukup mudah. Yakni sebagai berikut:

Buka menu pengaturan atau settings
Kemudian pilih opsi koneksi
Dari koneksi, akan ada pilihan Penggunaan Data, tekan itu
Lalu pilih Penggunaan Data Seluler
Dari penggunaan seluler nanti akan ditampilkan aplikasi mana yang memakan data paling banyak. Kemudian ada ikon gir, tekan itu
Di sana nanti akan ada pilihan Atur Peringatan Data dan Atur Batas Data. Aktifkan kedua fitur tersebut.

Nantinya, ketika anda memakai terlalu banyak data internet, maka handphone secara otomatis akan mengirim peringatan kepada Anda. Dan apabila batas data telah terlewati, koneksi internet anda akan di putus secara otomatis.

Lakukan Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Cara menghemat kuota data paket internet selanjutnya adalah ketika update aplikasi saya sarankan hanya lewat Wi-Fi. Sebenarnya handphone selalu memiliki sistem untuk memperbarui perangkat. Biasanya sebulan sekali atau seminggu sekali akan muncul notifikasi untuk pembaruan.

Nah, pembaruan ini banyak menggunakan paket data. Tapi kalau tidak di perbarui, kinerja dari handphone tidak akan berjalan optimal. Cara mengakalinya sangat mudah: cari jaringan Wi-Fi (di kafe, kampus, restoran, atau bahkan di telkom free internet) dan update pembaruanmu aplikasi lewat Wi-Fi tersebut.

Matikan Data saat Tidak Di Gunakan

Beberapa aplikasi bisa berjalan meskipun sedang tidak di gunakan. Terutama aplikasi yang pemberitahuannya di aktifkan. Dan biasanya, aplikasi yang berjalan di belakang layar adalah aplikasi yang menggunakan data seluler. Jika anda tidak mematikan data sambungan internet maka anda tidak bisa menghemat kuota data paket internet.

Oleh karena itu, meskipun anda sedang tidak menggunakan handphone, data seluler tetap berkurang. Untuk mengakalinya, matikan data seluler ketika handphone sedang tidak di gunakan. Misalnya ketika tidur atau ketika anda sedang melakukan kegiatan lain.

Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Chrome adalah salah satu perambah website yang ada di Android. Perambah ini memang bagus, cepat dan lumayan ringan dan aman. Nilai tambahnya adalah ketika anda ingin berselancar di dunia maya, anda dapat menghemat penggunaan data kuota internet dengan mengaktifkan data saver.

Caranya sangat mudah. kamu hanya perlu memasuki menu pilihan dan settings di Chrome. Tekan ikon titik tiga di pokok kanan atas dan pilih setelan dari down menu. Dari sana, kamu bisa mengaktifkan data saver yang ada di Chrome.

Batasi Penggunaan Instagram dan YouTube

Cara menghemat paket data kuota internet selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan YouTube. Aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Messenger tidak memerlukan begitu banyak data ketika di gunakan.

Berbeda dengan YouTube. Aplikasi ini mempunyai konsumsi kuota yang lumayan banyak. Bahkan, jika di lihat dari daftar, penggunaan data akan di dominasi oleh kedua aplikasi ini.

Baca juga : Cara Download Video Di Youtube Dengan Mudah

Cara mengati adalah membatasi pemakaiannya. Tapi, jangan lupa untuk menon-aktifkan pemberitahuan agar aplikasi tidak berjalan di belakang layar

Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Satu lagi aplikasi yang banyak menggunakan kuota data internet adalah fitur Google Maps. Meskipun sedang tidak di gunakan, aplikasi ini akan tetap berjalan dan akan menggunakan banyak kuota internet. Untuk itu, Anda hanya perlu mematikan Maps dan mengubahnya ke mode offline. Caranya adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi maps
Sentuh Search Bar
Geser menu down ke bawah dan pili Save Map to Use Offline, maka Google Maps sudah berubah menjadi mode Offline dan data akan terselamatkan.

Baca juga : Mengenal Fitur Canggih Google Maps

Non-Aktifkan Opsi Sinkronisasi

Beberapa aplikasi juga dapat melakukan penyinkronan data secara otomatis. Dan melakukan penyinkronan ini berarti anda akan kehilangan lebih banyak data. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menon-aktifkan sinkronisasi otomatis.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan dan memilih opsi akun. Dari sana akan ada daftar aplikasi yang melakukan sinkronisasi secara otomatis. Dan non-aktifkan beberapa aplikasi yang ingin anda matikan sinkronisasinya.

Baca juga : Cara Mencari Daftar Paket Internet Axis

Penggunaan kuota tanpa manajemen yang benar akan membuat anda terus-terusan kehabisan data. Data internet juga sesuatu yang membuat kita kecanduan menggunakan handphone. Maka, untuk mengurangi kecanduan, anda perlu mengurangi pemakaian data dengan cara-cara di atas.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x