Cara Mengatasi Notebook Yang Lemot

Mempunyai perangkat berteknologi canggih memang sangat menyenangkan. Apalagi jika memiliki Notebook baru. Wah, makin happy ya! Tetapi, Notebook yang di rasa memiliki ketangguhan ketika bersinergi dengan pekerjaan tiba-tiba lemot itu kenapa ya?. Berikut ini saya menulis Cara Mengatasi Notebook Yang Lemot.

Pada saat ini Notebook sudah menjadi barang elektronik yang banyak di gunakan. Selain ringan dan mudah di bawa kemana-mana, komputer berukuran mini ini mempunyai kinerja yang cukup wah!

Apalagi, kini Notebook telah berubah menjadi perangkat yang perlu di perhitungkan. Dengan kata lain, kinerjanya bisa setara dengan laptop.

Penyebab Notebook Yang Lemot

Apakah Notebook kesayangan pernah ngehang alias lemot. Selain merepotkan pasti dapat membuat kerjaan menjadi terbengkalai. Anda tidak perlu cemas. Ada kok solusinya, tetapi sebelum mengetahui cara mengatasi notebook yang lemot kenali dulu yuk apa sih penyebabnya?

Banyak Aplikasi

Tahukah anda jika menjalankan aplikasi secara bersamaan dapat mempengaruhi kinerja notebook. Karena, kapasitas RAM notebook yang terbatas dan tentu tak mampu menghandle segala mobilitas dalam waktu yang bersamaan.

Kondisi Harddisk

Kondisi harddisk yang telah tua atau usang juga mampu mempengaruhi performa. Nah, ada baiknya jika anda mengganti harddisk lama kamu dengan yang baru. Agar totalitas kerjanya notebook makin terasa.

Selain itu, isi file harddisk yang penuh juga dapat mempengaruhi notebook yang lemot. Bayangkan saja jika satu alat harus mengerjakan banyak performa dalam satu kali waktu. Pastinya kewalahan kan?

Virus

Salah satu penyebab Notebook yang lemot ialah virus. Virus dapat masuk ketika ada aktifitas sending file atau yang lainnya. Makanya, perlu kehati-hatian saat melihat apa sih penyebab notebook tiba-tiba lemot. Identifikasi seperti ini di perlukan agar Cara mengatasi notebook lemot yang anda terapkan memberi hasil yang maksimal.

Membuka Banyak Browser Tab

Jika situs yang anda buka mempunyai opsi auto-refreshing. Nah, mulai sekarang usahakan jangan banyak membuka browser secara bersamaan. Sebab, hal ini dapat menggunakan RAM yang di miliki oleh notebook.

Apalagi jika RAM notebook yang anda miliki hanya kecil. Sehingga tidak mampu menopang kebutuhan. Jika RAM yang di miliki tidak mumpuni, dan di paksakan membuka browser justru akan membuat si notebook lebih cepat rusak.

Jarang Update OS

Pemakai notebook windows atau sejenisnya perlu memperbarui sistem operasi perangkatnya. Di sebutkan, pembaharuan ini dapat mengcover kekurangan yang di miliki oleh si notebook kesayangan Anda. Jika malas update ya jangan panik kalau notebook bakalan lemot!

Nah, anda sudah tahu kan apa sih penyebab notebook lemot? Jika sudah tahu penyebabnya, pasti akan lebih mudah aplikasikan cara mengatasi notebook lemot dengan lebih gampang.

Cara Mengatasi Notebook Lemot Dengan Cepat Dan Mudah

Jika notebook yang anda gunakan sudah parah lemot nya, berikut cara tepat yang dapat anda terapkan agar notebook kesayangan bisa pulih seperti sedia kala.

Ganti Kapasitas RAM

Meski menambah kapasitas RAM tergolong mudah, tapi anda tidak boleh asal update ya! Anda perlu memperhatikan spek RAM termasuk kapasitas optimal yang nantinya bakal di sematkan dalam perangkat notebook.

Uninstall Aplikasi

Jika terlalu banyak aplikasi pasti akan berpengaruh pada kecepatan kinerja notebook. Aplikasi yang overload dapat mengakibatkan kepasitas Drive C sesak dan lama ketika membaca harddisk.

Jika demikian, pilih aplikasi yang tidak terpakai untuk di copot alias uninstall. Karena, aplikasi yang jarang di gunakan hanya akan menguras RAM dan membuat performa notebook lemot.

Bersihkan Bagian Desktop

Meletakkan aplikasi secara berlebihan di bagian desktop termasuk salah satu alasan mengapa notebook bisa menjadi lemot. Bersihkan bagian Desktop, dan pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan saat notebook sedang startup.

Pakai Antivirus

Sudah hal yang wajar terjadi jika notebook lemot bisa di sebabkan oleh virus. Nah, Cara mengatasi notebook lemot dengan cepat ialah menggunakan antivirus. Pilih notebook yang speknya bagus dan mumpuni untuk meng-handle masalah ini. Pakai antivirus sebagai mana mestinya.

Cooling Pad

Meski hal yang sepele, cooling pad nyatanya dapat membantu anda menjaga suhu notebook tetap stabil. Soalnya, notebook yang panas dapat memicu penurunan kinerja yang tidak stabil.

Tukar Memori HDD Dengan SSD

Perlu di ketahui bahwa Harddisk HDD ini mempunyai kecepatan data yang tidak optimal. Namun, Anda dapat menukar atau menggantinya dengan penyimpanan SSD.

Pilah-pilih Aplikasi

Kenali spek notebook anda secara mendetail. Agar, ketika menggunakan aplikasi dapat di sesuaikan dengan RAM juga Spek Prosesor yang notebook anda miliki. Jangan paksakan jika tidak memenuhi spesifikasi notebook anda.

Agar kinerjanya tetap sip. Di samping itu, usahakan hanya membuka aplikasi yang di perlukan. Selain menghemat RAM juga dapat meningkatkan kinerja notebook semakin maksimal.

Pakai Aplikasi Pemacu Kinerja Notebook

Mengatasi notebook yang lemot, bisa meng isntall apk untuk mendongkrak kinerja notebook. Sebagai contoh; Advanced System Optimizer, CCleaner, Razer Game Booster dan yang lainnya.

Cek Dan Lakukan Pembersihan Pada Drive C

Notebook yang sering lemot apabila telah berusia tua atau lama juga bisa menyebabkan turunnya performa notebook. Yang perlu anda lakukan ialah mengecek serta membersihkan drive C. Bisa pula uninstall apk yang di anggap memperberat kinerja notebook.

Terapkan Thermal Paste

Salah satu fungsi Thermal paste ialah dapat menyetabilkan suhu prosesor sehingga tidak mudah panas. Jika kondisi prosesor dingin dan stabil pasti tidak akan ada masalah.

Reset Ulang Windows

Seperti komputer pada umumnya pastinya perangkat software yang di miliki juga berkurang kemampuannya membaca data. Anda dapat mereset ulang bahkan mengganti software dengan yang baru. Untuk mengatasi notebook anda yang lemot.

Baca juga : Cara Mengatasi Keyboard Notebook Yang Tidak Berfungsi

Ketika anda mengalami notebook lemot kepanikan adalah hal pertama yang di rasakan. Apalagi tengah mengerjakan tugas yang penting dan urgent. Jengkel, sebel dan ingin marah pastinya. Tapi, kini anda tidak perlu khawatir lagi kan?

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Cara Mengatasi Notebook Yang Lemot”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x