Kerah adalah bagian atas baju bagian pertama kerah adalah kaki kerah dan daun kerah, lalu bagaimana cara menjahit kerah kemeja.

Kerah kemeja adalah kain kaku yang melingkar di bagian leher, kerah terdiri dari dua bagian kain yang tersambung menjadi satu.

Pada daun kerah terkadang ada variasi tambahan kancing kecil pada ujung nya berguna kerah tidak berubah saat di gunakan.

Biasanya kemeja ini di namakan kemeja formal, di gunakan untuk pekerja kantoran, atau kemeja sekolah.

Cara Menjahit Kerah Kemeja

Untuk kerah kemeja anak seperti seragam sekolah, biasanya kerah kemeja ini hanya terdiri dari satu bagian.

Yaitu antara bagian kaki dan daun kerah di buat menjadi satu, tetapi jika menggunakan cara ini kerah akan terlihat jelek.

Jadi jika kerah ingin terlihat bagus, pembuatan kerah kemeja harus di buat dengan cara terpisah dengan dengan kemeja

Yaitu dengan membuat dahulu daun kerahnya selanjutnya membuat kaki kerah di pasangkan dengan daun kerah ini.

Pola daun kerah kemeja bentuknya melengkung di bawahnya, hal ini akan sedikit sulit untuk di jahit dengan kaki kerahnya.

Apalagi jika Anda adalah seorang penjahit pemula yang belum mengetahui teknik menjahit kerah.

Seorang penjahit pemula, waktu pertama belajar akan mengalami kesulitan saat membuatnya, terlebih lagi jika tidak ada mengajarkan cara menjahit kerah.

Bertanya lah kepada seorang yang mengerti cara menjahit kerah seperti yang mengajarkan kursus menjahit atau bos tempat konveksi kerja anda.

cara seorang penjahit dalam membuat kerah ini berbeda tapi hasil akhirnya mungkin akan tetap sama.

Di sini saya akan rangkum cara menjahit kerah, berikut ini adalah langkah-langkah menjahit nya :

Menyiapkan Kain keras

Pertama siapkan kain keras untuk dibuat kerah, potong sesuai pola kerah kemeja, tempelkan pada sisa kain baju, gosok dengan setrika panas.

Pastikan staplek menempel dengan sempurna semua, jika masih ada yang tidak menempel, saat kerah jadi, akan menghasilkan kerah yang bergelombang. 

setelah itu gunting dan pisahkan kedua bagian kain kerah ini, perhatikan cara pengguntingan untuk masing masing bagian.

Menjahit Bagian Kerah

Jahit bagian kaki kerah terlebih dahulu pada ujungnya dengan menaruh dahulu di tempat yang mudah terlihat. 

Sekarang jahit bagian daun kerah di mulai dari salah satu ujung, pada saat sampai pada posisi ujung kerah, masukkan selembar benang ke tengah antar kain.

Benang ini di gunakan untuk di tarik saat daun kerah di balik nanti agar dapat menghasilkan ujung daun yang lancip sempurna

jika sudah di jahit, selanjutnya balik daun kerah, tarik benang yang sudah di sediakan tadi sehingga ujung kerah lancip dengan sempurna, selanjutnya jahit ujung daun kerah dengan jarak kurang lebih 3 mili.

Selanjutnya jahit daut kerah dengan kaki kerah, mulai dari salah satu ujung sampai ke ujung. 

Kemudian balik kaki kerah lalu gunting bagian kain kaki kerah yang akan di jahit bagian leher baju, sehingga akan menyisakan lebih setengah cm dari kaki kerah yang di pasang staplek.

Tempelkan kerah pada baju, lalu beri jarum pentul, agar posisi kerah tidak berubah, jika ukuran baju dengan kaki kerah belum pas, maka samaan terlebih dahulu dengan cara mengguntingnya lagi.

Balik dan masukan ujung jahitan ke dalam kaki kerah dan atur posisi baju dengan kaki kerah menutupi benang jahitan, selanjutnya jahit kembali sekeliling kaki kerah tersebut.

Demikanlah cara sederhana menjahit kerah kemeja yang dapat saya tulis, teruslah berlatih dengan mempraktekan cara membuat kerah, sampai anda dapat membuat dengan sempurna 

Baca Juga : Cara Menjahit Lengan Baju kemeja

Kenapa harus menjahit dengan bagus, agar pelanggan anda menjadi puas atas hasil jahitan baju anda, terima kasih atas kunjungan Anda ke website saya dan sampai jumpa pada tutorial saya selanjutnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *