Cara Mempromosikan Akun Instagram Untuk Bisnis

Instagram pada awalnya dikembangkan sebagai jejaring sosial untuk mengunggah gambar dan foto dari ponsel. Dan sekarang kami memperluas untuk mempromosikan akun Instagram untuk bisnis. Seperti jejaring sosial lainnya, kemampuannya saat ini berkembang dengan jumlah pelaku bisnis yang menggunakan Instagram untuk semua tujuan pemasaran bisnis.

Siapa sangka Instagram yang dulunya merupakan aplikasi berbagi foto dan gambar, kini menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk menjual produk? Efek Instagram ini tidak lepas dari gambar yang dibagikan. Kekuatan gambar visual dianggap lebih menarik dalam menarik pengunjung untuk melakukan penjualan dibandingkan dengan cara lain.

Cara Mempromosikan Akun Instagram Untuk Meningkatkan Bisnis 

Jelas, media sosial adalah salah satu alat pemasaran yang paling efektif. Apalagi, mayoritas pengguna Instagram adalah pengguna aktif. Sekaranglah saatnya untuk mulai menggunakan Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut adalah strategi pemasaran Instagram yang mungkin Anda butuhkan:

Gunakan Foto Berkualitas

Instagram memiliki hubungan yang tidak terpisahkan dengan gambar. Unggah foto berkualitas tinggi, karena foto berkualitas tinggi menghasilkan lebih banyak interaksi. Buktinya, ribuan suka dan komentar telah diterima dari beberapa akun yang telah melakukannya dengan cara ini.

Pilih foto yang Anda unggah ke Instagram dengan hati-hati. Perawatan harus diambil untuk tidak menggunakan efek pengeditan terlalu sering. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan tidak akan sesuai dengan gambar aslinya dan dapat mengecewakan pelanggan Anda.

Rutin Memposting Di Instagram

Posting foto dengan rajin setiap hari dan ikuti strategi ini untuk mempertahankan pengikut Anda. Cobalah untuk menyimpan sejumlah aktivitas di Instagram setiap hari. Misalnya, posting foto acara, foto proses pembuatan produk, foto toko offline Anda.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki foto yang menarik untuk dibagikan? Dari waktu ke waktu, Anda dapat memposting aktivitas yang Anda minati, belum lagi kutipan lucu, atau foto yang menarik komentar dari pengikut Anda.

Gunakan Hashtag (#) Di Instagram

Hashtag (#) bukanlah konten trending instan untuk tujuan dekorasi saja. Sebaliknya, tagar digunakan untuk membuat produk bisnis lebih dikenal. File semua posting dengan tanda pound (#) di kolom judul. Tagar dapat meningkatkan visibilitas konten Anda.

Buat hashtag Anda sendiri untuk bisnis Anda dan posting secara teratur. Kedua, kategori bisnis yang otomatis unik memudahkan pengguna menemukan foto produk dari menu pencarian Instagram.

Akun Profil Instagram Mudah Di Ingat

Jika Anda berbisnis melalui jejaring sosial seperti Instagram, berhati-hatilah saat memilih nama akun Anda. Carilah nama yang menarik dan mudah diingat. Jangan gunakan nama yang panjang dan sulit diingat hanya karena Anda ingin nama itu unik.

Follow Sebanyak-banyaknya Akun Instagram

Sebagian besar pengguna Instagram tidak ingin mengikuti Anda sejak awal. Tapi jangan pernah malu saat berbicara. Anda dapat memimpin dan melacak pelanggan potensial terlebih dahulu. Jadi jika Anda mengikuti sebuah foto, Anda dapat mengetahui siapa Anda dari foto tersebut.

Tunjukkan Kegunaan Produk Di Instagram

Pelanggan potensial Anda akan ingin tahu bagaimana produk yang Anda tawarkan digunakan. Anda dapat menunjukkan tutorial cara, manfaat produk, testimonial dari pelanggan lain, dan banyak lagi.

Anda bisa membuat pelanggan lain tertarik dengan memberikan informasi menarik. Mereka mungkin tidak membutuhkannya, tetapi jika Anda menunjukkan sesuatu yang menarik, mereka akan mencoba produk tersebut.

Berikan Hiburan Menarik Di Akun Instagram

Atur hiburan menarik di akun Instagram Anda. Video lucu, hi-gif, kuis berhadiah, dan banyak lagi. Ini akan mendorong pengikut Anda untuk terus memeriksa akun Instagram Anda.

Baca juga : Cara Merubah Akun Bisnis Ke Akun Pribadi Instagram

Kesalahan Mempromosikan Akun Instagram Bisnis

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda? Tentu saja, ini adalah ide yang sangat bagus, tetapi jangan membuat kesalahan saat menggunakan pemasaran media sosial.

Kesalahan strategis seperti itu sering dilakukan oleh pebisnis pemula. Apa kesalahan umum yang dilakukan orang saat menerapkan strategi pemasaran media sosial? Berikut adalah beberapa kesalahan umum:

Tidak Konsisten Posting Di Instagram

Kesalahan pertama adalah kurangnya konsisten. Hanya aktif menggunakan jejaring sosial pada awalnya, kemudian jarang aktif dan lupakan akun instagram yang di jadikan promosi bisnis.

Target Audiens Instagram Tidak Jelas

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan tujuan dan sasaran yang jelas saat menerapkan strategi yang digunakan di jejaring sosial. Kesalahan umum adalah tidak jelas membidik tujuan yang ingin Anda capai.

Misalnya: target pelanggan, jangkauan, sasaran penjualan, dll. Jika Anda memiliki tujuan yang jelas yang ingin Anda capai, akan lebih mudah untuk mengevaluasi strategi yang Anda gunakan.

Sering Update Status Promosi Di Instagram

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu sering mengupdate status. Terutama pada saat promosi dan penjualan produk. Pengikut Anda pasti akan bosan dengan banyak status. Alih-alih mendapatkan pelanggan, akun Anda akan ditinggalkan oleh pengikut, juga dikenal sebagai berhenti mengikuti atau berhenti mengikuti.

Komunikasi Promosi Satu Arah Di Akun Instagram

Jaringan sosial di atas semua sarana interaksi. Komunikasi seringkali satu arah. Cobalah membangun percakapan dengan pengikut Anda. Atau, Anda dapat membuat status meminta pendapat. Ada yang berbeda pendapat, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Bahkan, Anda dapat menggunakannya untuk meminta umpan balik dari pengikut Anda.

Respon Promosi Instagram Terlalu Lambat

Kesalahan ini paling mengganggu pengikut, terutama jika Anda mengabaikannya. Sekalipun produk Anda bagus dan bermanfaat, tidak ada yang menyukai respons yang lambat. Harap mencoba untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan secepat mungkin.

Akun Brand Instagram Untuk Personal

Kesalahan berikutnya adalah menggunakan akun merek atau merek untuk efek pribadi atau pribadi. Coba buat akun lain. Jangan gunakan Akun Merek Anda untuk barang pribadi. Saya bukan ahli jadi saya tidak tahu. Hal lain adalah jika Anda memiliki akun pribadi merek atau akun merek, itu menjadi karakter yang berbeda untuk produk Anda.

Membeli Follower Instagram

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan pebisnis pemula adalah membeli pelanggan atau menggunakan software yang bisa langsung menambah pelanggan. Pelanggan yang Anda dapatkan belum tentu pelanggan asli.

Tetapi kebanyakan dari mereka bisa menjadi pelanggan palsu. Pemula umumnya membutuhkan jaringan yang besar dan cepat. Padahal akun media sosial juga butuh proses pertumbuhan.

Tidak Fokus Menjalankan Promosi

Jika menurut Anda media sosial adalah strategi yang layak, fokuslah untuk menggunakan media sosial. Jangan gunakan strategi ini hanya di sela-sela. Bahkan jika memungkinkan, Anda tetap membutuhkan seseorang atau tim untuk mengelola media sosial perusahaan Anda.

Terlalu Banyak Social Media

Penggunaan jejaring sosial yang berlebihan dapat mengalihkan perhatian Anda dari pengelolaannya. Anda mungkin tahu cara menggunakan banyak jejaring sosial, tetapi itu tidak berarti Anda harus menggunakan semuanya. Pilih hingga dua akun media sosial. Lebih baik lagi, fokus hanya pada satu jejaring sosial.

Baca juga: Cara Memanfaatkan twitter untuk bisnis

Yang terpenting, bagaimana menjaga keabadian dan keberadaan akun media merek Anda. Artikel ini menjelaskan cara mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Kami harap artikel ini membantu Anda mempromosikan produk Anda di Instagram.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

6 thoughts on “Cara Mempromosikan Akun Instagram Untuk Bisnis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x