Langkah Membuat Landing Page Sederhana

Landing page adalah sebuah halaman website yang sederhana dan biasanya hanya terdiri dari beberapa halaman saja. Dan Langkah Membuat Landing Page Sederhana.

Halaman Landing page biasanya di gunakan untuk memberikan ulasan singkat suatu produk dan kemudian mengarahkan pengunjung ke link produk tersebut. 

Landing page juga biasanya di gunakan untuk menangkap data pengunjung. Seperti nama dan email untuk di simpan ke dalam daftar mailling list. 

Langkah Membuat Landing Page Sederhana

Ada banyak cara yang bisa menjadi referensi  untuk membangun website landing page, misalnya dengan cara : 

Menggunakan aplikasi website (seperti WordPress.org, Blogger.com) yang dapat di atur sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi sebuah landing page.
Membuat situs landing page memakai software HTML editor.
Membangun landing page memakai fitur aplikasi yang berada di Facebook. 

Mengatur Web Hosting

Dalam rangka membuat landing page, anda harus memiliki layanan web hosting yaitu server yang akan menyimpan semua data di website yang Anda miliki. Agar halaman anda dapat di akses di internet. 

Layanan web hosting pada saat ini sangat berlimpah. Dan anda dapat dengan mudah membuat kontrak sederhana dengan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam jenis hosting. Untuk mendapatkan ruang online Anda sendiri, dan menyajikan landing page dan aspek lain dari website anda.

Memperoleh Nama Domain

Nama domain akan di pakai sebagai alamat website landing page anda. Domain salah satu bagian penting dari sebuah proyek website. 

Nama domain adalah nama URL atau alamat website anda. Dan ketika anda membeli domain pilihlah yang tepat dan penting tidak domain experied. Kalau terpaksa beli experied pastikan tidak bekas domain buat spam. 

Gunakan Tools Web Design

Apakah anda sudah Mulai membangun halaman Anda. Seperti menambahkan teks, gambar dan apa pun yang Anda butuhkan untuk membuat pekerjaan landing page Anda cepat terkenal.

Anda bisa meminta jasa desainer grafis untuk membuat website anda menarik secara visual. Jika anda ingin mendesainnya sendiri, gunakan grafis kontras yang tinggi warna dan teks, serta font yang bergaya. 

Hal ini dapat membantu anda membuat halaman lebih menarik dan menarik lebih banyak pengunjung.

Optimalkan konten website Anda dengan mengoptimalkan SEO untuk kata kunci tertentu. Pastikan juga bahwa konten anda benar berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung. 

Templete website. Untuk template ini tidak di butuhkan secara mutlak, akan tetapi dengan adanya template website yang sudah jadi. Maka pekerjaan anda akan terasa lebih cepat dan mudah. 

Jadi Anda tinggal mengedit tampilan template yang sudah jadi, dengan sesuai yang anda kebutuhan dan selera Anda.

Auto Responder

Autoresponder adalah alat pendukung yang berfungsi sebagai penangkap data target pasar anda, selain itu autoresponder juga anda perlukan untuk melakukan tindakan follow up (tindak lanjut) terhadap mereka. 

Ini adalah cara untuk menggunakan informasi yang di himpun dari pengunjung website besar yang sudah terkenal, dengan data tersebut seorang pengelola website dapat mengetahui apa selanjutnya yang harus di lakukan, anda bisa menggunakan cara ini untuk keuntungan anda.

Pikirkan tentang menggunakan link media sosial di landing page anda. Salah satu cara terbaik untuk menjangkau pengunjung yang lebih besar melalui situs media sosial. Buatlah link dari media sosial yang menuju ke landing page anda.

Landing page atau sales page adalah salah satu halaman khusus pada WordPress yang menjadi pintu masuk bagi pengunjung untuk melakukan pembelian produk, memberikan atau mendaftarkan alamat email. 

Oleh sebab itu, tentunya Anda ingin halaman ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dengan berbagai macam optimasi yang bisa  anda lakukan. 

Salah satunya adalah dengan menambahkan welcome gate pada bagian awal landing page. Welcome gate adalah konten yang muncul di layar secara penuh sebelum masuk ke konten yang sesungguhnya. 

Anda dapat mengisinya dengan berbagai macam call-to-action yang bisa meningkatkan jumlah grafik pengunjung ketika masuk ke halaman landing situs Anda. 

Paling umum CTA halaman yang di tampilkan adalah untuk mendaftarkan alamat email yang dapat di tukar dengan berbagai macam manfaat yang bisa berguna bagi pengunjung. Bagaimana caranya membuat welcome gate untuk landing page WordPress?

Menggunakan OptinMaster

OptinMaster adalah salah satu plug in terbaik untuk menambahkan formulir opt-in di situs WordPress milik Anda dengan berbagai macam format, salah satun format  yang dapat di gunakan adalah welcome gate. 

Dengan format welcome gate, tidak mungkin formulir opt-in tidak terlihat oleh pengunjung karena akan langsung di tampilkan pada layar sebelum masuk ke konten landing page. 

Namun jangan khawatir, welcome gate ini tidak akan mengurangi optimasi SEO situs Anda. 

Optin Master adalah salah satu aplikasi berbayar, sebelum anda menggunakannya, sebaiknya Anda mencari tahu lebih jauh lagi mengenai fiturnya sebelum memutuskan untuk membeli dan mengaktifkannya.

Untuk menggunakan Optin Master, terlebih dulu aktivasi plug in-nya untuk dapat menghubungkan antara aplikasi ini dengan situs Anda.

Cara Menggunakan Optin Master

Kemudian klik “Create New Optin Button” kemudian pilih “fullscreen” pada bagian desainnya. 

Dari sini Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya untuk membuat desain welcome gate.

Atur timing yang pas untuk halaman opt-in, Selain dapat di munculkan pada saat awal masuk landing page. 

Optin Monster juga bisa memberikan Anda banyak pilihan untuk memunculkan formulir opt–in yang menurut Anda paling pas untuk meningkatkan konversi di website milik anda. 

Jika di buat untuk hal awal welcome gate, maka pada bagian Optin Loading Delay Anda bisa mengisinya dengan angka 0 yang artinya halaman konversi akan di munculkan pada 0 detik setelah halaman tersebut terbuka.

Bisa juga di isi dengan hitungan detik  yang ke berapa, yang menurut Anda lebih cocok untuk konten. Misalnya pada konten yang di estimasi akan selesai terbaca dalam waktu 5 menit. 

Anda bisa memasang halaman konversi opt-in pada menit ke-3 di mana pengunjung sudah mendapatkan gambaran mengenai isi konten. 

Sehingga pengunjung pun bisa punya rasa keingintahuan yang lebih tinggi terhadap isi konten lanjutan yang Anda tawarkan, dan dapat di tukar dengan alamat email. 

Timing lainnya adalah Anda sesuaikan halaman konversi opt-in saat pengunjung tedeteksi akan meninggalkan atau menutup halaman situs milik Anda.

Baca juga : Manfaat Halaman Landing Page Untuk Jualan Online

Itulah tulisan artikel tentang Langkah Membuat Landing Page Sederhana. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam membuat halaman landing page.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Langkah Membuat Landing Page Sederhana”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x