Peralatan menjahit untuk pemula, bolehkah saya bertanya apakah hoby anda? Dan hoby apa yang menyenangkan? Salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah adalah menjahit.

Apakah anda bisa menjahit? Proses menjahit yang lama haruslah di iringi dengan kesabaran yang besar, karena godaan kebosanan selalu lewat dalam pikiran begitu saja.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kebanyakan seorang penjahit mempunyai tingkat kesabaran yang lebih besar dari pada seorang biasa.

Selain itu, kegiatan menjahit adalah salah satu sarana untuk mengembangkan potensi diri sendiri yang lebih baik dan juga untuk meredakan stres akibat pengangguran.

Untuk menekuni hobi menjahit tentunya memerlukan berbagai peralatan menjahit untuk membantu proses belajar menjahit secara keseluruhan. Apa saja sih sebenarnya peralatan utama seorang penjahit itu.

Peralatan Seorang Penjahit

Di situs nulisartikel.com ini saya sudah mengumpulkan informasi tulisan artikel mengenai alat menjahit yang harus di miliki oleh seorang penjahit.

Kain

Jika kamu pemula, jangan langsung membeli kain halus seperti sutra yang harganya sangat mahal. Beli saja kain pasar lokal dengan harga  per meter yang dapat di temukan di banyak toko terdekat, atau di toko online marketplace, cari saja di Kabupaten Pekalongan atau Pemalang di sini harganya cukup terjangkau.

Banyak sekali jenis kain yang dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Semakin baik kemampuan anda memilih, semakin banyak pula opsi kain yan dapat anda gunakan untuk berkereasi.

Jarum

Jarum adalah perlengkapan jahit yang sangat esensial, karena jarum di gunakan untuk menyatukan dua kain menjadi satu.

Jenis jarum ada banyak di sini saya hanya akan menyebutkan jenisnya tanpa menyebutkan fungsi nya.

mungkin lain kali akan saya tulis artikel tentang macam jarum, dan jenisnya sebagai berikut:

Jarum jahit, Jarum pentul, Jarum Sharp, Jarum Crewel, Jarum Millinery atau Straw, Jarum Quilting, Jarum manik-manik, Jarum Darner, Permadani, Chenille.

Dan masih banyak lagi ukuran dan jenis jarum untuk menjahit.

Benang

Benang berfungsi untuk menahan kain yang sudah di satukan dengan jarum supaya tidak terpisah, anda harus menyediakan benang sesuai dengan kain yang akan anda jahit, entah itu ukuran, warna kain yang akan anda jahit.

Pengurai Jahitan

Jika peralatan tersebut di rasa masih kurang, anda masih bisa menambahkan peralatan lainnya, seperti pengurai jahitan yang berfungsi untuk mengurai jahitan apabila ada yang salah ketika menjahit.

Alat Pemotong dan Penggaris

perlengkapan menjahit yang harus di persiapkan seorang penjahit adalah alat Pemotong dan penggaris, benda ini berfungsi sebagai alas ketika anda menginginkan berapa lebar kain yang anda butuhkan.

Perlu di perhatikan, lengkapi benda ini dengan penggaris khusus yang sesuai dengan ukuran alat Pemotong kain yang sudah anda beli, jika terlalu merepotkan tentang penggaris khusus, anda dapat menggunakan penggaris biasa, kok.

Setrika

Untuk memudahkan proses membuat lipatan yang rapi sebelum menjahit. Setrika anda menjahit bagian bawah lipatan celana atau rok, kerah baju, lipatan lengan, dan sejenisnya.

Terkadang, ada juga beberapa jenis kain yang tidak bisa di bentuk dengan jarum pentul, anda dapat mengandalkan setrika untuk membuat pola baju yang di inginkan.

Klip Ajaib

Klip yang mempunyai bentuk kecil ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan jarum pentul yaitu membantu membuat sebuah lipatan yang rapi.

Inilah mengapa di zaman modern sekarang ini mesin jahit portable lebih unggul daripada yang manual. Kelebihan dari benda wonder clips ini adalah Anda tidak akan khawatir tertusuk apabila menggunakan wonder clips. 

Gambar Pola Jahitan

Inilah perlengkapan pola jahitan yang perlu anda ketahui ketika sedang menjahit, Kertas pola, Pensil, Pengaris, Gunting kertas.

Jika media pola yang anda gunakan adalah kertas tebal seperti karton, anda dapat menyimpan gambar pola jahitan lebih lama karena kertan karton cenderung lebih awet.

Lampu

Lampu memang bukanlah benda esensial yang harus untuk dimiliki bagi seorang penjahit. Namun, lampu dapat membantu anda melihat lebih jelas beberapa bagian yang akan di jahit dengan detail. Apalagi untuk jahitan dengan warna kain yang lebih gelap.

Meteran Jahit

Sebenarnya, meteran jahit mempunyai fungsi yang hampir sama dengan penggaris. Namun, jika ukuran kain yang akan di jahit lebih dari 30 cm, biasanya seorang penjahit akan beralih menggunakan meteran jahit daripada menggunakan penggaris.

Selain itu, meteran jahit juga cocok di gunakan ketika anda akan membuat sarung bantal atau guling.

Karbon dan Rader

Kedua benda peralatan menjahit ini adalah benda yang di perlukan untuk menandai batas pola pada kain atau bahan yang di jadikan media jahit.

Pilihlah warna karbon atau pulpen yang kontras dengan media yang anda jahit agar memudahkan proses pemakaiannya.

Baca juga : Cara Menjahit Lengan Baju kemeja

Mungkin itu saja pembahasan tentang alat yang di gunakan untuk belajar menjahit, jika ada yang kurang atau kelebihan dapat diskusikan di dalam kolom komentar di bawah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *