Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis

Set Top Box atau STB TV Digital akan di bagikan secara gratis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat sebagai hiburan di rumah. Lalu bagaimana Cara Mendapatkan Set Top Box atau STB Gratis.

Pembagian set box gratis di gunakan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu agar bisa menggunakan TV Analog dan tidak perlu mengganti ke TV Digital untuk memperoleh tayangan.

Dengan pemberian STB secara gratis ini, masyarakat tidak perlu membeli tv digital untuk tetap bisa menikmati siaran TV miliknya. Harga set top box di pasaran sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Apa Itu Set Top Box

Set top box adalah alat penangkap sinyal siaran tv. Jenisnya ada beberapa yakni DVB-T2, DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV. Sedangkan di Indonesia menggunakan set top box DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.

Set-top box (STB) adalah alat untuk mengubah sinyal menjadi gambar dan audio untuk ditampilkan pada televisi analog. Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital. Android TV Box adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah TV biasa menjadi TV pintar.

Syarat untuk mendapatkan STB TV digital gratis dari Kominfo adalah masyarakat harus terdaftar di “Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial” (DTKS) Kementerian Sosial. Sebab, pemberian STB ini adalah bagian dari bantuan sosial (bansos).

Baca juga : Set Top Box TV Digital Terbaik

Syarat Mendapatkan Set Top Box

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, berikut syarat untuk dapatkan Set Top Box secara gratis dari Kominfo:

Termasuk warga miskin yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial
Memiliki kartu identitas e-KTP
Lokasi rumah berada di cakupan yang terdampak ASO
Memiliki TV analog

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis

Setelah mengetahui syarat dapatkan set top box gratis, Anda harus menyiapkan data bahwa anda terdaftar secara resmi di DTKS, lalu mendownload aplikasi cek bansos. Lalu ikuti cara mendapatkan STB TV digital gratis ini: 

Download dan Buka aplikasi Cek Bansos.
Pilih menu Daftar Usulan.
Daftarkan diri atau anggota keluarga lain yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kementerian Sosial.
Pada menu daftar usulan, silahkan anda pilih menu tambah usulan.
Dengan menggunakan NIK KTP dan KK, sistem akan memvalidasi dan mencocokkan data.
Jika sudah tervalidasi, pilih jenis bansos yang akan di ajukan, yaitu pemberian alat STB TV digital gratis.
Petugas melakukan verifikasi dan validasi KTP dan KK calon penerima bantuan yang terdaftar di DTKS.
Apabila penerima bantuan tidak dapat menunjukkan KTP dan KK (hilang atau dalam proses), maka dapat memperlihatkan surat pengantar dan/atau surat keterangan dari RT/RW.
Apabila penerima bantuan sedang sakit, tidak berada di rumah, atau meninggal dunia, maka bantuan dapat diberikan ke anggota keluarga (dalam satu KK).
Petugas memberikan tanda terima yang sah & dapat dipertanggungjawabkan berupa berita acara tanda terima atau berupa dokumen elektronik.

Untuk cek status bantuan sosial dari pemerintah. Anda dapat membuka website cekbansos.kemensos.go.id buka alamat website tersebut lalu, pilih provinsi, Kabupaten, kecamatan, desa masing-masing, kemudian masukkan nama penerima bantuan maka akan muncul halaman daftar penerima bantuan.

Baca juga : Cara Menonton Video Youtube Di Televisi

Itulah tulisan artikel tentang Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari set top box gratis.

By Azis

Hai terima kasih banyak telah berkunjung ke website kami. Jika anda membutuhkan jasa tulisan artikel dengan teknik copywriting. Anda bisa menghubungi saya lewat halaman contact.

2 thoughts on “Cara Mendapatkan STB Gratis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x