Manfaat Penggunaan Smart Lighting Untuk Smart City

Smart lighting pada saat ini menjadi teknologi yang banyak di gunakan. Bahkan Manfaat Penggunaan Smart Lighting untuk Smart City. Bukan pada skala industri dan perusahaan saja. Tetapi juga di gunakan rumah tangga atau penggunaan sehari-hari. Salah satu alasannya adalah karena kemudahan yang di tawarkan oleh jenis lampu tersebut.

Selain soal cahaya yang di hasilkan, smart lighting biasanya juga di lengkapi dengan fitur-fitur lain yang mendukung produktivitas para pengguna. Seperti pengaturan pada intensitas cahaya, pilihan warna, dan kemudahan pengaturan penggunaan lampu. Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur, keunggulan, dan smart lighting system, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai

Baca juga : Manfaat Smart Lighting Untuk Rumah

Apa Itu Smart Lighting?

Secara singkatnya smart lighting adalah salah satu perangkat yang berbasis IoT (Internet of Things). Perangkat smart lighting menggabungkan lampu LED dengan sensor. Oleh sebab itu, lampu smart lighting mampu memberikan kemudahan yang tidak dapat di berikan oleh bentuk lampu bohlam atau led pada umumnya.

Salah satu hal yang paling keren dari teknologi lampu pintar ini adalah kemudahan pengaturan. Lampu ini dapat Anda gunakan melalui iPhone atau smartphone Android yang Anda gunakan. Selain itu, beberapa lampu smart lighting juga di lengkapi dengan remote control sebagai pengontrol penggunaan lampu.

Umumnya, lampu smart lighting mempunyai pengaturan tingkat kecerahan dan warna. Sehingga, pengguna lampu smart lighting dapat mengatur warna dan intensitas cahaya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa produk juga dilengkapi dengan pengatur waktu dan sinkronisasi musik.

Cara Mencari Smart Lighting Untuk Smart Home

Terkadang Fitur-fitur yang ada di lampu smart lighting mungkin akan membuat Anda ingin untuk membelinya. Apalagi jika lampu smart lighting digunakan di kamar tidur, fitur lampu smart lighting bisa membantu tidur Anda jadi lebih nyaman. Lalu, bagaimana cara memilih smart lighting untuk rumah hunian?

Pahami Fungsi dan Fitur Smart Lighting

Fungsi dan fitur yang terdapat di smart lighting adalah pembeda antara lampu pintar dengan lampu bohlam biasa. Oleh sebab itu, sebelum anda membeli lampu pintar untuk di gunakan di dalam rumah, sebaiknya Anda mencari tahu fungsi dan fitur yang di tawarkan terlebih dulu.

Semakin banyak dan lengkap fitur Smart lighting yang dimiliki, biasa harganya semakin mahal. Anda pastikan bahwa fitur-fitur tersebut memang Anda perlukan dan akan Anda gunakan. Jika tidak, tidak ada salahnya untuk memilih lampu pintar dengan fitur yang secukupnya.

Cek Kecerahan Lampu Smart Lighting LED

Ketika membeli lampu pijar, biasanya ada tulisan seberapa terang lampu tersebut dengan melihat besaran watt yang di gunakan. Semakin besar watt lampu tersebut, semakin terang pula cahaya yang di hasilkan. Tetapi ini tidak berlaku untuk lampu model LED. Besaran watt pada lampu LED tidak memberikan penerangan yang sama dengan lampu biasa.

Untuk mengetahui tingkat kecerahan smart lighting, Anda dapat mengecek berapa besar lumennya. Lumen (lm) adalah satuan yang digunakan untuk menghitung jumlah cahaya atau fluks pada cahaya total yang di hasilkan. Satuan lumen menunjukkan banyaknya cahaya yang di hasilkan oleh lampu.

Cari Smart Lighting Minimal 800 Lumen

Mungkin Anda masih belum bisa membayangkan bagaimana menghitung kecerahan lampu dengan menggunakan satuan lumen. Sebagai informasi dasar, lampu 180 lumen atau lebih bisa memberikan penerangan cahaya yang setara dengan lampu 20 watt.

Jika Anda mencari lampu berdaya setara 40 watt atau 80 watt, Anda dapat mencari lampu LED 485 lumen atau 810 lumen. Sedangkan untuk kecerahan daya lampu 100 watt, Anda bisa mencari lampu LED dengan nilai 1520 lumen atau lebih.

Dengan demikian, jika Anda mencari lampu LED untuk pencahayaan yang terpusat, Anda dapat memilih lampu dengan nilai minimal 800 lumen ke atas. Anda juga perlu ketahui juga kalau sifat cahaya lampu LED tidak menyebar.

Oleh sebab itu, mungkin ada sebagian ruangan yang tidak dapat terkena cahaya. Untuk mengatasi ini, Anda perlu menggunakan lampu LED secara bersamaan. Atau, Anda dapat menggunakan lampu pintar 200 lumen di samping tempat tidur untuk penerangan tambahan di kamar tidur.

Periksa Kompatibilitas Perangkat Lampu Smart Lighting

Biasanya, lampu smart lighting untuk smart home sudah kompatibel dengan sistem operasi Android dan iOS. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mengecek kompatibilitas lampu pintar dengan perangkat hp yang Anda gunakan.

Kadang, ada fitur pada smart lighting yang tidak dapat digunakan pada jenis handphone tertentu. Atau beberapa fitur tidak bisa digunakan ketika Anda mengganti handphone. Oleh sebab itu, memeriksa kompatibilitas smart lighting dengan smartphone perlu dilakukan.

Perhatikan Ukuran dan Bobot Lampu

Lampu smart lighting dibuat dengan ukuran dan bobot yang berbeda dengan lampu biasa. Apalagi jika lampu smart lighting yang ingin Anda beli mempunyai speaker. Biasanya, bagian base atau sekrup ulir yang di gunakan agak berbeda dengan lampu biasa.

Selain itu, lampu smart lighting terkadang juga lebih berat. Sehingga, sebaiknya anda menyiapkan soket lampu yang kuat untuk menopang bobot lampu ini. Jika Anda berencana untuk membeli smart lighting, pastikan Anda memperhatikan ukuran dan bobot lampu terlebih dahulu.

Apa Itu Smart Lighting System Untuk Smart City

Sebelum smart lighting digunakan untuk penerangan smart home, penggunaan smart lighting system sudah di gunakan untuk penerangan jalan umum terlebih dahulu. Penggunaan smart lighting ini dapat Anda lihat di jalan-jalan ibukota. Hampir seluruh lampu yang ada di jalanan Jakarta menggunakan sistem pencahayaan smart lighting.

Smart Lighting LED adalah sebuah teknologi penerangan jalan raya yang di kembangkan untuk memberikan penerangan jalan dengan memanfaatkan tenaga surya dan di lengkapi dengan sensor cahaya dan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi cahaya dan obyek yang mendekati sistem Smart Lighting LED.

Sistem smart lighting ini di lengkapi dengan solar sel yang di gunakan untuk mengisi tenaga listrik, sehingga listrik yang tersimpan pada baterai dapat mensuplai listrik pada malam hari untuk menyalakan lampu LED tersebut.

Agar di dapat penghematan yang signifikan di banding dengan lampu penerangan yang sudah ada sebelumnya, maka smart lighting di lengkapi dengan sensor cahaya yang dapat membedakan antara cahaya terang dan gelap di suatu lokasi sistem, selain itu sistem ini juga ada sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mendeteksi suatu obyek benda yang mendekati sistem tersebut.

Jadi sistem sensor akan menyalakan lampu LED, jika kondisi cahaya gelap dan terdapat suatu objek yang melintas di dekat area sistem sensor lampu, bisa kendaraan atau manusia. Selain itu sistem smart lighting juga di lengkapi dengan rak yang berisi port-port USB yang dapat di manfaatkan untuk mengisi ulang baterai smartphone.

Hal tersebut tentunya bermanfaat untuk masyarakat yang sedang melintasi jalan tersebut sambil menikmati suasana hiburan malam tanpa perlu kawatir jika handphone yang di bawa mati akibat baterai lowbat.

Sistem pencahayaan smart lighting juga menjadi bagian dari pengembangan smart city. Umumnya, jenis lampu yang digunakan adalah Light Emitting Diode Smart System (LED SS). Dengan penggunaan smart LED pada lampu jalan, petugas dapat mengontrol lampu dengan mudah.

Manfaat Penggunaan Smart Lighting Untuk Smart City

Penggantian sistem lampu jalan biasa menjadi sistem smart lighting tentu saja bukannya tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat dan keunggulan penggunaan smart lighting system pada lampu jalanan umum . Di antaranya:

Menghemat Listrik Dan Dana Anggaran

Smart lighting yang di gunakan pada sistem smart lamp jalanan membutuhkan listrik yang sangat rendah. Khususnya jika di bandingkan dengan penggunaan lampu jalan biasa. Karena biaya listrik lebih rendah, maka anggaran biaya yang di butuhkan juga akan lebih hemat.

Efisiensi Kerja Dan Kontrol Lampu

Smart system pada smart city dapat di kontrol atau di kerjakan kenerja dari ruang kontrol yang berada di kantor Suku Dinas (Sudin) setempat. Pada ruang kontrol, ada petugas yang bekerja dengan sistem shift. Sehingga, pengontrolan smart lighting dapat di lakukan selama 24 jam.

Petugas tersebut mempunyai tanggung jawab untuk mematikan dan menyalakan lampu sesuai jadwal yang sudah di tentukan. Cara ini membuat sistem kerja penerangan jalan raya pada malam hari lebih efisien dan mudah di bandingkan harus mengoperasikan lampu secara manual.

Tindakan Perbaikan Masalah Lebih Mudah

Jika terdapat problem pada lampu, layar monitor di ruang kontrol bisa memunculkan notifikasi. Notifikasi tersebut dapat menunjukkan lokasi lampu yang padam, jenis lampu, dan nomor lampu. Selanjutnya, petugas yang bekerja di ruang kontrol akan menginformasikan kepada petugas lapangan. Sehingga perbaikan dapat segera di lakukan tanpa harus menunggu lama.

Jika perbaikan lampu sudah selesai di lakukan, layar monitor akan memunculkan notifikasi kembali normal. Sehingga petugas di ruang kontrol dapat mengetahui jika lampu yang bermasalah sudah di perbaiki dan berfungsi dengan normal lagi.

Mudah Menyesuaikan Daya Lampu

Smart system pada smart lighting pada lampu jalanan dapat membantu petugas menyesuaikan daya lampu sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Umumnya, lampu jalan utama menggunakan lampu berdaya 200 watt. Dan untuk jalan penghubung menggunakan lampu 120 watt. Jalan lingkungan membutuhkan daya sekitar 90 watt. Dan jalan gang biasanya menggunakan daya 40 watt.

Selain itu, petugas juga dapat menyesuaikan daya dan jumlah lampu yang menyala sesuai kebutuhan anda. Misalnya, jalan yang kurang aktivitas dapat memilih menggunakan daya lampu yang lebih rendah.

Harga Smart Lighting

Beragam lampu smart lighting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Harga smart lighting di pasaran pun sangat banyak. Anda dapat memberi smart lighting dari mulai harga Rp 100 ribuan hingga Rp 1 jutaan sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda.

Setiap smart lighting LED mempunyai fitur unggulannya masing-masing. Seperti fitur color picker, fitur portable, fitur speaker, hingga fitur kontrol dengan gesture atau cuaca yang bisa disesuaikan.

Itulah beberapa informasi tentang smart lighting. Dari harga smart lighting lampu , manfaat, kekurangan smart LED, hingga penggunaan smart lighting system untuk bagian dari smart city.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x