Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Laptop adalah salah satu kebutuhan penting mahasiswa untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar di Kampus. Laptop dengan spesifikasi tinggi tentu akan memudahkan mahasiswa mengerjakan tugas. Berikut ini Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa.

Sebetulnya, banyak sekali pilihan laptop yang dapat di gunakan untuk mahasiswa kuliah online, akan tetapi kadang sebagian mahasiswa memerlukan spesifikasi khusus untuk menunjang kegiatan kuliah onlinenya.

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Untuk menunjang kegiatan kuliah, mahasiswa sering bingung memilih laptop dengan spesifikasi khusus. Anda dapat memilih laptop untuk mahasiswa. Mengingat software yang di gunakan sering membutuhkan spesifikasi tinggi.

Pilihlah CPU Dan Memori Sesuai Software Yang Dibutuhkan

Laptop yang dapat di gunakan untuk mahasiswa adalah dengan mempertimbangan software untuk kepentingan kuliah. Seperti mahasiswa pada umumnya biasanya menggunakan laptop untuk membuat laporan, perhitungan rumit, dan mengoperasikan software seperti CAD.

Agar tidak salah memilih laptop untuk mahasiswa, maka laptop yang akan digunakan harus memuat spesifikasi yang diperlukan tersebut, yaitu :

Core i5 Memori 8 GB, Untuk Pemrograman Dan Software Analisis.

Untuk menganalisis data saintifik mahasiswa sering menggunakan software MATLAB. Memiliki laptop untuk mahasiswa dengan spesifikasi yang mendukung kerja software akan memudahkan kelancaran dalam mengerjakan tugas.

Adapun memilih laptop yang di rekomendasikan untuk mahasiswa pengguna MATLAB adalah CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. Kemudian ada juga alternatif lain dengan menggunakan laptop berprosesor AMDX86-64 dengan memori 8 GB. Dengan menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi ini dapat membuat pemrograman dan software berjalan lancar.

Core i7 Memori Minimal 8 GB Untuk Mengoperasikan CAD

Software CAD yang di gunakan oleh mahasiswa jurusan teknik atau arsitektur tentunya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi supaya bisa di operasikan. Menggunakan laptop untuk membuat planar figure pada software 2D CAD perlu CPU Core i5 memori 8 GB.

Pada 3D CAD gunakan CPU Core i7 atau lebih dengan memori minimal 8 GB supaya dapat menggambar desain grafis 3 dimensi. Hal ini di butuhkan agar software dapat bekerja dengan optimal. Jika perlu, pilihlah salah satu laptop yang di lengkapi graphic board sebagai pendukung kinerjanya.

Core i3 Dengan Memori 4 GB Untuk Membuat Tugas Laporan

Laptop untuk mahasiswa untuk di gunakan membuat tugas laporan, pilih laptop dengan spesifikasi CPU 3i dan memoeri 4 GB. Meskipun hanya memiliki software office tetapi tetap di perhatikan spesifikasinya agar ketika mengerjakan tugas lancar. Jadi, jangan memilih laptop spesifikasi rendah.

Ketika mengerjakan tugas kadang memerlukan Excel untuk mengolah data dan membuat grafik. Lalu menggunakan Word untuk mengetik laporan atau menggunakan PowerPoint saat presentasi.

Namun, penggunaan secara bersamaan pada laptop spesifikasi rendah akan terkendala dalam pengoperasian. Sehingga kinerja software tidak dapat maksimal. Pada intinya, pilihlah prosesor Core i3 dan i5 memori 4 GB sebagai penunjang kelancaran.

Baterai Berdaya Tahan Tinggi

Baterai sering tidak bisa bertahan lama ketika dalam perkuliahan, memilih laptop untuk mahasiswa yang berukuran 13 inci hingga 15 inci. Laptop yang berukuran itu mudah di bawa dan baterai pun dapat bertahan 7 jam hingga 14 jam.

Pilih Laptop Ber-HDMI Untuk Presentasi

Salah satu kegiatan perkuliahan adalah untuk mempresentasikan tugas. Untuk mendukung presentrasi di perlukan laptop yang di lengkapi dengan terminal HDMI sehingga dapat menggunakan monitor eksternal. Menggunakan HDMI, laptop cukup kompatibel dengan sebagian besar proyektor.

Memilih Ukuran Laptop Sesuai Kebutuhan Mahasiswa

Apabila anda seorang mahasiswa memilih sering membawa laptop dalam perkuliahan tentunya laptop untuk mahasiswa harus model yang compact dan beukuran kecil.

Namun, laptop yang memiliki ukuran kecil kurang mendukung pengoperasian software tertentu. Untuk itu, ukuran laptop yang di pilih bergantung pada tujuan dan kebutuhan masing-masing.

Untuk menulis dan kalkulasi pilih laptop yang memiliki ukuran 13,3 inci yang ringan. Laptop ukuran 13,3 inci setara kertas B5, sehingga ketika di gunakan untuk mengetik dan menghitung lebih dari cukup. Lalu, ukuran 15,6 inci untuk CAD dan pemrograman dengan full HD akan bekerja lebih efisien.

Baca juga : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Demikian cara yang harus di perhatikan ketika memilih laptop untuk mahasiswa agar memudahkan serta memperlancar kegiatan perkuliahan.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

2 thoughts on “Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x