Menjahit kancing terkadang sering di sepelekan oleh banyak orang. Kancing adalah salah satu elemen yang penting dari pakaian lalu bagaimana cara menjahit tempat kancing kemeja.

Fungsi kancing untuk menutup atau mengencangkan bagian baju yang terbuka ada juga kancing yang berfungsi sebagai aksesoris.

Kancing banyak di gunakan untuk berbagai macam pakaian mulai dari kemeja, jaket, celana, polo, dan masih banyak pakaian lainnya.

Ketika kancing yang lepas dari pakaian merupakan hal yang tidak mengenakkan. Penampilan busana anda menjadi tidak rapi atau bahkan akan mengganggu aktivitas anda. Untuk menjahit kancing memang mudah bagi beberapa orang.

Namun, bagi sebagian orang cara menjahit kancing ini di anggap sebagai hal sepele. jika tidak di lakukan dengan benar, kancing akan mudah terlepas kembali. Agar tidak mudah lepas, maka Anda perlu mengetahui cara menjahit kancing yang tepat.

Anda tidak perlu pergi ke tukang jahit untuk mendapatkan hasil pasangan kancing baju yang rapi dan kuat. A

Anda dapat memasang kancing baju sediri di rumah, jika anda mengetahui cara menjahit kancing dengan benar. Berikut cara menjahit tempat kancing kemeja yang tepat agar tak mudah lepas:

Cara Menjahit Tempat Kancing  Kemeja

Sebelum anda mengetahui cara menjahit kancing yang benar, Anda harus menyiapkan alat dan bahan untuk memasang kancing baju. Pilihlah salah satu kancing baju yang sesuai dengan pakaian yang Anda miliki.

Menyiapkan Bahan

Jika Anda ingin mengganti sebuah kancing yang hilang karena terlepas, pastikan kancing pengganti baju tersebut sama ukurannya dengan kancing sebelumnya. Berikut bahan-bahannya:

Pita meteran
Jarum jahit tangan
Benang (sesuai dengan warna kancing dan pakaian) 
Gunting 
Tusuk gigi 
Kancing (sesuai dengan warna pakaian).

Menentukan Posisi Kancing

Cara menjahit kancing yang pertama adalah mencari posisi kancing. Pertama temukan posisi kancing baju yang benar.

Saat Anda mengganti kancing yang sudah terlepas, Anda akan mendapatkan di mana bekas jahitan kancing tersebut.

Ketika Anda menemukan bekas kancing baju tersebut, gunakan pita untuk pengukur jarak setiap kancing.

Jika Anda menjahit kancing pada pakaian yang baru, Anda dapat menentukan sendiri di mana letak kancing baju tersebut.

Ukur dengan menggunakan pita meteran agar lokasi kancing tidak terlalu berdekatan atau berjauhan.

Memasang Benang Ke Jarum

Cara menjahit kancing baju selanjutnya adalah masukkan benang ke dalam lubang jarum, selanjutnya ikat kedua ujung sampul menjadi satu simpul. Ikat lebih dari satu kali agar simpul benang kuat dan tidak mudah lepas saat di jahit. 

Untuk panjang benang, Anda dapat memgira-gira seberapa benang yang akan di pasang. Pastikan benang yang anda gunakan tidak terlalu pendek agar Anda tidak berulang dalam memasukkan benang kedalam jarum lagi.

Pastikan juga bahwa benang tidak terlalu panjang agar tidak menyulitkan Anda ketika sedang menjahit.

Mulai Menjahit Kancing Kemeja

Mulailah untuk memasukkan kancing ke jarum dan mulailah untuk menjahit lubang kancing. Jika kancing yang di pasang memiliki dua lubang maka anda harus mencoba menjahit satu persatu menjadi dua putaran. 

Jika kancing baju yang anda pilih mempunyai empat lubang, maka pastikan Anda harus menjahit secara menyilang.

Jahitlah setiap lubang sekitar lima kali putaran untuk kancing baju anda juga dapat menjahit hingga delapan kali untuk kancing baju lebih kuat, selanjutnya tali benang agar benag tidak lepas, tali yang rapi, ratakan dengan kain baju. 

Setelah Selesai buat lah, lubang untuk memasukkan kancing kemeja, jika baju baru di buat. 

Cara Menjahit Tempat kancing Kemeja Tebal

Jika Anda menjahit kancing pada mantel atau pakaian tebal, Anda harus memastikan bahwa kancing mempunyai ruang yang cukup, agar sesuai dengan kain ketika selesai terpasang. Jika tidak, baju akan mudah mengerut di bagian kancing. 

Untuk menjahit kancing baju, ikuti cara yang sama seperti cara menjahit kancing di atas yaitu menyiapkan bahan, memasukkan benang ke jarum, mulai menjahit kancing tetapi.

Ketika Anda sudah menjahit melalui lubang, letakkan tusuk gigi di atas atau bawah kancing dan mulailah menjahitnya.

Selanjutnya lepas tusuk gigi untuk membuat sedikit ruang. Ini akan memberi Anda ruang yang cukup agar kain pas dengan nyaman di bawahnya.

Cerita tentang kancing baju

Pada abad ke-17, pakaian yang mempunyai kancing hanya di miliki oleh orang-orang kaya. Menurut kebiasaan berpakaian abad 17, pria biasa memakai bajunya sendiri. Namun seorang wanita mempunyai pelayan untuk membantu berpakaian. 

Baca Juga : Cara Menjahit Lengan Baju kemeja

Kancing yang di pasang di sisi belakang baju wanita memudahkan pelayan wanita sewaktu mengancingkan baju tuanya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *