Strategi Bisnis Lewat Facebook

Dunia perdagangan pada saat ini berubah dengan cepat sebagai era modern. Dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi. Anda dapat membuat Strategi Bisnis Lewat Facebook.

Sebuah perusahaan secara aktif mencari cara untuk mendapatkan keuntungan lebih maksimal melalui inovasi. Dengan media Facebook, bisnis akan memainkan peran yang sama sekali berbeda.

Platform media Facebook telah mengambil alih kesadaran publik. Hal ini telah menjadi bagian besar alat komunikasi yang sangat di perlukan bagi orang untuk tetap ingin berhubungan. 

Masyarakat sekarang telah menggunakan kehadiran Facebook sebagai salah satu alat yang tidak bisa terpisahkan dari legitimasi perusahaan, keandalan dan kelangsungan hidup. 

Bisnis saat ini di lihat berdasarkan profil kesukaan Facebook mereka dan konsumen mengharapkan perusahaan untuk menanggapi keprihatinan dan pertanyaan mereka dengan cepat.

Sebagai sebuah pengembangan dari metode pemasaran tradisional, menjadi strategi pemasaran modern, saat ini facebook memiliki campuran taktik media sosial sebagai komponen utama untuk mencapai sebuah tujuan bisnis. 

Perusahaan yang sangat kompetitif telah mengambil jalan agresif dan secara aktif di platform Facebook. Ini sejalan dengan tujuan agar terlibat dengan target pasar yang ada. 

Mengisi saluran penjualan serta memahami perilaku konsumen untuk memastikan loyalitas mereka.

Tetapi, melompat tanpa memahami dari proses media sosial berpotensi merugikan bagi sebuah perusahaan, yang dapat menyebabkan mengekspos kehadiran online yang beresiko serius dan mengarah ke arah yang tidak produktif. 

Strategi Bisnis Lewat Facebook

Mengingat kekuatan media sosial itu sangat penting bagi perusahaan untuk bekerja melalui strategi mereka untuk mengembangkan proses untuk menyebabkan skalabilitas, efisiensi, dan keterlibatan sosial.

Jika anda ingin mengarahkan bisnis ke depan, maka perlu memastikan bahwa itu tetap dalam ranah sosial dalam kesadaran konsumen. 

Facebook dapat menjadi media pekerja keras, paling efektif dan berpengaruh apabila di jadikan sebagai teman bisnis pemasaran.

Mulai Dengan Tujuan Yang Jelas

Suatu proses pemasaran harus diawali dengan membuat tujuan yang jelas, termasuk ketika menjalankan Facebook Marketing. Hal ini nantinya akan mempermudah Anda dalam mengukur tingkat keberhasilan Strategi Bisnis Lewat Facebook.

Hampir 80% tujuan dari Facebook Marketing adalah untuk membangun sebuah brand awareness. Selain itu, tujuan lain Facebook Marketing adalah untuk meningkatkan engagement (65%), mencari traffic website (54%), dan meningkatkan konversi penjualan (30%).

Jika Anda masih kesulitan menentukan tujuan bisnis di facebook. Anda bisa memulainya dengan survey ke pelanggan Anda sebagai langkah awal yang ideal. Jadi, nanti dengan berjalannya waktu Anda akan mendapatkan gambaran strategi yang tepat untuk dijalankan.

JIka produk brand Anda sudah dikenal oleh masyarakat, maka selanjutnya Anda bisa mulai menggunakan Facebook Marketing untuk meningkatkan engagement bisnis.

Kenali Target Pasar Anda

Langkah selanjutnya ketika menjalankan strategi bisnis lewat Facebook Marketing adalah mengenali target pasar Anda. Hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan anggaran iklan, hingga menentukan jenis konten yang tepat untuk di posting.

Ketika menentukan target pasar, Anda harus memulainya dengan melakukan riset, membangun buyer persona, dan lanjut dengan menentukan brand positioning yang ingin Anda buat.

Facebook Marketing dapat memberikan kemudahan pada Anda dalam menentukan target pasar. Jika Anda menggunakan Facebook Ads, maka Anda bisa mendapatkan fitur custom audience. Di dalamnya, Anda bisa membuat target audiens yang lebih detail, berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki facebook untuk pengunjung website, dll.

Buatlah Konten Yang Menarik

Cara ini berlaku untuk setiap postingan Facebook Page atau ketika Anda beriklan dengan menggunakan Facebook Ads. Terutama dalam format gambar, usahakan untuk tidak memposting gambar yang hanya berupa teks saja. Lengkapilah dengan foto serta video.

Penggunaan video untuk kegiatan promosi mampu menarik 46% konsumen dalam melakukan pembelian produk atau hanya berlangganan jasa layanan yang anda tawarkan.

Baca juga : Cara Membuat Video Untuk Iklan Facebook Ads

Dalam hal ide, terdapat banyak sekali jenis konten iklan yang bisa Anda desain. Anda bisa membuat iklan tata cara penggunaan produk, pembaruan fitur produk, sampai testimoni dari konsumen. Anda juga bisa membuat konten yang ringan namun mampu menggambarkan bisnis Anda.

Jadwalkan Postingan Konten

Membuat jadwal postingan untuk konten memiliki peran penting dalam menentukan kapan suatu postingan harus di publish untuk mendapatkan tingkat intensitasnya yang lebih baik.

Jika terlalu sering membuat posting akan memberikan lebih sedikit waktu bagi Anda untuk membuat konten. Sehingga, kualitas konten akan berpotensi kurang maksimal sehingga akan memberikan kesan yang kurang baik untuk audiens.

Sebaliknya, jika terlalu lama melakukan update posting di facebook juga akan menurunkan engagement follower Anda, dan menganggap facebook anda tidak konsisten.

Waktu ideal untuk setiap bisnis dalam melakukan posting sangat berbeda, tergantung pada target audiens yang anda inginkan. Tapi jika di fikir secara sederhana waktu posting konten yang ideal secara global adalah dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

Aktif Menjalin Komunikasi Dengan Audiens

Membangun komunikasi yang baik dengan audiens adalah salah satu tujuan utama dari Facebook Marketing. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk berkomunikasi dengan para konsumen secara baik.

Itu artinya, Anda tidak boleh hanya fokus dalam membuat konten saja. Tetapi anda juga harus menjawab setiap komentar dari audiens apa yang menjadi masalah mereka.

Dengan demikian, maka kegiatan komunikasi dapat terjalin secara dua arah. Semakin sering melakukan diskusi dengan audiens, maka tingkat engagement Anda juga akan terbentuk dengan sendirinya.

Tentukan Dana Yang Sesuai

Strategi selanjutnya dalam menjalankan Facebook Marketing adalah dengan menentukan biaya iklan yang baik. Karena pembuatan suatu konten Facebook Marketing akan memerlukan biaya.

Untuk seorang pebisnis kecil yang baru memulainya, disarankan untuk membuat konten yang gratis atau yang murah. Sehingga, dana anggaran bisnis dapat digunakan untuk kegiatan yang lain.

Baca juga : Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads

Di dalam Facebook Marketing, terdapat berbagai pilihan penggunaan anggaran biaya yang dapat di gunakan, mulai dari page like ads, boosted posts, sampai lead generation ads. Dengan menentukan biaya terlebih dahulu, maka akan lebih mudah dalam mengukur tingkat keberhasilan dalam kegiatan bisnis facebook marketing Anda.

Jadi, Facebook Marketing adalah berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan akun Facebook demi memasarkan produk dan menjalin komunikasi yang intens dengan para konsumen.

Anda bisa mengikuti Strategi Bisnis Lewat Facebook di atas untuk meningkatkan brand awareness Anda agar produk atau bisnis Anda bisa dikenal oleh audiens dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

Tapi, anda jangan lupa untuk mencatat setiap pemasukan ataupun pengeluaran bisnis Anda pada laporan arus kas secara tepat dan akurat. Karena, laporan keuangan inilah yang nantinya untuk menentukan keputusan bisnis di masa depan.

Artikel ini akan membekali anda informasi penting kaitannya dengan rencana pemasaran online untuk memulai dan bagaimana anda dapat menggunakan Facebook sebagai sarana bisnis jangka panjang.

Nilai Facebook untuk Bisnis Anda

Facebook telah menjadi tren global yang telah di dapati bahwa semua orang dari berbagai kalangan usia Berada di sana. Situs media sosial yang paling populer saat ini terdapat konten berbagai bentuk:

Teks – menulis posting atau menempatkan seluruh pendapat pribadi
Foto – gambar yang di gunakan untuk menampilkan sesuatu yang menarik
Video – konten audieo visual dapat di bagi untuk menghibur atau mendidik
Catatan – artikel berisi tips terkait produk atau jasa yang anda tawarkan

Pendekatan Baru Untuk Komunikasi Dan Branding

Facebook telah membuka jalan untuk saluran komunikasi yang sangat kuat bagi perusahaan untuk mempromosikan pesan pemasaran program pebisnis – semua tanpa biaya mahal. 

Pada Umumnya perusahaan menggunakan Facebook untuk terlibat dengan target pasar dan mempelajari perilaku konsumen.

Facebook memiliki fitur yang dapat di gunakan untuk strategi pemasaran dengan hasil yang sangat menjanjikan. Fitur Facebook yang dapat anda terapkan untuk mendorong kesuksesan bisnis. 

Layanan pelanggan yang ideal untuk memberikan bantuan yang cepat pada beberapa pertanyaan. Kemampuan untuk merespon dengan cepat sangat penting dalam pasar saat ini, terutama dalam mengubah persepsi. 

Bahkan jika kekhawatiran belum di selesaikan segera, pelanggan merasa masalah mereka akan di berikan perhatian pada waktu yang tepat.

Komunikasi internal dan kolaborasi perusahaan kecil, menengah dan besar bisa mendapatkan keuntungan dalam hal sharing, mengedit kolaboratif dan berbagi pengetahuan.

Perekrutan dan retensi karyawan saat memutuskan apakah mereka ingin menjadi bagian dari sebuah organisasi atau tidak berdasarkan informasi yang di peroleh dari Facebook. 

Hal ini juga dapat menghadirkan alat yang ampuh dalam sumber saluran sosial yang ada melalui jaringan profesional.

Memahami Ekosistem Facebook

Efektifitas menggunakan Facebook untuk keuntungan penuh anda, penting untuk mengambil waktu dan belajar cara kerja ekosistem dan kebiasaan yang muncul dari “konsumen sosial”. 

Pengetahuan anda tentang ekosistem akan memberikan peta virtual untuk menavigasi area sekitar dan bagaimana menemukan jalan menuju target pasar anda.

Konsumen yang menjadi penggemar di Facebook dari merek tertentu tidak hanya akan merekomendasikan produk atau jasa tetapi juga membeli dari merek. 

Dalam sebuah studi, konsumen mengungkapkan bahwa merek yang tidak terlibat dalam media sosial di anggap sebagai “keluar dari sentuhan” dan usang.

Jadi ide utama di sini adalah untuk memfokuskan upaya pada power user yang berpengaruh dalam jaringan sosial mereka. 

Namun, hal ini juga penting untuk dicatat bahwa menghubungkan dengan pengguna juga akan membantu bisnis anda mendapatkan bukti sosial dan kepercayaan.

Konversi Menghasilkan Penjualan lebih tinggi di Media Sosial Seperti usaha bisnis pada umumnya, anda tentu ingin memiliki ide yang adil pada pengembalian investasi. Siklus harus menstrategi kan media sosial dapat di pisahkan menjadi 3 tahap.

Peluncuran/Launching

Pada tahap ini, 100% fokus anda adalah pada pengaturan account pada Facebook. Walaupun ada sejumlah situs populer media sosial lainnya yang di anggap penting. Anda hanya perlu memiliki kemampuan untuk hadir di semua platform. Tahap Peluncuran lebih dari Pelaksanaan dengan tujuan utama memulai:

Pendekatan : Pelaksanaan

Tujuan : Kehadiran Social Media

Fokus : Jangka Pendek

Hasil : Dapat Di abaikan

Pada titik ini, anda tidak akan dapat mengharapkan dampak yang signifikan atau hasil turunkan.

Manajemen

Pada tahap ini, sekitar 60% dari upaya perusahaan anda akan di fokuskan pada pengembangan di Facebook. Sekitar 10% dari fokus di arahkan tawaran merek dan 20% pada pengaturan metrik kuantitatif seperti lalu lintas dan Facebook Like.

Sisanya 10% akan di fokuskan pada metrik kualitatif seperti hasil survei.

Pendekatan : Taktik

Tujuan : Keterlibatan Pelanggan

Fokus : Jangka Menengah

Hasil : Peningkatan Traffic

Optimasi

Selama tahap Optimasi, 25% dari fokusnya adalah pada mendapatkan hasil lebih maksimal, 30% akan didistribusikan ke kreatif dan menawarkan merek. 25% lainnya fokus di arahkan untuk meningkatkan tingkat konversi dan optimasi kampanye iklan. 

Sisanya 20% akan di gunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye yang akan menjadi dasar sukses anda.

Pendekatan : Strategis

Tujuan : Media Sosial

Fokus : Jangka Panjang

Hasil : Peningkatan Pendapatan

Proses ini membutuhkan pemahaman perolehan yang lebih baik pada pendapatan rata-rata yang di hasilkan selama keterlibatan pelanggan dengan produk anda.

Mengoptimalkan Facebook Fan Page

Facebook merupakan platform social media paling terkenal yang terus tumbuh dengan pesat sejak di luncurkan. Anda harus memiliki Strategi Bisnis Lewat Facebook.

Seiring waktu, di akui sebagai media jaringan yang sangat kuat untuk bisnis. Pada tahun 2015 di Indonesia terdapat lebih dari 72 juta pengguna (versi Facebook Ads).

Exposure Besar. 

Dengan jutaan pengguna, Facebook menawarkan potensi yang tak tertandingi untuk pemaparan. 

Ketika di gunakan secara strategis dan konsisten, Facebook dapat memberikan kontribusi pada peningkatan yang signifikan dalam kehadiran online perusahaan anda. 

Menulis komentar, memberikan wawasan, saran dan tips untuk mendapatkan rasa hormat dan kredibilitas daari para penggemar anda, untuk akhirnya mendapatkan leverage.

Meningkatkan Rank. 

Dengan “Pages”, anda dapat membuat profil profesional untuk bisnis. Di sediakan dengan pilihan untuk menyertakan link ke website anda dan tombol “LIKE”. Hal ini membantu situs Web anda menghasilkan lebih banyak traffic.

Pemasaran Platform Powerfull Gratis.

Facebook di gunakan karena anda sudah tahu benar-benar gratis. Hal ini memungkinkan anda untuk menjangkau ratusan, bahkan ribuan orang dengan berbagai pengaturan yang user-friendly yang dapat di gunakan untuk promosi produk dan jasa.

Target Ads. 

Anda dapat membuat iklan untuk mencapai target tertentu seperti jenis kelamin, lokasi dan kelompok umur, serta melacak kinerjanya.

Memberikan Update Reguler.

Facebook menawarkan anda cara mudah untuk memperbarui jaringan anda pada produk baru, promosi, dan informasi umum tentang perusahaan anda untuk tetap segar dan relevan dalam market anda.

Keuntungan Berharga Fasilitasi Diskusi.

Gunakan newsgroup dan jaringan sebagai tempat untuk membahas, menanggapi komentar dan pertanyaan. 

Hal ini juga dapat menjadi sumber umpan balik yang konstruktif untuk membantu menyempurnakan mutu produk anda.

Tetap Terhubung.

Memberikan informasi yang berguna untuk fans anda secara teratur. Ini termasuk membantu bagaimana untuk video dan konten yang relevan lain di mana pasar anda dapat menikmati.

Meningkatkan Layanan Pelanggan.

Konsumen hari ini lebih respon real-time untuk pertanyaan dan kekhawatiran. Halaman Facebook untuk bisnis menawarkan pilihan yang nyaman dan dapat di akses oleh pasar untuk mencapai bisnis anda.

Pengelolaan Halaman Sebagai Brand Page

Facebook menyediakan alat yang ampuh untuk berinteraksi dengan market anda di mana tidak tersedia pada tingkat media tradisional. 

Anda akan mendapatkan hubungan dekat dengan pelanggan. Masukkan semua informasi relevan yang di butuhkan, terutama informasi halaman kategori tertentu dari bisnis anda.

Berinteraksi Dan Bergabung Dengan Percakapan

Memaksimalkan visibilitas dan kehadiran dengan posting update reguler di dinding tentang bisnis anda. 

Anda juga dapat memberikan penawaran eksklusif yang akan membangkitkan minat dan komentar dan mendorong keterlibatan aktif.

Gunakan kesempatan ini untuk mengenal basis klien atau “penggemar” setia dan pergi keluar dari cara anda untuk membuat mereka merasa di rumah dengan menanggapi komentar secara tepat waktu. 

Mempelajari bagaimana audiens anda berinteraksi dan membuat penyesuaian yang di perlukan untuk meningkatkan dan dorongan keterlibatan.

Promosikan Bisnis Anda

Memanfaatkan Iklan Facebook untuk mempromosikan bisnis anda lebih efektif di bandingkan dengan iklan tradisional karena bisa menyesuaikan target market anda.

Sebagai tahap awal anda perlu membangun audien lebih banyak untuk mendapatkan penggemar halaman.

Anda harus memiliki halaman arahan yang menarik dan mencolok, yang secara signifikan dapat membantu pengunjung menjadi penggemar halaman.

Konten Halaman

Upload foto produk anda termasuk tim anda dan kantor sehingga fans bisa dengan mudah berhubungan dengan anda. Upload foto dari acara host dan tag penggemar anda seperti posting video yang menampilkan anggota tim anda berbicara. 

Gunakan video untuk menghibur penggemar dan tampilkan produk dalam aksi tersebut.

Jaga Penggemar Halaman

Hal ini penting untuk menghargai penggemar anda dengan penawaran khusus atau eksklusif sekarang dan kemudian. Anda dapat menghargai loyalitas dengan menawarkan diskon terbatas hanya untuk penggemar di Fan Page Facebook.

Pesan langsung sangat kuat, tetapi pastikan untuk tidak menyalahgunakannya. Sebelum anda mengirim pesan untuk penggemar, berpikir dua kali. Update harus berharga dan berita baik karena tujuan anda adalah untuk menginformasikan dan terlibat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Iklan Facebook

Itulah tulisan artikel tentang Strategi Bisnis Lewat Facebook. Ya, anda juga perlu mengawasi pesaing anda, terutama mereka yang sangat sukses dalam kampanye iklan dan telah mendapatkan lebih banyak audien. 

Periksa apa yang mereka lakukan kemudian mempelajari strategi mereka. Jika anda memilih untuk menyalin konten, pastikan anda menawarkan versi yang lebih baik.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x