Apa Itu Pengertian Kode OTP

Bagi seseorang yang sering melakukan transaksi lewat internet banking, mobile banking, dompet digital, atau e-commerce, istilah kode OTP pasti sudah tidak asing lagi. Lalu apa itu pengertian kode OTP dan kenapa di jadikan lapisan keamanan transaksi online.

One Time Password atau OTP adalah salah satu lapisan keamanan saat bertransaksi online seperti perbankan. OTP mulai banyak digunakan seiring berkembangnya perbankan digital dan transaksi keuangan digital lainnya.

Sedangkan fungsi kode OTP adalah memperkuat lapisan keamanan transaksi keuangan online setelah PIN atau password. Biasanya permintaan kode OTP adalah bersamaan dengan PIN atau password ketika fitur verifikasi dua langkah diaktifkan.

Lalu Apa Pengertian Kode OTP

Pengertian Kode OTP adalah kode yang di dapatkan untuk memverifikasi pemilikan akun bank, akun media sosial, atau akun di website atau aplikasi, biasanya kode terdiri dari empat sampai enam digit angka, huruf, atau kombinasi keduanya. Karena kode OTP memang di rancang tidak sistematis agar keamanannya terjaga.

Kombinasi OTP di buat secara otomatis dengan sistem alogaritma canggih bernama Hashed Message Authentication Code (HMAC). Satu kode OTP terdiri dari informasi transaksi dan stempel waktu untuk keamanan tambahan.

Hal ini di gunakan agar peretas yang ingin membobol rekening bank tidak bisa mendapatkan kode OTP dan menggunakannya kembali. Karena kode OTP hanya berlaku satu kali saja dan masa berlakunya sangat singkat. Yakni 30 detik hingga 60 detik untuk pengguna memasukkan kode OTP tersebut di kolom yang di sediakan.

Cara Kerja Kode OTP

Jadi, saat seseorang melakukan transaksi online lewat handphone. Sistem keamanan bank akan otomatis meminta kode OTP dan mengirimkan kode OTP tersebut ke nomor nasabah yang terdaftar.

Kode OTP di kirimkan ke nasabah melalui pesan singkat atau SMS, alamat email yang sudah terdaftar, atau aplikasi khusus yang di pilih bank seperti WhatsApp.

Adanya kode OTP sangat penting sebagai salah satu lapisan keamanan transaksi online selain PIN dan password untuk itu anda harus tahu pengertian kode OTP. Agar akun tidak bisa di retas dan di salah gunakan oleh orang lain.

Kode OTP hanya memiliki waktu singkat untuk memasukkan kode OTP ke kolom yang sudah di sediakan. Bila nasabah salah atau terlambat memasukkan kode OTP, maka kode tersebut tidak dapat di gunakan lagi dan transaksi otomatis di batalkan.

Sementara itu, kode OTP juga berfungsi sebagai lapisan keamanan yang sudah di tingkatkan untuk memvalidasi transaksi online. Oleh sebab itu, kode OTP tidak boleh di bagikan kepada siapa pun, bahkan pihak bank sekalipun.

Keunggulan OTP Dengan PIN dan Password

Ketika sudah mengetahui pengertian kode OTP. Kode OTP mempunyai keunggulan lebih baik dari pada PIN atau password. Kode OTP di buat oleh sistem, sedangkan PIN dan password di buat sendiri oleh nasabah.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Di Handphone

Dengan demikian, perubahan kode OTP di ganti berdasarkan alogaritma sistem keamanan web server dan hanya berlaku sekali. Sementara PIN dan password di ganti sendiri oleh nasabah dan dapat di gunakan berkali-kali.

Jadi, kode OTP sulit di ketahui kombinasinya selain oleh nasabah yang menerima kode OTP tersebut melalui pesan singkat. Sementara, PIN dan password akan lebih mudah di ketahui oleh peretas.

Oleh sebab itu, kode OTP penting sebagai salah satu lapisan keamanan transaksi online selain PIN dan password. Sebagai seorang developer yang pernah membuat fitur untuk mengirim OTP (One Time Pin). Ini agak menyedihkan jika ada kesalahan.

Sebenarnya ketika anda menerima kode OTP, biasanya ada peringatan untuk tidak memberitahu ke siapapun. Peringatan ini sering di tulis dengan UPPERCASE supaya terbaca dan anda anggap serius. Karena memang hal ini serius.

Tujuan Penggunaan OTP

Jadi tujuan dan pengertian utama kode OTP adalah untuk memastikan bahwa orang yang melakukan verifikasi adalah orang yang seharusnya sama, dengan mengirim SMS ke nomor Handphone orang tersebut.

Sistem algoritma tidak tahu siapa orang yang ingin masuk, siapa yang ingin menarik dana, maka sistem akan mengirim SMS untuk memastikan apakah dia memang pengguna yang asli. Asumsinya adalah hanya orang yang mempunyai kartu SIM dengan nomor tersebut yang bisa melihat SMS itu. Yaitu pemiliknya sendiri.

Jadi jika ada orang jahat yang ingin login ke akun anda. Diia tetap tidak mempunyai akses login, karena dia tidak bisa melihat OTP yang terkirim ke nomor anda.

Maka jika anda beritahu OTP ke orang lain yang tidak anda kenal. Ini pada dasarnya mirip dengan ketika orang tersebut bertanya ke anda apa password anda. Lalu anda beritahu.

Ketika orang jahat tersebut berhasil masuk ke akun anda, dana anda bisa diambil dengan mudah. Maka saya sarankan sebaiknya anda jangan memberi tahu kode OTP kepada siapapun.

Baca juga : Cara Daftar Internet Banking Maybank

Itulah tulisan artikel tentang Apa Itu Pengertian Kode OTP. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam bertransaksi secara online, agar terhindar dari penipuan.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x