Cara Mengetahui Tahun Pembuatan Handphone

Pernahkan anda penasaran kapan handphone yang anda beli kapan di buatnya? Di sini saya akan memberitahu bagaimana cara mengetahui tahun pembuatan handphone. 

Seperti yang anda ketahui bahwa pada saat ini memang Handphone banyak di gunakan oleh banyak orang di seluruh Dunia.

Tetapi pernahkah anda penasaran kapan handphone dan di rakit? pertanyaannya memang terdengar sepele namun akan cukup penting ketika kita membeli handphone bekas agar anda mengetahui keluaran kapan Hp Android yang anda pakai.

Cara Mengetahui Tahun Pembuatan Handphone

Handphone Android yang anda beli saat suatu brand merek handphone mengeluarkan smartphone baru belum tentu di buat pada waktu atau tahun itu juga. 

Bisa jadi tahun sebelumnya pembuatan handphone dan hal ini cukup wajar mengingat pembuatan sampai perilisan smartphone baru memerlukan proses dan waktu yang cukup lama atas ijin penjualan, peredaran, perakitan. 

Fungsi lain kenapa anda harus mengetahui pembuatan Hp Android anda yaitu agar kita tahu Hp anda keluaran lama atau baru. Terutama saat anda membeli Hp Bekas. 

Bagi anda saat membeli Hp bekas usahakan membeli Hp keluaran baru dan jangan sampai anda sudah 4-5 tahun umur Hp tersebut yang anda beli.

4-5 tahun pengeluaran Hp Android sudah cukup di anggap tua walau masih dapat di gunakan dengan normal. 

Karena setiap tahun selalu ada fitur yang di tambahkan pada hp android. Dan jika anda belum tahu bagaimana cara cek tahun pembuatan Hp Android. 

Tenang saja karena di sini saya akan memberikan pengetahuan bagaimana cara cek umur Handphone Android yang dapat di gunakan untuk semua merek Android baik itu Samsung, xiaomi, Asus, Vivo, Oppo, Huawei, Realme dan merek lainnya.

Hanya ada beberapa cara untuk mengetahui tahun pembuatan Handphone Android. Dan cara yang saya bagikan di bawah ini cukup berhasil untuk mengecek tahun pembuatan Handphone Android. Dan untuk cara cek tahun pembuatan HP Android silahkan baca caranya. 

Cara Mengetahui Tahun Pembuatan Handphone Melalui Kode Dial Telepon

Untuk pertama yang perlu anda coba yaitu menggunakan kode dial telepon. Cara ini cukup mudah karena hanya mengetik dengan kode khusus, anda dapat mengetahui kapan Handphone Android yang anda pakai di buat. Dan untuk cara lengkapnya sebagai berikut.

Buka bagian dial Telepon

Kemudian masukkan kode *#12580*369# Dan secara otomatis, kamu akan terlempar ke jendela baru.

Lalu akan tampil beberapa informasi BL, AP, CP, CSC, RF Call, dan HW Rev

Di RF Call inilah yang tertampil informasi tahun pembuatan Hp Android.

jika cara tersebut gaga, anda dapat menggunakan langkah cara cek tahun keluaran hp :

Buka Telepon

Ketik kode dial berikut *#197328640#* atau *#*#197328640#*#* atau *#0000#   > Maka otomatis akan terbuka jendela baru dan muncul beberapa  menu

Pilih Version Info > Hardware Version > Lalu Real cal date

Maka, di sini kamu bisa melihat info pembuatan hp android kamu

Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek Melalui Aplikasi

Cara kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama INFO SAM yang di kembangkan oleh vndnguyen. Walau di diskripsi aplikasi ini bisa di gunakan untuk semua misalnya Samsung, Asus, Xiaomi, Huawei, realme, Vivo, Oppo dan lain-lain.

Saya sendiri sudah test melalui Handphone xiaomi saya dan cukup berhasil untuk mengetahui tahun pembuatan dan keluaran Handphone yang baru saya beli. Dan bagi anda yang penasaran cara menggunakan nya, silahkan simak caranya berikut ini.

Buka Playstore.

Ketik di kolom pencarian “INFO SAM”.

Kemudian di atas akan ada aplikasi bernama INFO SAM buatan vndnguyen.

Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai proses installasi selesai.

Setelah selesai, kamu buka aplikasi.

Scroll ke kanan ke bagian Android.

Maka akan tertampil build date yang berarti tanggal pembuatan Hp Android.

Cara cek usia pemakaian hp melalui aplikasi info sam sedikit memakan storage, koneksi internet dan waktu, karena anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Nah, beberapa cara di atas memang diperuntukkan untuk pengguna hp Android. Namun, untuk anda pengguna iPhone bagaimana Cara Cek Tahun Pembuatan Iphone Terbaru berikut caranya.

Cara Cek Tahun Pembuatan Melalui Limited Warranty

Kamu bisa melihat limited warranty atau keterangan garansi hp sebagai patokan, untuk mengetahui usia pemakaian hp mu. Berikut Cara Mengecek Garansi iPhone, yaitu:

Buka menu setting atau pengaturan, kemudian pilih general
Setelah itu, pilih about
Lalu lihat limited warranty dibawah serial number
Dengan cara di atas, setidaknya anda mengetahui kapan pertama membeli atau memiliki hp beserta usia pemakaiannya.

Ciri-ciri Handphone Kadaluwarsa

Tidak hanya cara cek usia pemakaian Handphone yang harus di ketahui, tetapi anda juga perlu mengenal tanda atau ciri-ciri dari handphone yang sudah kadaluwarsa.

Jika melihat kebiasaan orang Indonesia yang suka bermain handphone, maka tidak heran jika banyak yang menghabiskan untuk bermain hp dan beraktivitas di media sosial rata-rata 8,6 jam per hari, Tentu hal ini dapat membuat hp lebih cepat rusak karena di gunakan secara berlebihan.

Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri hp yang sudah kadaluwarsa yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

Layar atau touchscreen sudah lambat untuk merespon
Baterai handphone cepat habis
Handphone sering hang atau mati dengan sendirinya
Memory card sudah penuh
Speaker sudah rusak dan sulit mendengar suara apapun saat menggunakan headset
Ketika menelepon atau video call, lawan bicara tidak bisa mendengar suara apapun
Kekuatan koneksi internet sudah semakin menurun

Jika handphone anda ada beberapa ciri tersebut, maka sudah pasti handphone mu sudah masuk ke dalam waktu kadaluwarsa dan perlu diganti dengan unit yang baru.

Anda bisa menggantinya dengan hp keluaran terbaru, yang mempunyai fitur terbaru dan kualitas yang lebih canggih. Hanya saja, anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bisa mendapatkan handphone terbaru.

Baca juga : Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus Dan iPhone XS Max

Anda bisa membelinya di counter hp ataupun secara online melalui e-commerce. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran apabila uang tunai yang anda miliki belum mencukupi.

Gimana? cukup mudah cara cek tahun pembuatan Hp Android untuk semua merek. Jika anda masih kurang paham, Silahkan tanyakan di halaman kontak.

Baca juga : Cara Upgrade Android Versi Oreo Ke Pie

Itulah tulisan artikel tentang Cara Mengetahui Tahun Pembuatan Handphone semoga artikel ini dapat membantu anda ketika ingin mengetahui tahun pembuatan handphone.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

2 thoughts on “Cara Mengetahui Tahun Pembuatan Handphone”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x