Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Brawijaya? Jika ia anda harus mengetahui Cara Daftar ke Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi berkualitas tinggi dan fasilitas pendidikan yang modern. Jika Anda ingin mendaftar ke Universitas Brawijaya, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat membantu Anda.

Universitas Brawijaya adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Universitas ini menawarkan berbagai program studi, baik sarjana, diploma, maupun pascasarjana, di bidang ilmu eksakta dan non-eksakta.

Cara Daftar ke Universitas Brawijaya

Ada beberapa jalur masuk yang dapat Anda pilih untuk mendaftar ke Universitas Brawijaya, yaitu:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  • Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)
  • Seleksi Mandiri
  • Seleksi Program Vokasi (SMPV)
  • Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD)

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing jalur masuk, Anda dapat mengunjungi situs resmi Seleksi Masuk Universitas Brawijaya.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda harus membuat akun baru di laman Admisi UB dengan menggunakan alamat email yang valid. Setelah itu, Anda dapat mengisi data pribadi, memilih jalur masuk, dan mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti foto diri, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan pemeriksaan buta warna, dan lain-lain.

Anda juga harus memperhatikan jadwal pendaftaran, pengumuman hasil seleksi, dan registrasi (daftar ulang) yang berbeda-beda untuk setiap jalur masuk. Anda dapat melihat jadwal lengkapnya di situs resmi Seleksi Masuk Universitas Brawijaya.

Syarat Daftar Kuliah Ke Universitas Brawijaya

Persyaratan untuk mendaftar ke Universitas Brawijaya tergantung pada jalur masuk yang Anda pilih. Secara umum, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, 2022, atau 2023 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN
  • Memiliki kesehatan yang memadai
  • Nilai rapor minimal rata-rata 75,00 per semester di bidang pengetahuan semua mata pelajaran (mulai dari semester 1-5)

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan persyaratan khusus untuk setiap jalur masuk, seperti prestasi akademik atau non-akademik, sertifikat Tes Potensi Akademik, foto diri berwarna terbaru, dan dokumen lain yang diperlukan.

Anda dapat melihat persyaratan lengkap untuk setiap jalur masuk di situs resmi Seleksi Masuk Universitas Brawijaya. Anda juga dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman Admisi UB dengan menggunakan alamat email yang valid.

Biaya Kuliah Di Universitas Brawijaya

Biaya kuliah di Universitas Brawijaya tergantung pada jalur masuk dan program studi yang Anda pilih. Ada dua komponen biaya kuliah yang harus Anda bayar, yaitu:

  • Uang Kuliah Tunggal (UKT), yaitu biaya pendidikan yang dibayarkan per semester. UKT dibagi menjadi enam kelompok, dari yang terendah (kelompok I) hingga yang tertinggi (kelompok VI). Kelompok UKT ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua/wali Anda. Anda dapat mengajukan permohonan penyesuaian kelompok UKT jika ada perubahan kondisi ekonomi Anda.
  • Iuran Pendidikan Inisiasi (IPI), yaitu biaya pendidikan yang dibayarkan sekali saat pertama kali masuk. IPI berbeda-beda untuk setiap program studi dan jalur masuk. IPI juga dibagi menjadi empat kelompok, dari yang terendah (kelompok IV) hingga yang tertinggi (kelompok VI). Kelompok IPI ditentukan berdasarkan kelompok UKT Anda.

Berikut adalah rentang biaya kuliah untuk beberapa jalur masuk di Universitas Brawijaya:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 23.450.000 per semester, IPI tidak dikenakan.
  • Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT): UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 23.450.000 per semester, IPI mulai dari Rp 15.000.000 hingga Rp 150.000.000 sekali bayar.
  • Seleksi Mandiri: UKT mulai dari Rp 3.600.000 hingga Rp 150.000.000 per semester, IPI tidak dikenakan.
  • Seleksi Program Vokasi (SMPV): UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 6.500.000 per semester, IPI mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 sekali bayar.
  • Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD): UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 23.450.000 per semester, IPI tidak dikenakan.

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar ke Universitas Brawijaya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi pihak universitas. Semoga sukses dalam proses pendaftaran!

Bagikan: