Tips Berkomunikasi Dengan Orang Di Jalan

Ketika anda jalan-jalan atau sedang bertraveling anda akan menemui bermacam-macam orang salam perjalanan. Hal itu akan membutuhkan komunikasi yang bagus, Taukan anda seperti apa anda sebenarnya. Berikut ini Tips Berkomunikasi Dengan Orang Tidak Di Kenal Di Jalan.

Dalam Komunikasi Sebagai suatu proses penyampaian pesan, informasi atau ide-ide dari seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang lain. 

Komunikasi memerlukan teknik-teknik atau cara-cara sehingga pesan, informasi, atau ide-ide yang hendak di sampaikan tersebut dapat di fahami atau di terima oleh pihak lain.

Di fahami atau di terimanya pesan, informasi, atau ide-ide tersebut merupakan keberhasilan dari sebuah proses komunikasi.

Setiap pergaulan, kita akan menjumpai tiga macam tipe perilaku dasar manusia yang di pastikan akan selalu ada dalam diri setiap individu, termasuk dalam diri kita masing-masing.

Tidak hanya ada dalam diri, lebih dari itu ternyata ketiga perilaku dasar tersebut akan selalu menimbulkan dampak secara langsung terhadap perkembangan diri individu dan akan memberikan pengaruh pada aktivitas yang di jalankannya.

Mengapa, karena terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku yang di miliki dengan tindakan-tindakan yang di lakukan. Dalam berkomunikasi ada beberapa pengelompokan perilaku yang biasa di tunjukkan oleh seseorang.

Tips Berkomunikasi Dengan Orang Tidak Di Kenal Di Jalan

Di antaranya pengelompokan berdasarkan bagaimana seseorang dapat mengungkapkan kebutuhan dirinya sendiri dalam konteks hubungannya dengan kebutuhan orang lain, adalah perilaku agresif, submisif, dan asertif.

Submisif

Submisif adalah tipe perilaku yang berkecenderungan menerima dan bahkan menyerah pada semua hal yang terjadi, sekalipun yang di hadapi itu buruk adanya.

Yang menonjol dari perilaku ini adalah tidak mampu mengatakan “Tidak” pada kondisi di mana ia harus menyatakan “Tidak”.

Jelas perilaku seperti ini menimbulkan berbagai masalah baik bagi dirinya sendiri maupun orang-orang lain yaitu: tidak dapat di jadikan partner kerja yang baik dan sulit untuk berkembang.

Individu dengan perilaku seperti ini akan selalu menghadapi berbagai hambatan dan selalu melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menjatuhkan aktivitasnya.

Orang yang berperilaku submisif cenderung tidak memfokuskan diri pada perkembangan dirinya berdasarkan kemampuan yang di miliki. Mereka akan mengikuti apa saja yang menjadi keinginan pimpinan, keinginan keluarga, atau keinginan masyarakat.

Menghindari menyakiti atau membuat marah orang lain Berusaha memperoleh persetujuan orang lain Tanda non verbal. 

Agresif

Perilaku agresif cenderung bersikap otoriter yang bermain perintah. Individu yang bertipe agresif selalu tidak mempertimbangkan kepentingan orang lain, yang ada hanya kepentingan pribadinya.

Apa pun yang menjadi keinginannya itulah yang harus di laksanakan. Pada akhirnya nanti orang yang berperilaku agresif, akan menemui berbagai kesulitan pada waktu bekerja bersama tim.

Sikap seperti ini kalaupun di paksakan dalam kerja Tim, maka akan membuahkan banyak kesalahan yang ujung-ujungnya nanti akan menghambat kariernya sendiri.

Jujur, terbuka namun cara mengungkapkan perasaan tidak tepat, menggunakan segala cara, verbal dan non verbal, misal: sinisme, kekerasan. 

Assertif

Perilaku Assertif di bandingkan dengan kedua perilaku sebelumnya akan memberikan keuntungan yang lebih bagi individu pemiliknya.

Individu yang berperilaku assertif akan selalu mampu menyatakan “Ya” dan sekaligus mampu untuk berkata “Tidak” sesuai pada kondisi yang terjadi, tanpa melukai siapapun lawan bicara.

Namun dia juga mempunyai kemampuan pengendalian emosi yang sempurna sehingga dapat menampilkan sikap yang humanis, sejuk, percaya diri dalam balutan ketenangan dan kesabaran. Dampaknya adalah lawan bicara tidak terhinakan oleh ungkapan-ungkapannya.

Jadi anda orang yang bagaimana, apakah anda seorang yang agresif, submitif, assertif. Semua orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, perbedaan itulah yang akan menjadi persahabatan yang kuat. Saya harap anda selalu percaya diri ketika berhadapan dengan siapapun.

Baca juga : Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri

Itulah tulisan artikel tentang Tips Berkomunikasi Dengan Orang Tidak Di Kenal Di Jalan, saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam berkomunikasi sosial dengan orang lain.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x