Cara Menulis Copywriting

Apakah Anda ingin cara menulis copywriting yang dapat membantu Anda menjual lebih banyak produk dan layanan yang Anda tawarkan? Jika iya, mari simak di bawah ini cara membuat copywriting yang menarik. Copywriting adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Tujuan utama dalam copywriting untuk copywriter (orang dengan pengalaman menulis) adalah membuat orang melakukan tindakan seperti membeli produk atau layanan, memasukkan alamat email, mengirim email, menyumbangkan uang, mengklik tombol tertentu, dll.

Selain membantu Anda menjual lebih banyak produk dan layanan, copywriting memiliki manfaat lain, seperti membangun citra merek yang hebat dan mempertahankan pelanggan.

Baca juga : Apa Itu Copywriting Skill

Tujuan Menulis Copywriting

Masalahnya, informasi yang mendorong Anda untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa biasanya adalah copywriting. Mengetahui teknik penulisan di atas akan membuat tulisan Anda jauh lebih mudah. Jika menurut Anda copywriting jenis ini hanya terbatas pada billboard dan iklan media sosial, Anda salah. Ada begitu banyak jenis tulisan hari ini yang mungkin Anda temui tanpa menyadarinya.

Video promo di youtube berbentuk skrip
Iklan suara di layanan streaming musik
Artikel di halaman website

Cara Menulis Copywriting Yang Benar

Tulisan yang baik membuat produk atau jasa Anda lebih menarik. Selain itu, Anda tidak perlu menggunakan kalimat panjang untuk memiliki copywriting yang bagus. Copywriting ini dapat di gunakan untuk di platform video, media sosial, email. Nah, cari tahu cara membuat copywriting yang menarik di bawah ini.

Memahami Produk Yang Di Tawarkan

Jika Anda ingin pelanggan potensial Anda mengambil tindakan membeli atau mengkonsumsi layanan yang Anda tawarkan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui produk atau layanan mana yang ditawarkan secara memadai. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih dengan cermat produk yang ingin Anda jual.

Mulai dengan deskripsi dan manfaat calon pelanggan yang akan menggunakan atau membeli produk Anda, dan target pasar Anda (usia, jenis kelamin, rekreasi, letak geografis). Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan kelebihan dan kekurangan produk yang Anda tawarkan. Ini membantu mempermudah untuk menentukan formula yang tepat untuk membuat produk lebih baik.

Tentukan Jenis Platform Copywriting

Langkah lain untuk memulai copywriting adalah menentukan jenis copywriting yang Anda inginkan. Misalnya, video promosi Youtube, artikel online, iklan media sosial, dll. Karena semua jenis kalimat memiliki panjang huruf dan kata yang berbeda. Misalnya saat menggunakan tulisan video, tergantung panjang videonya, jumlah kata yang digunakan bisa cukup banyak, hingga beberapa halaman.

Di sisi lain, jika Anda ingin melakukan copywriting media sosial, Anda tidak ingin terlalu banyak kata. Misalnya, di Instagram, Anda harus menulis maksimal 150 kata untuk menulis copywriting. Jika Anda ingin menulis papan reklame, sebaiknya gunakan kurang dari 10 kata.

Buat slogan yang menarik
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat copywriting adalah dengan membuat yang menarik. Slogan tersebut bisa kamu sisipkan dalam bentuk hashtag di semua jenis tulisan copywriting yang kamu buat, baik di youtube, media sosial, atau baliho. Beberapa contoh slogan yang biasanya digunakan, yaitu #BerPijar, atau #MulaiSekarang.

Gunakan Kalimat Yang Singkat Dan Jelas

Salah satu tantangan terbesar seorang copywriter adalah harus membuat kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Karena rata-rata calon konsumen hanya tertarik untuk melihat atau mendengarkan promosi suatu produk kurang dari 10 detik. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar bisa membuat kalimat yang sepadat mungkin namun tetap bisa menarik perhatian calon konsumen.

Gunakan kata yang sederhana Apapun jenis tulisan copywriting yang akan digunakan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pemilihan kata yang sesederhana mungkin dan dapat di mengerti oleh banyak orang ya. Karena menggunakan kata yang sederhana akan membuat produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih terlihat menarik dan berkesan.

Tulis kata yang bisa membuat seseorang merasa tersentuh terkadang membuat tulisan yang menyentuh perasaan seseorang akan lebih berkesan dan menarik lebih banyak konsumen. Selain itu, menuliskan kata-kata yang menyentuh juga bisa membuat konsumen merasa terikat dan tidak akan berpaling ke produk yang lain.

Tuliskan kata-kata yang seolah membujuk calon konsumen untuk melakukan suatu tindakan. Karena, salah satu tujuan utama copywriting adalah membujuk calon konsumen melakukan suatu tindakan. Oleh karena itu, di akhir tulisan copy yang anda tulis kata yang membujuk calon konsumen, misalnya “Yuk tunggu apa lagi, segera gunakan produk ini” atau “Jangan buang kesempatan ini ya”.

Fokus Pada Manfaat Produk

Ini adalah salah satu prinsip copywriting yang perlu di ingat. Beberapa orang mungkin terlalu terganggu oleh spesifikasi produk untuk peduli. Cantumkan manfaat produk Anda. Manfaat suatu produk mungkin tidak dapat dipahami hanya dengan mengevaluasi fitur-fiturnya. Sebagai contoh:

Jasa Iklan Banner Berkualitas
Jasa Backlink Murah Berkualitas
Lalu Jasa Guest Post Backlink Murah

Sekilas, ini tampak seperti judul yang sempurna untuk menawarkan jasa promosi iklan. Ketiga judul tersebut satu layanan tetapi berbeda dalam cara menggunakannya. Jika anda masih bingung coba baca artikel tersebut dan pahami isi artikelnya. Pasti anda akan percaya satu layanan tetapi beda artikel penyampaian nya.

Ini sering di sebut double binding? Double binding adalah memberikan penawaran semu. Seolah-olah anda memberikan pilihan sebuah produk atau layanan, padahal anda membuat hanya ada satu pilihan yang anda tawarkan. Itulah pentingnya menulis dengan teknik copywriting.

Tampilkan Testimoni Customer Anda

Memberikan satu atau dua kesaksian dari pelanggan membantu membuat orang mempercayai Anda. Pastikan ulasannya tidak palsu. Sertakan juga biografi singkat pewaris. Kepercayaan adalah hal terpenting dalam penjualan online yang rawan penipuan.

Tampilkan Foto Visual Produk

Fotografi dan visual produk memainkan peran yang sangat penting karena pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung. Ini membantu calon pelanggan memahami situasi sebenarnya.

Jangan Memaksa

Orang benci dipaksa. apakah kamu juga? Jangan gunakan penawaran untuk memaksa calon pembeli. Gunakan penawaran yang membuat calon pembeli nyaman dan jangan memaksa mereka untuk membeli. Buat kalimat dengan nuansa halus.

Baca juga : Tips Membuat Copywriting Untuk Iklan

Nah lengkap sudah artikel tentang Cara Menulis artikel copywriting yang baik dan. Benar. Ada banyak sekali manfaat Menulis dengan teknik copywriting yaitu dapat meningkatkan penjualan, memberikan ulasan pada pelanggan dengan mudah, dan meningkatkan kualitas menulis anda.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x