Gaji Seorang Digital Marketer

Ingin menjadi ahli pemasaran digital? Jika demikian, Anda memilih posisi yang tepat! mengapa? Posisi digital marketer saat ini banyak di cari oleh banyak perusahaan. Baik itu startup ataupun perusahaan yang sudah berdiri sejak lama. Mengapa banyak perusahaan mulai menemukan spesialis pemasaran digital? Lalu berapa Gaji Seorang Digital Marketer.

Saat ini, banyak perusahaan bepergian secara online dan offline. Pelanggan mereka berubah dan lebih suka membeli produk secara online. Selain itu, transaksi online menjadi semakin membengkak karena trend teknologi informasi yang sedang berlangsung. Ini adalah pekerjaan yang bisa dip elajari siapa saja, jadi Anda perlu mengetahuinya.

Baik Anda seorang akuntan, guru, pekerja keras, atau ibu rumah tangga! Mengapa digital marketing tidak hanya di peruntukkan bagi lulusan marketing saja, jadi jika Anda ingin mengubah karir dari pekerjaan Anda saat ini menjadi digital marketing, Anda tetap bisa melakukannya.

Untuk itu, artikel ini akan menyelami digital marketing, mulai dari pengertian, tantangan digital marketing, gaji digital marketing, dan lainnya. Sebelum terjun ke pembahasan tantangan digital marketing dan gaji, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Pengertian dasar dari digital marketing adalah proses memasarkan atau mempromosikan sebuah brand atau produk dengan menggunakan media digital atau internet. Tujuan utama pemasaran digital adalah untuk lebih cepat memengaruhi dan melibatkan konsumen dan pelanggan potensial.

Contoh Pekerjaan Digital Marketing

Seperti yang Anda ketahui, adaptasi teknologi internet di masyarakat terjadi dengan sangat cepat dan di mana-mana. Maka tidak heran jika aktivitas digital marketing menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan start-up dan mapan. Contoh teknik pemasaran yang bisa di kategorikan sebagai Digital Marketing di antaranya adalah:

Periklanan Online (Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, dll)
SEO atau Search Engine Optimization
Email marketing
Mobile apps marketing
Key Opinion Leader (KOL)
Billboard Elektronik

Dengan begitu banyak saluran digital marketing yang dapat di pilih, bisnis dapat bersaing dengan membuat konten yang paling menarik untuk menarik pelanggan dan calon pelanggan di dunia maya.

Baca juga: Cara Membuat Portofolio Untuk Melamar Pekerjaan

Apa Dan Siapa Itu Digital Marketer?

Hal penting lain yang perlu di ketahui setelah mempelajari apa itu digital marketing adalah digital marketer. Yaitu seseorang yang memiliki keterampilan untuk mengatur, mengelola dan memahami bidang, mulai dari media digital hingga berbagai kegiatan pemasaran yang sedang atau akan di lakukan.

Faktanya, pemasar digital bertanggung jawab untuk menciptakan merek untuk produk yang di hasilkan perusahaan mereka. Hal ini di lakukan dengan beberapa cara, mulai dari meningkatkan kesadaran merek konsumen dan kesadaran merek hingga konversi dan menghasilkan pendapatan. Hal-hal ini di lakukan dengan menggunakan berbagai saluran digital seperti media sosial, email, situs web, dan aplikasi.

Baca juga: Browser Tambahan Untuk Mempermudah Marketing

Tugas Seorang Digital Marketer

Tanggung Jawab Pemasar DigitalHarus mengerti dan menjelaskan apa itu pemasaran digital. Sekarang mari beralih ke tugas pemasaran digital yang di lakukan pemasar digital. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, pemasar digital harus dapat menjangkau pelanggan dan prospek melalui jalur online. Karena channel digital marketing itu begitu banyak, maka dapat di bagi dalam beberapa job description. Berikut beberapa tanggung jawab seorang Digital Marketer:

Content Marketing

Anda bertanggung jawab untuk membuat konten berkualitas untuk memfasilitasi akses pengguna ke informasi tentang produk dan layanan yang di tawarkan sesuai dengan kemampuan anda miliki seperti menulis, edit foto atau video. Konten memainkan peran penting dalam pemasaran media sosial. Perlu di ingat bahwa konten yang Anda buat harus relevan dengan target pasar Anda. Jadi konten Anda memiliki keterlibatan yang kuat

Baca juga: Cara Menulis Copywriting Yang Benar

Social Media Marketing

Tantangan tugas seorang digital marketer adalah menjangkau target pasar Anda melalui platform media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dll. Pemasaran media sosial juga berperan dalam kesadaran merek terhadap produk dan layanan yang anda tawarkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Tugas Seorang Digital Marketer selanjutnya adalah membangun kesadaran merek melalui blog Anda yang bertanggung jawab atas pembuatan konten blog, pengoptimalan kinerja situs web, dan penelitian kata kunci mesin pencari.

Pengiklan Online (Online Ads)

Lalu tugas penting seorang digital marketer adalah mempromosikan produk dan layanan mereka melalui saluran online yang tersedia seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads. Tujuannya adalah untuk menjangkau orang dengan akurasi tinggi.

Baca juga: Strategi Email Marketing Untuk Iklan

Berapa Gaji Seorang Digital Marketer?

Setelah anda mengetahui apa itu pemasaran digital dan peran pemasar digital. Nah kali ini kita akan membahas tentang gaji digital marketer. Menurut Tren dan Gaji Pekerja Digital di Indonesia, di bawah ini adalah (perkiraan gaji untuk pemasar digital).

Manager Digital Marketing : Rp 12.000.000 sampai Rp 18.000.000
Specialist Digital Marketing : Rp 6.000.000 sampai Rp 10.000.000
Staff Digital Marketing : Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000
Analyst Digital Marketing : kurang lebih Rp 10.000.000

Nah itulah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital Marketing. Bila di bedakan berdasarkan jenis pekerjaan yang di terima seorang digital marketer, berikut rincian gaji digital marketer:

SEO Digital Marketing Specialist: Rp 6.000.000 sampai Rp 10.000.000
Social Media Digital Marketing Speciaslit: kurang lebih Rp 7.000.000
Content Digital Marketing Strategist: Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000
E-Commerce Digital Marketing Specialist: Rp 6.000.000 sampai Rp 7.000.000
Content Marketing Manager: Rp 10.000.000 sampai Rp 12.000.000
Paid Media Specialist: Rp 6.000.000 sampai 12.000.000
Pay-Per-Click Analyst: Rp 4.400.000 sampai Rp 6.500.000
Email Marketing Specialist: Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000

Baca juga : Cara Membuat Konten Digital Marketing

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, digital marketer sangat di butuhkan di Indonesia mengingat perkembangan teknologi digital yang ada. Juga, mengapa Anda harus memilih pemasaran digital untuk karir Anda karena bidangnya sangat beragam. Pasalnya, semakin banyak platform yang akan di kembangkan, sehingga peluang kerja tambahan dan gaji yang menggiurkan di bidang ini juga akan meningkat.

Alasan lainnya adalah gaji yang Anda terima cukup lumayan. Sebagaimana di rinci di bagian sebelumnya, gaji umum dan khusus pekerjaan pemasaran digital kuat di bandingkan dengan area lain. Anda bisa terus berkembang. Dengan jangkauan seperti ini dalam pemasaran digital, Anda bisa belajar banyak sekaligus jika ingin memulai karir. Oleh karena itu, pemasaran digital termasuk dalam bidang yang tidak monoton karena terus mempelajari hal-hal baru setiap hari.

Cara Menjadi Seorang Digital Marketer?

Jika Anda sudah membaca sejauh ini, Anda mungkin sangat tertarik untuk menjadi pemasar digital. Anda bisa pergi dengan dua cara. Pertama, Anda dapat belajar sendiri menggunakan kursus online. Metode ini memakan waktu dan kurang arah. Atau, cara kedua yang mudah untuk belajar dengan seorang mentor dan mendapatkan tawaran pekerjaan setelah lulus dengan materi yang di rancang untuk mereka yang tidak memiliki gelar pemasaran.

Jika anda seorang yang pintar menganalisa kesalahan, Anda dapat menggunakan cara belajar ototidak melalui tutorial di website dan di YouTube, karena banyak yang telah menulis tutorial menjadi seorang Digital Marketer di internet. Saya sarankan ketika belajar secara otodidak gunakan alat Semrush. Tetapi jika anda sulit mengerti dan menyelesaikan masalah anda dapat mencari jasa belajar digital marketing.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x