Perbedaan 3 Model Bisnis Jasa Pengiriman Logistik

Apakah anda pernah berfikir bagaimana alur pengiriman sebuah pengiriman logistik, mengirimkan suatu barang dari satu kota ke kota lain, maupun dari satu negara ke negara lain. 
Bisnis logistk itu ternyata bukan hanya jasa kurir pengiriman seperti pos, J&T, JNE dan kurir lainnya yang mungkin sudah familiar Anda gunakan.
Itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan infrastruktur jasa logistik yang ada di Indonesia atau dunia.

Perbedaan Jasa Pengiriman Logistik

Ada tiga model jasa pengiriman logistik yang kalau dapat diketahui dalam dunia jasa pengiriman logistik 

Freight Forwarding

Yaitu suatu layanan pengurusan jasa pengiriman barang secara menyeluruh mulai dari per-izinan, kendaraan transportasi, gudang warehouse, sampai proses impor-expor.
Singkatnya suatu perusahaan membantu banyak perusahaan yang lain, yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar baik antar kota kekota, pulau bahkan sampai ke luar negeri.

Logistik Trucking Services

Jasa yang khusus melayani pengiriman barang melalui kendaraan truk atau kontainer, layanan yang ditawarkan mulai dari FTL (Full Truk Load) sampai LTL (Less Truk Load).
Jasa seperti ini biasanya digunakan oleh suatu perusahaan yang ingin mendistribusikan  produksi nya, contohnya dari suplier ke gudang, pabrik ke gudang, gudang ke outlet, atau pabrik langsung ke toko swalayan atau dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

3PL Logistic Management

Penjelasan singkatnya adalah jasa manajemen layanan logistik. Perusahaan jasa pengiriman logistik menawarkan jasa pengelolaan barang mulai dari manajemen penyimpanan atau pergudangan, packing, transportasi, toll manufaktucing, hingga assembly.
Hampir semua instansi dan infrastruktur bisnis membutuhkan jasa kirim-mengirim barang untuk memdistribusikan produk yang lancar dan produk terantar di konsumen dengan baik.
Makanya, bisnis pengiriman logistik pada saat ini memiliki kebutuhan yang tinggi. Dan tidak aneh, kalau perusahaan jasa pengiriman logistik memilih berkolaborasi. 
Karena mungkin daripada jadi pesaing, lebih baik jadi mitra. Distribusi produk semakin luas, layanan makin puas, uang yang didapat makin tak terbatas!
Selain itu, ada ratusan perusahaan baik skala lokal maupun multinasional yang mempercayakan pengantaran logistik mereka kepada perusahaan Logistik, seorang pebisnis akan mencari layanan jasa logistik yang dapat mengirim produk dengan baik dan bebas dari kesalahan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *