Cara Menulis Skripsi Dengan Cepat

Jika Anda seorang mahasiswa semester akhir, saatnya untuk termotivasi untuk belajar bagaimana menulis skripsi yang baik dan benar. Karena menulis makalah dengan benar akan membantu Anda lulus ujian tanpa masalah nantinya.

Memang, banyak mahasiswa yang merasa terintimidasi bahkan sebelum mengerjakan skripsi. Saya sering mendengar keluhan dari orang tua. Nah sebelum panik, yuk simak cara membuat skripsi yang benar di bawah ini!

Apa Itu Skripsi

Skripsi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penelitian ilmiah berupa uraian hasil studi sarjana yang menggunakan prinsip-prinsip yang berlaku untuk membahas suatu masalah atau fenomena dalam bidang keilmuan tertentu.

Di Indonesia, disertasi atau skripsi biasanya merupakan karya ilmiah wajib yang diedit oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studinya. Metode penelitian dalam penulisan skripsi di bagi menjadi dua metode penelitian, metode kuantitatif dan metode kualitatif.

Makalah kuantitatif menggunakan survei atau kuesioner yang dibagikan kepada subjek penelitian sebagai metode penelitian. Setelah pengumpulan data, perhitungan matematis dilakukan untuk mencapai kesimpulan. Pekerjaan kuantitatif biasanya menggunakan perangkat lunak pengolah data penelitian seperti SPSS.

Metode kualitatif disusun dengan menggunakan wawancara atau observasi detail terhadap subjek penelitian. Karena makalah kualitatif tidak menggunakan perhitungan matematis, proses pengumpulan data biasanya memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil analisis yang akurat.

Sebaliknya, banyak kampus di luar negeri yang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk menulis makalah. Di Australia, program sarjana biasanya menggunakan silabus mata kuliah di mana mahasiswa dianggap berhasil jika menyelesaikan sejumlah kredit dalam setiap mata kuliah yang harus mereka ambil.

Namun, ada beberapa jurusan yang mengharuskan mahasiswa menyelesaikan proyek penelitian secara individu atau kelompok.

Cara Menulis Skripsi Dengan Cepat

Pada prinsipnya, menulis skripsi tidak begitu sulit. Pasti akan lebih mudah jika Anda tahu cara kerja langkah-langkahnya. Berikut ini telah kami rangkum tahapan-tahapan penulisan disertasi agar dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat. Dengar, ya!

Pilih Topik Skripsi Sesuai Kemampuan

Langkah pertama dalam menulis tesis skripsi di universitas adalah menentukan topik penelitian. Lebih bagus lagi jika subjek yang Anda pilih sesuai dengan passion Anda. Anda cenderung lebih menikmati menjelajahi topik penelitian jika itu sesuai dengan hasrat Anda. Saran, coba perhatikan masalah yang dekat dengan Anda. Ini akan membuat Anda ingin mencari solusi untuk masalah Anda.

Pahami Konsep Topik

Setelah Anda memutuskan topik penelitian Anda, Anda dapat dengan rajin meneliti bidang yang ingin Anda jelajahi dan hubungan di antara mereka. Hal ini agar Anda memiliki pemahaman yang baik tentang konsep yang Anda pilih sehingga Anda dapat menanganinya dengan lancar pada saat Anda di periksa.

Langkah-langkah penulisan skripsi kuliah dapat di lakukan dengan membuat peta pikiran. Untuk mempermudah, tuliskan topik dan istilah yang Anda cari, lalu tautkan. Latihan ini akan memudahkan Anda untuk mempresentasikan makalah Anda baik secara lisan maupun tulisan.

Pahami Pedoman Penulisan Skripsi

Langkah selanjutnya dalam menulis makalah yang baik dan benar adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang aturan penulisan makalah. Anda tentu tidak ingin mengulang kembali makalah Anda karena tidak mengikuti pedoman yang ada, bukan? Jadi baca baik-baik aturan penulisan abstrak dan ikuti aturan tersebut. Ini menjadi cara yang bagus untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif

Susun Kerangka Penelitian Skripsi Yang Jelas

Salah satu kunci penulisan yang baik adalah mengatur struktur penelitian Anda sejelas mungkin sehingga penelitian Anda mudah dibaca. Struktur penelitian biasanya dibagi menjadi mata kuliah metode penelitian di kampus. Secara umum skema penelitian skripsi adalah sebagai berikut:

Bab 1. Pendahuluan Topik
Bab 2. Tinjauan Pustaka, Kerangka Pemikiran, Hipotesis Topik
Bab 3. Metode Penelitian Topik Skripsi
Bab 4. Hasil Penelitian dan Pembahasan Skripsi
Bab 5. Kesimpulan dan Saran Topik Skripsi

Sajikan Data Topik Terpercaya

Cara membuat skripsi yang baik dan benar berikutnya ialah menyajikan data dari berbagai sumber. Seperti Anda ketahui, data merupakan salah satu hal yang tak boleh Anda lewatkan.

Sebab, penelitian tidak akan di anggap valid apabila isinya tidak didukung oleh data. Maka dari itu, pastikan Anda mencari data-data yang dibutuhkan dari berbagai sumber untuk kemudian disajikan dalam skripsi. Namun, jangan lupa pastikan sumber tersebut terpercaya atau tidak ya.

Anda bisa memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan dan pengolahan data selama mengerjakan skripsi. Entah itu mencarinya melalui studi pustaka seperti buku atau jurnal, observasi, wawancara, atau survei dengan kuesioner. Nah, agar tidak bingung, cobalah gunakan survei berbasis online Google kuesioner.

Dengan Google kuesioner, Anda bisa mendapatkan data-data berkualitas, cepat, dan tentunya terpercaya. Sehingga, kebutuhan riset penelitian Anda pun jadi jauh lebih mudah serta efisien. Tunggu apalagi? Yuk gabung sekarang juga! Jangan sampai kekurangan data menjadi penyebab terhambatnya proses penyusunan skripsi Anda ya.

Tanya Ke Dosen

Ingatlah untuk selalu memperlakukan pembicara Anda dengan rasa hormat dan kebaikan. Tentunya, dosen Anda memiliki pengalaman yang luas di bidang yang Anda pelajari, dan telah berkontribusi dalam kelancaran skripsi Anda. Juga, jangan takut untuk bertanya.

Jika Anda bingung dengan topik penelitian Anda dan tidak mau bertanya kepada pembimbing Anda, Anda akan bingung. Oleh karena itu pengerjaan naskah tidak lancar.

Menjalin komunikasi yang lancar dengan supervisor, Penasihat akademik adalah orang-orang yang Anda butuhkan untuk membangun hubungan agar tesis Anda berjalan lancar dan lancar. Membangun hubungan di sini bukan berarti Anda harus memberikan hadiah setiap saat.

Namun bersikap sopan dapat membantu menjalin komunikasi yang sehat. Ini membantu untuk bersabar ketika ada saat-saat tidak nyaman untuk menghadapinya. Anggap saja sebagai latihan dan pengalaman dengan orang yang berbeda.

Buat Jadwal Skripsi

Tips cara menulis disertasi untuk pemula selanjutnya adalah dengan menetapkan deadline disertasi secara mandiri. Anda perlu merencanakan waktu Anda dengan hati-hati, terutama jika Anda ingin menyelesaikannya dalam satu semester. Misalnya, buat bab 1 dan 2 di bulan pertama dan lanjutkan perencanaan untuk bab 3 di bulan berikutnya.

Baca juga: Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Konsisten Ketika Mengerjakan Skripsi

Ikuti saran sebelumnya untuk menjernihkan ingatan secara rutin setiap hari dan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk penyembuhan atau istirahat. Pasalnya untuk tetap konsisten, seperti mengatur jadwal harian dan mengatur beberapa pengingat 30 menit untuk fokus pada makalah Anda. Anda bahkan bisa menjadwalkan istirahat 10 menit setiap 30 menit agar tidak terlalu cepat bosan.

Apakah Anda suka jalan-jalan, kafe, berbelanja, dan bepergian? Lanjutkan dan turunkan skala permainan terlebih dahulu sehingga Anda dapat lebih fokus menyelesaikan tesis Anda. Silakan santai. Anda dapat menikmati kegiatan ini bahkan setelah menghafal selesai. Lagi pula, bermain setelah skripsi selesai bisa sangat melegakan karena Anda tidak memiliki tanggungan.

Tanamkan niat dan tekad yang kuat untuk menyelesaikannya dengan cepat agar skripsi berjalan dengan lancar dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Jangan lupa untuk banyak berdoa dalam keimanan yang di miliki agar mendapat semangat yang melimpah saat mengerjakan skripsi. Ya, itulah pembahasan tentang cara menulis laporan term yang baik dan benar. Jadi, apakah uraian di atas mulai mencerahkan Anda?

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

x