Cara Mengatasi SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan

Kartu SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan – Notifikasi seperti ini seringkali anda dapat setelah memasukkan kode dial. Dan pastinya sering di alami oleh banyak orang. Rasanya pengen emosi berkali-kali ketika melakukan panggilan, lalu bagaimana Cara Mengatasi SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan.

Hal ini dapat membuat anda pusing padahal sinyal dalam kondisi bagus dan baik-baik saja. Semua tipe Handphone akan mengalami hal serupa baik itu VIVO, ASUS, OPPO, HUAWEI, SAMSUNG, XIAOMI dan lain sebagainya.

Notifikasi ini biasanya juga berbunyi Not Registered on Network yang artinya juga sama dan masalah yang sama. Semua kartu dapat terkena masalah ini baik itu Telkomsel, xl, Axis, Indosat, Three. 

Hal seperti ini akan membingungkan pengguna jika muncul notifikasi yang sama saat melakukan panggilan Dan secara terus-menerus muncul, Pastinya ini sungguh membuat jengkel hati apalagi tidak ada masalah yang terjadi di perangkat.

Penyebab Tidak Terdaftar Di Jaringan

Untuk penyebab belum dapat di pastikan akan tetapi umumnya ini di sebabkan oleh kerusakan hardware ataupun software. Biasanya penyebab umum yaitu di karenakan :

Kerusakan pada sistem operasi handphone 

Jaringan sedang dalam keadaan bermasalah

Kerusakan pada IC PA

Cara Mengatasi SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan

Karena kerusakan jaringan tidak dapat di pastikan, karena berbeda-beda penyebabnya akan tetapi menimbulkan masalah yang sama. Maka saya akan memberikan beberapa cara yang dapat anda coba satu persatu. Oke langsung saja simak berikut ini:

Mendaftarkan Kartu SIM 

Jika anda baru memakai kartu sim yang baru di beli maka langkah pertama yaitu mendaftarkan kartu sim sesuai ketentuan kom-info. 

Hal ini dapat menimbulkan jaringan yang tidak tersambung sehingga saat anda pakai untuk menelpon akan mengalami error tidak terdaftar pada jaringan. Untuk cara registrasi nya sendiri anda dapat pakai tutorial yang di anjurkan oleh provider yang di pakai.

Ganti 4G Lte Only Ke Otomatis

Mengunci jaringan 4G lte cukup penting mengingat jaringan ini sangat canggih, tetapi hal ini dapat menimbulkan permasalahan pada jaringan. Banyak pengguna handphone yang mengunci jaringan mereka ke 4G Lte Only sehingga tidak dapat di gunakan untuk menelpon. 

Dan saat di gunakan untuk menelpon maka akan muncul notifikasi tidak terdaftar di jaringan. Untuk cara mengubah nya anda tinggal masuk bagian setelan kemudian jaringan > jaringan seluler > pilih kartu yang bermasalah > ubah 4G LTE ONLY ke Mode Otomatis.

Copot Kartu Dan pasang Kembali

Langkah selanjutnya yaitu dengan mencopot kartu sim kemudian memasang nya kembali agar masalah tidak terdaftar di jaringan dapat di atasi. Hal ini juga dapat memberikan kesempatan kepada perangkat untuk memulai ulang sistem di android sehingga masalah-masalah kecil di perangkat dapat segera tertangani.

Ubah Mode Pesawat

Anda dapat mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa waktu agar IP pada jaringan handphone dapat berubah dan dapat mengatasi masalah Not Registered on Network. Hal ini juga dapat membantu memulihkan jaringan perangkat handphone agar normal kembali dan tidak mengalami gangguan.

Menghubungi Costumer Service

Hal paling pasti tentang masalah gangguan jaringan yaitu menghubungi CS operator agar agar di bantu untuk memecahkan masalah ini. Anda dapat menggunakan Handphone teman atau saudara anda yang normal untuk menghubungi CS sesuai dengan provider yang anda gunakan dan mengalami masalah. 

Saat anda menghubungi CS maka akan di bantu dan di berikan solusi atas masalah yang anda hadapi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Restart Handphone 

Hal yang paling umum jika perangkat anda bermasalah yaitu memulai ulang atau restart handphone anda. Hal ini cukup efektif dalam mengatasi masalah-masalah kecil di perangkat terutama eror tidak terdaftar di jaringan seluler. 

Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Ini adalah langkah esktrim dan terakhir sebelum membawa handphone-nya ke tukang service untuk mengatasi hal ini. Saya sarankan Anda memikirkan terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Karena saat mengembalikan ke setelan pabrik, Semua data otomatis akan hilang dan tidak tersisa, sebelum di reset anda dapat mencanangkan file yang menurut anda penting.

Demikian informasi artikel yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengatasi Handphone Error Tidak Terdaftar Di Jaringan Not Registered on Network. 

Baca juga : Cara Memblokir Panggilan Masuk Di Handphone Android

Itulah tulisan artikel tentang Cara Mengatasi SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan, semoga artikel ini dapat membantu Anda ketika menggunakan handphone Android.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

One thought on “Cara Mengatasi SIMcard Tidak Terdaftar Di Jaringan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x