Membuat Iklan Google Ads

Membuat Iklan Google cukup mudah, namun sebelum itu, bagaimana cara membuat Iklan Google? Ini adalah pertanyaan baru dari pengiklan. Untuk beriklan di platform Google Adwords, Anda harus memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun Google Ads, Anda siap menjalankan iklan pertama Anda.

Namun sebelum Anda memulai pemasaran dengan Google Ads, tentunya penting untuk mengetahui beberapa format iklan yang berlaku untuk Google Ads. Format iklan Google Ads yang paling sederhana adalah teks. Artinya, iklan berupa rangkaian kata yang dirancang untuk memikat pengunjung agar membeli suatu produk atau mengunjungi suatu situs.

Tips Sebelum Membuat Iklan Google Ads

Jika Anda tidak ingin membuang-buang uang untuk mempromosikan produk Anda di Google Ads, atau jika Anda khawatir dengan kenaikan biaya iklan, baca tips ini.

Tentukan Tujuan Iklan

Tetapkan sasaran yang jelas saat beriklan dengan Google Ads. Ini sangat penting karena banyak kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang yang menganggap Google Ads sangat efektif tanpa mengetahui dasar-dasar Google Ads. Tujuan beriklan di Google Ads, misalnya, untuk meningkatkan panggilan telepon ke bisnis, meningkatkan traffic situs, atau mendorong orang untuk mengunjungi etalase bisnis (lokasi fisik).

Tentukan Tempat Untuk Beriklan

Google Ads memungkinkan Anda memilih kota tempat iklan Anda ditampilkan. Ini termasuk dalam radius toko tertentu atau seluruh wilayah atau negara (lokal atau global). Memutuskan di mana menempatkan iklan Anda bertujuan untuk menjangkau prospek yang tepat agar iklan Anda efektif. Misalnya kota-kota seperti Jokya, Solo, Jakarta, Pekanbaru dan Bali.

Riset Kata Kunci (Keyword)

Penargetan kata kunci juga merupakan faktor keberhasilan bisnis. Anda harus melakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat (bergantung pada bisnis Anda) dan kata kunci yang digunakan audiens Anda secara luas.

Beberapa alat dapat membantu penelitian kata kunci, termasuk Google Keyword Planner, KWFinder, dan Google Suggest. Tidak yakin bagaimana cara menggunakan ketiga alat ini? Anda dapat membaca artikel ini Cara Mencari Kata Kunci Di Google ads.

Tentukan Anggaran Biaya Iklan

Anggaran iklan Google Ads sangat fleksibel. Dasarkan keputusan Anda pada ukuran perusahaan, ketersediaan anggaran, atau pendapatan. Ingatlah bahwa semakin tinggi biayanya, semakin banyak kunjungan yang Anda dapatkan, dan semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menjual.

Menentukan anggaran biaya untuk bisnis Anda sangatlah mudah. Misalnya, tarif iklan 30 hari sebesar Rp3.000.000 akan menghasilkan anggaran harian sebesar Rp100.000. Dengan persiapan ini, saatnya membuat iklan Anda di situs web resmi Google Ads.

Cara Membuat Iklan Google Ads

Google Ads memiliki banyak urutan pembuatan iklan yang harus dibaca secara berurutan :

Buka website Google Ads

Pertama anda buka website https://ads.google.com/ lalu klik “Mulai Sekarang”

Masukkan Tujuan Campaign

Google menawarkan beberapa tujuan kampanye untuk pembuatan iklan, termasuk penjualan produk, jumlah pelanggan, lalu lintas situs web, pertimbangan produk dan merek, kesadaran dan jangkauan merek, dan promosi aplikasi.

Pilih Jenis Tampilan Google Ads dan klik “Continue”

Google menawarkan lima jenis tampilan Google Ads yang dapat Anda gunakan. Pilih salah satu metode periklanan yang Anda kenal dan sesuaikan dengan anggaran periklanan Anda.

Search Ads: Jenis iklan yang ditampilkan saat pengguna menelusuri kata kunci tertentu.
Display Ads: Jenis iklan yang Anda lihat di situs web tertentu bergantung pada banyak faktor, termasuk kata kunci, lokasi geografis, dan minat pemirsa.
Shopping Ads: Jenis iklan ini menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual.
Video Ads: Jenis iklan ini berbentuk video dan biasanya ditampilkan saat Anda membuka video di YouTube.
Universal APP Campaign: Jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih jenis pengiriman iklan yang sesuai dengan sasaran iklan Anda. Misalnya, di sini kami memilih iklan penelusuran untuk mendorong lebih banyak pengunjung website Nulisartikel.com. Harap masukkan nama website Anda sebelum mengklik tombol Lanjutkan.

Pilih Target Lokasi Dan Bahasa Yang Di Gunakan

Google memberi Anda kemampuan untuk memilih di mana Anda mengiklankan produk dan layanan Anda. Misalnya, jika Anda menyediakan Jasa Event Wedding Di Bali, Anda hanya perlu memilih lokasi bali dan bahasa Indonesia atau Inggris untuk orang asing.

Tentukan Target Audiens

Google juga menawarkan kemampuan untuk menentukan audiens target yang tepat untuk bisnis Anda. Di sini Anda dapat menentukan audiens target Anda sendiri berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi, pendidikan, dll.

Tentukan Anggaran Harian

Tentukan anggaran harian untuk dibelanjakan setiap hari (masukkan jumlah tanpa skor). Anggaran harian Anda bergantung pada BPK kata kunci dan klik harian Anda. Secara alami, semakin banyak pencarian yang Anda lakukan setiap hari, semakin tinggi BPK Anda jika Anda memilih banyak kata kunci yang kompetitif. Pertama, Anda dapat menetapkan anggaran kecil (lihat seberapa baik iklan yang Anda buat bekerja).

Tentukan Bidding

Tawaran Anda adalah biaya yang Anda keluarkan atau biaya per klik pada iklan Anda. Ada dua opsi untuk menetapkan tawaran Anda. Pertama, percayakan Google untuk menentukan nilai klik Anda. Sistem melihat tingkat persaingan, jumlah pengiklan dalam kategori yang sama dalam area jangkauan Anda menggunakan kata kunci Anda.

Kedua Anda dapat memasukkan nilai yang Anda bayar per klik. Jika Anda memasukkan denominasi yang lebih rendah, Anda akan melihat sangat sedikit iklan. Terlalu besar dan anggaran harian Anda akan cepat habis. Untuk amannya, pilih opsi pertama (serahkan nilai klik ke Google). Tapi itu semua tergantung keinginan Anda.

Tambahkan Informasi Lain Mengenai Bisnis Anda

Untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik, Anda dapat memberikan informasi tambahan seperti jejaring sosial mana yang Anda gunakan, nomor telepon, atau lokasi bisnis Anda. Kemudian klik Simpan dan Lanjutkan.

Masukkan Kata Kunci Yang Di Gunakan

Google juga memberikan contoh kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Jangan lupa klik tombol “Simpan dan Lanjutkan” untuk langkah selanjutnya. Baca juga : Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi

Buat Tampilan Iklan

Buat judul dan deskripsi untuk iklan Anda dengan mengisi beberapa kolom yang disediakan oleh Google. Isi jud dan Diskripsi sesuai dengan iklan Anda. Klik Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Siapkan Cara Pembayaran

Ini adalah langkah terakhir sebelum menempatkan iklan Anda di Google Ads. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pembayaran Anda. Namun, ada beberapa poin penting yang perlu diingat.

Negara dan Zona Waktu (Billing Country and Time Zone)
Pilih negara penagihan Indonesia sehingga Anda dapat membayar dalam mata uang Rupiah (IDR). Kemudian pilih zona waktu yang sesuai untuk memastikan bahwa iklan Anda ditampilkan sesuai dengan zona waktu yang dipilih.

Info Pelanggan (Customer Info)
Pilih jenis rekening ‘Perorangan’ untuk kemudahan penggunaan dan pilih informasi pajak ‘Perorangan’ (masukkan nomor NPWP Anda jika tersedia). Kemudian masukkan nama, alamat, dan detail kode pos Anda.

Cara Pembayaran (How You Pay)
Untuk pembayaran, bisa “otomatis” atau “manual”. Otomatis membutuhkan kartu kredit, sedangkan manual memungkinkan Anda mentransfer uang melalui mobile banking atau ATM.

Seperti disebutkan di atas, pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit atau transfer bank. Anda nantinya dapat mengirim uang ke nomor rekening yang disediakan oleh Google Ads. Metode pembayaran otomatis menggunakan kartu kredit dan saldo dimasukkan secara instan. Namun, pembayaran transfer bank manual biasanya memakan waktu beberapa jam.

Baca juga : Tips Hemat Dana Ketika Iklankan Di Google Ads

Centang Persetujuan

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas satu per satu. Kemudian tinjau perjanjian (Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google Ads) dan klik tombol Kirim. Anda kemudian akan menerima formulir klaim iklan.

Harap jadwalkan ulang berdasarkan anggaran harian yang Anda berikan. Misalnya, jika anggaran harian Anda adalah Rp 100.000 per hari dan Anda ingin iklan Anda berjalan selama sebulan, jumlah yang harus Anda transfer adalah Rp 3.000.000.

Baca juga : Tips Mempromosikan Penjualan Dengan Google Ads

Setelah Anda membayar tagihan, iklan Anda akan ditampilkan jika disetujui oleh Google Ads. Artikel ini menguraikan langkah-langkah untuk beriklan di Google. Semoga ini membantu.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x