Tips Membeli Ban Mobil Baru

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor Ban menjadi salah satu komponen paling penting yang mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. 
Tidak hanya itu, dengan pemilihan ban yang tepat, juga mempengaruhi performa dan efisiensi mobil Anda. Jika kondisi ban sudah mulai aus atau tipis, saya sarankan untuk segera mengganti ban Anda, demi menghindari dari resiko terjadinya kecelakaan saat sedang berkendara. 

Cara Memilih Ban Mobil 

Kalau ban sudah aus, akan terjadi aquaplaning atau hydroplaning yang merupakan peristiwa ketika ban kehilangan pijakan saat melintasi air. 
Efek dari ban kehilangan cengkeraman, hal ini akan membuat mobil mudah kehilangan kendali. Penyebabnya adalah terdapat lapisan air antara ban dan permukaan jalan, sehingga ban mengambang dan kehilangan cengkeraman ke tanah. 
Dengan memilih ban yang berkualitas dan cara yang berkendara yang tepat, maka anda bisa terhindar dari resiko terjadinya aquaplaning. 
Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti  ban mobil anda, sebaiknya anda memperhatikan jenis dan tipe dari ban mobil yang akan Anda gunakan. 
Rekomendasi ban terbaik dan berkualitas di musim hujan adalah dengan memilih ban yang memiliki permukaan yang dapat memecah dan membuang air yang baik. Sehingga alur di permukaan ban dapat memecah genangan air dan mengalirkan air dari tengah hingga ke luar.

Masa kadaluarsa Ban

Tak ada patokan resmi tentang batas kadaluarsa ban. Namun agar aman saya sarankan untuk mengikuti batas usia maksimal penggunaan 5 tahun yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat ban. 
Selain itu, sebelum anda membeli ban baru, cek kembali kondisi ban. Jika ada kerusakan sekecil apapun pada ban, yang disebabkan karena peyimpanan atau cacat produksi, saya sarankan untuk tidak digunakan, dan pilih ban yang bagus, Jangan mudah tergoda oleh harga yang murah ya!

Tekanan angin ban yang ideal

Tekanan angin pada ban sangat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran ban yang digunakan. jika mobil Anda masih menggunakan ban dengan ukuran standar Bawaan pabrikan mobil, Anda dapat melihat informasi tekanan angin ban yang disarankan pada badge yang ada di pintu mobil. 
Namun jika ban mobil anda sudah di modifikasi dengan pelek ukuran lebih besar, lebih baik anda berkonsultasi dengan bengkel spesialis ban mobil terlebih dahulu. 
Namun patokan tekanan angin ban yang paling umum berkisar antara 28 hingga 36 psi, tergantung dari ukuran ban mobil yang digunakan.
Pengalaman membeli mobil atau ban bekas atau baru, anda lihat dahulu tahun pembuatan ban, melihat dari kecelakaan-kecelakaan mobil karena pecah ban, anda sebagai pemilik mobil, usahakan untuk mengerti kode pada mobil, Contoh kode yang tertulis pada ban mobil 205/65/R15 94 H
  • Angka 205 adalah Lebar BAN.
  • Angka 65 adalah Tinggi BAN.
  • Huruf R adalah singkatan Ring
  • Angka 15 adalah Ukuran Ring.
  • Angka 94 adalah Maximal berat Beban.
  • Huruf H adalah Max 210km/h.
Terkadang kode huruf Maximal kecepatan pada ban pada model mobil itu berbeda-beda, berikut ini adalah kode huruf Maximal kecepatan pada ban mobil :
  • Huruf S adalah kecepatan Maximal 180km/h.
  • Huruf T adalah kecepatan Maximal 190 km/h.
  • Huruf U adalah kecepatan Maximal 200km/h.
  • Huruf V adalah kecepatan Maximal 240km/h.
  • Huruf Z adalah kecepatan Maximal 240km/h. 
  • Huruf W adalah kecepatan Maximal 270km/h. Huruf Y adalah kecepatan Maximal 300km/h. 
Setiap BAN juga ada kode 4 angka yang terlihat di sisi BAN Contoh : “0921″ kode nomor tersebut menunjukkan keluaran ban baru dari pabrik pada minggu ke “09” tahun “2021”.
Setiap BAN mempunyai waktu masa penggunaan ideal 5 tahun sejak tanggal ban di produksi dan dikeluarkan dari Pabrik, Jika anda membeli baru pastikan ban tersebut keluaran tahun terkini.
Jika anda membeli BAN dengan kode tahun yang sudah berlalu, maka anda berhak mendapatkan diskon dari daftar harga sesuai dengan ketentuan.
Contoh ban dijual pada akhir tahun 2021 tetapi di ban mobil Produk tertulis tahun :
  • 2020 Potongan Disc 20%.
  • 2019 Potongan Disc 40%.
  • 2018 Potongan Disc 60%.
  • 2017 saya sarankan jangan dibeli walaupun ditawari diskon 80%.
Usia BAN bila sudah lebih dari 5 tahun, maka kondisi karet ban sudah keras, karena sudah masuk kategori Expired kadaluarsa meskipun belum digunakan sama sekali. 
Saya sangat menyarankan jangan membeli ban di usia 4 sampai 5 tahun, karena dapat membahayakan jiwa anda dan keluarga, ketika mobil di kendarai, Mari cek kondisi ban mobil Demi Keselamatan Keluarga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *