Cara Membuat Akun Tiktok

Cara membuat akun TikTok tidaklah sulit. Anda juga dapat menggunakan berbagai akun media sosial, ataupun nomor telepon dan alamat email. Dengan begitu, kamu bisa langsung menikmati berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh TikTok.

Saat ini, aplikasi yang berasal dari China ini sudah menjadi salah satu media sosial yang banyak di gunakan oleh anak muda.

Bahkan hampir semua orang pun membuat video TikTok. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya menggunakan aplikasi dengan format video pendek ini.

Cara Membuat Akun TikTok

Aplikasi format video singkat ini di tujukan untuk pembuat konten generasi milenial. Anda bisa menggunakan berbagai efek unik, berimajinasi, dan berkereativitas dengan bebas, lalu mengirimkannya pada teman-teman dan dunia luar. Untuk menyiapkan akun TikTok berikut caranya :

Unduh TikTok di Google Play atau App Store.

Buka aplikasi Tiktok.

Ketuk Profil di kanan bawah.

Pilih opsi pendaftarannya. Anda dapat menggunakan akun Facebook, Twitter, Instagram, atau Google untuk mendaftar di TikTok.
Anda juga dapat menggunakan Sign Up With Phone or Email jika ingin menggunakan nomor Handphone atau email, bukan akun media sosial.
Masukkan tanggal bulan, dan tahun kelahiran, lalu tabs Continue.
Tentukan cara menerima konfirmasi, pilih melalui handphone atau surel. Sentuh opsi yang di inginkan di bagian atas, lalu masukkan nomor Handphone atau alamat e-mail untuk menerima konfirmasi.
Masukkan kode konfirmasinya. Carilah kode konfirmasi di kotak email atau SMS verifikasi, lalu masukkan di sini untuk mengonfirmasi akun.
Buatlah kata sandi untuk akun baru. Lalu sentuh Confirm untuk menyimpannya.
Sentuh dan centang kotak I’m not a robot. Setelah diverifikasi, halaman feed beranda Anda akan di tampilkan.

Cara Membuat Akun Tiktok Menggunakan Media Sosial

Membuat akun tiktok dapat menggunakan nomor telepon, alamat email, atau menggunakan akun media sosial lainnya. Di playstore Tiktok telah di unduh lebih dari dua miliar kali secara global.

Seperti yang telah di tulis, cara membuat akun TikTok tidaklah sulit. Ada beberapa cara membuat akun Tik Tok yang sangat mudah diterapkan, yaitu:

Menggunakan Nomor Handphone

Cara membuat akun TikTok yang pertama adalah menggunakan nomor Handphone. Caranya sangat mudah, tinggal “Daftar menggunakan Nomor Telepon”, lalu pilih “Telepon”. Lalu tulis nomor Handphone dan kode konfirmasi yang telah anda terima.

Menggunakan Akun Facebook

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun Facebook. Caranya dengan, pilih ikon “Facebook”, lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun Facebook sebagai cara membuat akun TikTok.

Menggunakan Akun Instagram

Cara membuat akun TikTok berikutnya dengan menggunakan akun Instagram. Banyak video di TikTok juga banyak di share ke Instagram. Tidak heran, jika anda juga dapat mendaftar menggunakan akun Instagram.

Caranya cukup mudah, pilih ikon “Instagram”, lalu masukkan informasi akun Instagram Anda untuk bergabung menggunakan Instagram.

Menggunakan Akun Twitter

Menggunakan akun Twitter juga dapat di gunakan untuk membuat akun TikTok. Caranya juga sama, tinggal pilih ikon “Twitter”, lalu masukkan informasi akun Twitter anda untuk bergabung di Tiktok.

Menggunakan Alamat Email

Cara membuat akun TikTok berikutnya dengan menggunakan alamat email. Caranya sebagai berikut “Daftar menggunakan Nomor Handphone atau Email”, lalu pilih “Email”. Masukkan alamat email anda, lalu buat nama pengguna dan kata sandi.

Perlu di ketahui bahwa jika daftar menggunakan alamat email dan nomor telepon. Maka dapat di gunakan untuk memperoleh kembali kata sandi, jadi sebaiknya gunakan email atau nomor telepon yang aktif.

Menggunakan Akun Line

Cara membuat akun TikTok berikutnya dapat menggunakan akun Line. Caranya adalah anda pilih ikon “Line”, lalu masukkan informasi akun Line anda untuk bergabung di Tiktok.

Menggunakan Akun VK

Cara membuat akun TikTok yang lain adalah dengan menggunakan akun VK. Caranya dengan, pilih ikon “VK”, lalu masukkan informasi akun VK untuk daftar di Tiktok.

Menggunakan Akun KakaoTalk

Cara membuat akun TikTok yang terakhir adalah menggunakan akun KakaoTalk. Caranya pilih ikon “KakaoTalk”, lalu masukkan informasi akun KakaoTalk.

Cara Optimasi Akun Tiktok

Setelah memiliki akun TikTok, sebaiknya anda mengatur profil terlebih dahulu agar terlihat menarik. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah foto profil dan nama pengguna.

Mengubah Foto atau Video Profil

Untuk mengubah gambar profil, anda dapat mengikuti cara berikut ini :

Buka halaman profil lalu pilih “Sunting Profil”

Pilih “Foto Profil” atau “Video Profil”

Lalu pilih foto baru atau unggah gambar/video dari galeri.

Selain itu, di halaman yang sama anda juga dapat mengubah nama pengguna, nama panggilan, ID Instagram, saluran YouTube, hingga deskripsi profil.

Mengubah Nama Pengguna

Untuk mengubah nama pengguna, Ikuti langkah-langkah berikut ini :

Buka profil, lalu pilih “Sunting Profil”

Pilih nama pengguna.

Lalu masukkan nama pengguna yang anda inginkan.

Setelah membuat akun TikTok dan mengatur profil anda dapat membuat berbagai video dengan fitur-fitur menarik. Anda juga dapat menambahkan berbagai efek pada videomu, hingga menggunakan filter warna yang sangat menarik.

Tips Ketika Membuat Akun Tiktok

Setelah mengetahui cara membuat akun TikTok, terdapat beberapa tips agar proses monetisasi Anda berjalan lancar dan lebih maksimal. Apa saja tipsnya? Mari kita bahas.

Tetapkan Niche Akun

Minat akun TikTok berpengaruh besar pada pendapatan followers. Apalagi jika Anda menggunakan cara Sponsored Content Post, jasa pengelola akun, dan jual beli akun.

Dengan menentukan niche atau topik konten, maka Anda bisa mengoptimasi akun dengan lebih spesifik. Misalnya, kuliner, teknologi, dll.

Terdapat beberapa cara agar niche akun lebih spesifik, yaitu:

Tulis minat di bio profil
Tonton video dengan niche yang sama
Saling follow dengan pengguna TikTok
Buat video seputar topik yang di inginkan
Gunakan hashtag yang sesuai dengan niche
Lakukan challenge viral yang di sesuaikan dengan topik Anda.

Jika Anda menekuni satu niche, kemungkinan akun anda dapat masuk FYP akan semakin besar dan dapat menjaring followers yang di butuhkan.

Di bandingkan dengan minat niche yang umum, akan lebih sulit masuk FYP. Views juga kemungkinan sedikit dan leads yang di dapatkan juga tidak banyak.

Setting Target

Setelah menentukan niche akun Anda, saatnya setting target pemasukan.

Anda dapat menggunakan kalkulator uang TikTok yang tersebar di internet. Contohnya seperti TikTok Money Calculator dari Influencer Marketing Hub.

Jika Anda seorang TikToker, Anda dapat menggunakan money calculator untuk dapat menentukan range harga endorsement.

Jika Anda seorang agensi influencer, money calculator dapat membantu untuk memperkirakan biaya endorsement para TikToker.

Semuanya dapat memperkirakan persentase engagement rate akun Anda dan pendapatan dari TikTok. Inilah salah satu poin apakah akun TikTok dapat menghasilkan uang bagi Anda atau tidak.

Optimasi Konten Agar Masuk FYP

FYP atau For You Page adalah salah satu dari rekomendasi konten pada homepage user saat pertama kali membuka aplikasi.

Keuntungan dari masuknya video ke FYP adalah konten dapat di lihat banyak orang, sehingga like dan jumlah tayang dapat meningkat.

Namun agar konten video tiktok anda masuk FYP, Anda perlu menerapkan tips-tips berikut ini :

Membuat Konten Yang Sedang Trend.

Karena FYP muncul secara otomatis berdasarkan popularitas. Anda dapat mengemas video yang sedang trend dengan niche konten, di edit sesuai ciri khas akun Anda, dll.

Menulis Caption Dengan Tepat.

Agar TikTok “melihat” konten Anda sesuai dengan trend atau kata kunci. Buatlah caption semenarik mungkin dan interaktif dengan para viewer. Misalnya, seperti pertanyaan atau tantangan, dll.

Menggunakan Musik Yang Sedang Populer.

Walau video singkat kurang semenit, tetapi cara inilah yang paling mudah untuk viral. Anda dapat menggunakan musik yang sesuai dengan konten.

Gunakan Hashtag Yang Sesuai.

Hashtag dapat membantu video Anda mudah di temukan pada fitur pencarian. Anda juga dapat menyertakan hashtag seperti #foryoupage #FYP atau #foryou agar sistem algoritma TikTok dapat mendeteksi konten video Anda.

Buat Konten Yang Memancing.

Konten yang membuat penasaran dapat memungkinkan rating video Anda meningkat dan masuk FYP. Misalnya konten step by step video, tutorial, duet atau kolaborasi dengan kreator lain, dll

Interaktif.

Saling berkomentar, memberi like, dan follow pada konten yang masuk FYP adalah cara yang baik untuk memulai interaksi.

Hal ini juga dapat membangun komunikasi ke sesama user agar akun Anda memiliki engagement yang sangat kuat.

Meningkatkan Followers

Hal terpenting agar monetisasi TikTok berhasil cepat adalah dengan meningkatkan followers.

Namun jika anda membeli follower bukanlah suatu jawaban yang benar. Karena belum tentu Anda bisa mendapatkan engagement rate yang selaras dengan jumlah follower.

Nah, solusi cara cepat agar dapat duit dari TikTok adalah mendapatkan follower organik di TikTok. Caranya yaitu:

Menemukan Niche Konten.

Hal ini bertujuan untuk meraih dan mengumpulkan follower dengan minat yang sama secara spesifik. Sehingga Anda dapat menerima informasi yang bersifat komersial, seperti Sponsored Content Post, dll

Mengupload Video Menarik.

Edit video Anda sebelum di posting. Misalnya, dengan menambahkan potongan musik, thumbnail video, subtitle, kualitas video jernih, transisi video yang rapi, dll.

Konsisten.

Trend di TikTok selalu berubah, cobalah sesuatu niche atau cara baru dan mengikuti trends dengan konsisten. Dan rutin membuat konten TikTok, misalnya tiga kali sehari, sehingga viewer dapat meningkat.

Optimasi Profile TikTok.

Saat seseorang tertarik melihat konten Anda, maka pengunjung akan tertarik untuk berkunjung ke profil Anda. Maka, lengkapi profil Anda dengan foto, nama asli, username yang mudah di ketik atau di baca, dan bio profile secukupnya yang menggambarkan diri Anda.

Mengikuti Challenge Viral.

Ada banyak challenge viral di TikTok. Karena viral, maka membuat banyak saingan, jadi Anda dapat bereksperimen dengan mengikuti challenge viral dengan ciri khas Anda.

Kolaborasi.

TikTok mempunyai fitur stitch agar Anda dapat duet dengan konten TikTok lain. Cara ini dapat di gunakan agar konten Anda tidak monoton dan juga menambah engagement dengan user lain.

Upload Ke Media Sosial Lain.

Di Instagram, banyak sekali konten-konten TikTok. Anda dapat share atau memposting ulang konten TikTok di media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, atau youtube.

Upload Di Jam Prime Time.

Konten video Anda akan sia-sia jika tidak banyak yang di tonton. Salah satu kesalahan paling umum adalah mengupload di luar jam prime time. Sekitar jam makan siang dan jam sebelum tidur.

Setiap platform media sosial sebenarnya dapat di gunakan untuk menambah pemasukan. Begitu juga dengan TikTok yang kurang lebih sama dengan yang lain.

Anda dapat menghasilkan uang dari TikTok, yaitu dengan TikTok marketing, agensi influencer, sponsored content post, donasi, jasa pengelola akun dan jual beli akun.

Sampai di sini pun Anda paham cara monetisasi dan membuat TikTok agar makin mantap. Misalnya, menentukan niche akun, men-setting target, mengoptimasi konten, hingga meningkatkan followers.

Baca juga : Cara Mengatasi Tiktok Error

Itulah tulisan artikel tentang Cara Membuat akun TikTok. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari cara meningkatkan followers Tiktok Anda.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x