Tips Belajar Website HTML

Jika Anda ingin belajar membuat website, tetapi bingung harus memulai nya? Tidak usah bingung lagi, ada Tips Belajar Website HTML. Anda bisa memulainya dari HTML dan CSS! Untuk contoh kodenya bisa anda lihat di website indotaxpert. Untuk seorang web developer, HTML dan CSS adalah salah satu dari hal penting yang dipelajari untuk mengembangkan website.

Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas sedikit tentang cara membuat website dengan HTML dan CSS. Yuk, langsung saja baca panduan artikel lengkapnya sampai habis.

Apa Itu Website? 

Website, adalah halaman digital dalam internet yang dapat di akses secara luas dan berisi beberapa halaman yang bermanfaat untuk menghubungkan seseorang dalam wilayah atau daerah yang berbeda.

Terkadang Website, juga di jadikan tempat untuk mempromosikan produk atau jasa sehingga seorang pengguna produk atau jasa tidak perlu datang ke tempat penyedia produk dan layanan jasa. Selain itu, website juga memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti:

Website pribadi
Website berita
Web toko online
Website sekolah
Website perusahaan, dll

Baca juga : Sejarah Dan Jenis Website Yang Perlu Anda Kenali

Jenis website sanga banyak, tergantung fungsi dari website yang di desain itu digunakan untuk apa. Tetapi, banyaknya jenis website yang ada di internet kebanyakan jenis website di atas.

Membuat website ternyata ada banyak caranya salah satunya yaitu dengan menggunakan cara coding dan juga ada yang menggunakan cara instant tanpa menggunakan coding yaitu melalui wordpress atau blogger.

Pada saat ini banyak yang membuat website dengan cara instant tanpa menggunakan coding, tetapi berikut ini saya menulis tips membuat website menggunakan HTML dan CSS.

Tips Belajar Membuat Website Dengan HTML Dan CSS

Sebelum mendesain website dengan HTML dan CSS, Anda harus menyiapkan Text Editor dan Web Browser dahulu. Text editor digunakan untuk menulis kode, sedangkan web browser digunakan untuk mengakses website.

Nah, anda bisa menggunakan Visual Studio Code (VS Code) sebagai teks editornya dan Google Chrome sebagai browsernya. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan tool favorit Anda.

Menariknya, untuk membuat website melalui html dan css, Anda perlu mengikuti 4 cara dan langkah saja, yaitu :

Membuat Struktur Project desain Web

Menambahkan Kode File index.html

Menambahkan Kode pada File style.css

Mengakses Website melalui Web Browser

Banyak sekali website yang menyediakan contoh coding html, salah satunya adalah indotaxpert di salah satu halaman nya memberikan contoh file koding yang di gunakan untuk beberapa jenis website.

Daftar Website Untuk Belajar Ngoding

Ada banyak cara untuk belajar membuat script-script untuk website. Salah satunya adalah belajar di situs yang menyediakan tutorial membuat objek dan fungsi di dalam website.

Belajar di salah satu situs-situs berikut ini gratis, mudah dan tidak repot. Anda tidak harus belajar lewat guru. Tetapi akan lebih baik jika ada pembimbing. Berikut ini adalah daftar website untuk belajar kode HTML, CSS dan PHP.

W3schools.com

W3school adalah website tutorial pemrograman yang paling lengkap dan mudah di gunakan. Karena di website W3school tidak hanya memberikan teori, tetapi juga praktek. Anda bisa langsung mencoba mempraktekkan hasil kode yang di bahas saat itu juga.

CodeAcademy

Code Academy juga memungkinkan anda untuk mempelajari kode HTML dan mempraktekannya saat itu juga. Ada Bahasa pemrograman lain yang dapat dipelajari adalah javascript, Jquery, Python dan Ruby. Cara belajar di Code Academy terstruktur dan praktis.

Codeavengers.com

Pada dasarnya, Code Avengers terfokus pada pembuatan produk Ada tiga tutorial yang bisa anda ikuti disini yaitu Build websites, Build apps, dan Build games. Yang Artinya, di Codeavengers anda dapat membuat website dengan bimbingan melalui dari fitur websitenya.

Teamtreehouse.com

Belajar kode HTML di Teamtreehouse tidak gratis. Karena di Teamtreehouse anda akan dibimbing oleh para professional programmer disana. Jika hanya mencoba, belajar html anda bisa mendaftar secara Free Trial.

Codeschool.com

Di Codeschool, ada 4 kursus kide html yang dapat anda pelajari yaitu HTML/CSS, Ruby, iOS, dan Javascript. Kelebihan Codeschool adalah adanya tutorial melalui artikel dan video, sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

Baca juga : Cara Membuat Website Untuk Google Adsense

Nah itulah tulisan artikel tentang Tips Belajar Website HTML. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam membuat website dengan kode HTML dan CSS.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x