Ada banyak sekali jenis dan nama domain, lalu bagaimana cara mengetahui apa itu perbedaan dan jenis nama domain beserta fungsinya.

Ranah Internet Tingkat Teratas, atau Top Level Internet Domain merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam nama domain. 

Misalnya www.nulisartikel.com memiliki domain teratas .com atau COM, anda dapat menulis dengan huruf kecil atau besar, karena nama domain tidak mempermasalahkan huruf besar atau kecil.

Ada banyak sekali jenis domain yang di gunakan sebagai alamat sebuah website, yang di gunakan sebagai bahan untuk mengingat sebuah website, domain sekarang kebanyakan berupa sebuah nama atau huruf. 

Dulu domain menggunakan rangkaian sebuah angka, akan tetapi domain sekarang menggunakan huruf atau nama, agar mudah di ingat dan temukan.

Perbedaan Dan Fungsi Domain TLD

Di antara banyaknya sebuah domain, ada beberapa domain yang populer dan ada domain khusus.

.com

Extensi domain .com adalah domain paling populer dan banyak di gunakan oleh seorang website developer.

Domain ini banyak di gunakan karena harganya yang murah dan perpanjangan domain com juga murah.

.XYZ

Extensi domain XYZ adalah domain khusus yang di gunakan untuk sebuah website yang berciri khas sebagai website generasi berikutnya.

Yaitu domain untuk generasi milenial, domain XYZ juga cukup populer dan potensial karena mudah dalam pergerjaannya.

.Online

Extensi domain Online adalah domain yang di gunakan untuk membuat website pribadi yang mempresentasikan sebuah halaman gaya hidup online.

Website yang cocok untuk domain ini adalah website jenis apa saja yang bisa di akses oleh pengguna secara online.

.ID

Extensi domain yang di gunakan khusus untuk negara Indonesia, domain ini banyak di gunakan di negara Indonesia, karena domain mencirikan kalau website di kembangkan oleh seorang warga indonesia.

.BIZ

Extensi domain yang di gunakan khusus untuk seorang pebisnis, domain bisnis sangat cocok untuk di gunakan untuk mempresentasikan sebuah bisnis e-commerce atau bisnis online lainnya.

ORG

Extensi domain org adalah domain yang cocok di gunakan untuk sebuah organisasi, yang mencirikan sebuah website grub atau organisasi, seperti perkembangan, dana, kegiatan organisasi.

Baca juga : cara mencari domain yang tepat

Itulah beberapa perbedaan nama dan jenis domain beserta fungsinya yang harus anda ketahui, sebelum memilih domain.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *