Kamera WhatsApp terkadang tidak dapat di gunakan pengguna. Dan muncul notifikasi ” Tidak dapat memulai kamera, Silahkan muat ulang telepon anda”, berikut ini Cara Mengatasi Kamera Di WhatsApp Tidak Berfungsi.

Menggunakan kamera Whatsapp di gunakan untuk membuat Story atau mengirim foto dan video lewat Whatsapp.

Kamera Whatsapp

Kamera di Whatsapp tidak jauh berbeda dengan kamera bawaan handphone. Namun banyak pengguna yang menggunakan kamera Whatsapp.

Kamera WhatsApp tidak bisa di gunakan dapat berdampak pada fitur Whatsapp yang menggunakan kamera.

Seperti membuat story WA, Grup WA, Video Call dan foto. Sehingga dapat menghambat pengguna dalam berkomunikasi di Whatsapp.

Tanda-tanda ketika kamera WhatsApp tidak dapat di gunakan yaitu tidak bisa di buka, gagal memuat, notifikasi eror dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan

Ada banyak cara yang dapat di gunakan ketika kamera Whatsapp tidak bisa di gunakan :

Paksa Berhenti Aplikasi

Penyebab kamera WhatsApp gagal di muat yaitu terjadinya eror. Dan anda bisa memberhentikan paksa aplikasi dan membukanya kembali agar aplikasi bisa kembali normal.

Untuk cara memberhentikan sebagai berikut masuk ke pengaturan, lalu ke manajemen aplikasi, pilih aplikasi Whatsapp dan Pilih opsi paksa berhenti. Kemudian cek apakah kamera WhatsApp sudah berfungsi.

Hapus Cache

Terlalu banyaknya cache dapat menjadikan kamera Whatsapp tidak bisa di gunakan. Cache berguna untuk mempercepat proses loading saat membuka aplikasi.

Banyaknya cache juga dapat menyebabkan aplikasi WhatsApp menjadi berat dan eror. Cara menghapus file cache ini yaitu masuk ke pengaturan kemudian manajemen aplikasi pilih aplikasi Whatsapp lalu penyimpanan dan pilih opsi hapus cache.

Hapus Data

Jika menghapus cache masih belum berfungsi untuk kamera Whatsapp, Maka anda perlu menghapus data pada aplikasi. Karena mungkin data aplikasi terdapat error.

Untuk menghapus data aplikasi anda dapat menuju pengaturan lalu manajemen aplikasi pilih aplikasi Whatsapp kemudian penyimpanan dan pilih opsi hapus data. Kemudian buka Whatsapp apakah kamera sudah berfungsi.

Update Aplikasi

Kamera Whatsapp tidak dapat di gunakan mungkin karena adanya bug di aplikasi. Dan developer sering memperbarui versi aplikasi untuk menghilangkan bug yang tidak berguna.

Jika Whatsapp anda belum di perbarui, Maka sebaiknya segeralah di perbarui untuk menghindari bug di versi lama. Anda dapat update aplikasi melalui play store langsung.

Handphone Sudah Di Root

Kamera Whatsapp tidak dapat di gunakan mungkin karena perangkat sudah di root. Karena melakukan root pada handphone bisa menyebabkan beberapa aplikasi eror.

Jika tidak penting melakukan root pada handphone, sebaiknya jangan melakukan root pada handphone.

Penyimpanan Penuh

Penyimpanan memori pada handphone penuh juga dapat menyebabkan kamera Whatsapp tidak dapat di buka. Hal ini karena tidak ada ruang untuk menyimpan foto.

Sehingga anda harus menghapus beberapa file yang tidak terlalu penting, agar dapat menyediakan ruang agar kamera WhatsApp dapat di gunakan seperti biasanya.

Berikan Izin Akses Kamera

Setiap aplikasi past akan meminta izin kepada pengguna handphone untuk menggunakan fitur penyimpanan, kamera dan lain-lain. Terkadang pengguna lupa atau belum memberikan izin akses kamera di Whatsapp.

Jika anda belum memberikan izin pada aplikasi Whatsapp, buka pengaturan > manajemen aplikasi > aplikasi Whatsapp > izin > centang kamera. Maka kamera WhatsApp sudah dapat di gunakan.

Baca juga : Cara Mengirim Video Di WhatsApp

Itulah tulisan artikel tentang Cara Mengatasi Kamera Di WhatsApp Tidak Berfungsi

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.