Membuat celana pendek mungkin akan terlihat sulit bagi penjahit pemula, namun Anda dapat membuat celana pendek bergaya pinggang karet yang nyaman dengan waktu yang tepat, dengan sedikit usaha dan kesabaran. Inilah yang harus Anda lakukan.

Celana-Pendek

Cara Membuat Celana Pendek untuk Wanita

Ada beberapa macam jenis celawtapi di sini saya akan menulis mengenai cara membuat celana pendek untuk wanita. 

Membuat Pola Celana

Pertama buatlah sebuah pola celana. Anda dapat membuat pola yang cepat untuk celana pendek dengan menjiplak garis tepi celana pendek Anda yang anda miliki di atas selembar kertas. Dan caranya sebagai berikut :

  • Lipat celana pendek Anda menjadi satu. 
  • Selanjutnya garis tepi celana pendek Anda yang terlipat pada kertas.
  • Selanjutnya tambahkan jarak keliman 2,5 cm di sekeliling pola.
  • Selanjutnya tambahkan jarak 4 cm pada tepi atas pola untuk ban pinggang.
  • Selanjutnya potong pola dengan gunting.

Memotong Kain

Jika sudah selesai memotong pola, tempelkan pola Anda pada kain dengan menggunakan jarum pentul. Lipat kain Anda menjadi dua dan letakkan pola Anda di atasnya,kenapa harus langsung dua, agar anda tidak perlu khawatir potongan tidak sama. 

Untuk hasil yang lebih akurat, buatlah sketsa terlebih dahulu di garis tepi pola Anda pada kain, selanjutnya potong kain Anda. Gunakan gunting kain yang tajam untuk memotong kain. Ini akan membuat satu sisi penuh celana pendek Anda.

Ulangi potongan lain dari celana pendek Anda dengan cara memotong dan memberi jarum yang sama dengan potongan pertama jika anda memotong satuan.

Membuat Keliman

Beri jarum pada kain untuk menggabungkan, lipat kain 1-2 cm untuk membuat keliman lebih tepatnya, beri jarum pada kedua sisi melengkung dari kedua potongan. Keliman ini yang akan Anda jahit bersama, sehingga anda dapat menjaga agar keduanya tetap sejajar.

Jahit kedua keliman, gunakan mesin jahit untuk menjahit keliman dengan gaya yang melengkung, jika Anda menjahit dengan tangan, gunakan jahitan tusuk balik.

Berikan jarak keliman sebesar 2,5 cm, sekarang Anda mempunyai sesuatu yang kelihatannya seperti “tabung” kain yang saling berhubungan.

Balikkan kain sehingga keliman yang telah dijahit berada di bagian masing-masing. Setelah menjahit kedua potongan yang terpisah, keliman yang dijahit akan berada pada tepian luar. 

Putarlah celana pendek Anda sehingga jahitan keliman ini berada pada garis tengah vertikal bawah dan sejajar dengan satu sisi, jahitan ini akan membentuk sisi bagian selangkangan celana pendek Anda.

Selanjutnya jahit keliman bagian paha dalam. Letakkan secara mendatar, sehingga sisi bagian selangkangan dapat terlihat. Beri jarum pentul pada kedua sisi agar tidak berubah selanjutnya jahit untuk menyelesaikan bagian kaki.

Beri jarak keliman sekitar 2,5 cm, jahit kedua sisinya dengan jahitan berbiku, keliman ini adalah keliman bagian paha dalam.

Membuat Ban Pinggang

Lipat tepi bagian atas kain, selanjutnya membuat ruang yang cukup untuk memasukkan tali karet atau tali kolor. Tusuk dengan jarum agar lilatan teberubah, selanjutnya jahitlah tepian kain untuk membuat lipatan ban pinggang.

Lipat bagian tepi atasnya sebanyak 5 cm. Dengan panjang sekitar 5cm dapat memberi ruang yang cukup untuk tali karet ban pinggang Anda.

Jahitlah dengan jahitan yang lurus dengan menggunakan mesin jahit Anda atau dengan menggunakan jahitan tangan anda dapat menjahit tusuk balik,  Sisakan sedikit lubang pada keliman agar Anda dapat memasukkan tali karet melalui lubang nya. 

Memasukkan Tali Karet (Kolor) 

Masukkan tali karet ke dalam ban pinggang. Dengan melalui bukaan pada ban pinggang sampai melingkarinya. Setelah selesai, jahit bukaan tersebut hingga rapat.

Tali Kolor Anda harus mempunyai ukuran panjang yang berkisar 7,5 cm. Karena tali karet harus tersisa agar dapat terpasang dengan aman, sisa tambahan ini agar celana pendek Anda aman dikenakan pada pinggang Anda.

Cara memasukan tali kolor

  • Pasangkan peniti pada salah satu ujung tali karet agar lebih mudah untuk dimasukkan. 
  • Cara yang lainnya, tempelkan tali karet pada sumpit untuk membuatnya lebih mudah dimasukkan.
  • Selanjutnya tarik kedua ujung tali karet melalui kedua celah pada ban pinggang. 
  • Selanjutnya Pegang dengan kuat saat Anda menjahit kedua tali dan juga celah pada ban pinggang dengan jahitan berbiku.

Menjahit Kelim Bagian Bawah

Kelim celana pendek Anda bagian tepi bawah masing-masing kaki sebesar 2,5 cm. Tusuk dengan jarum di sekeliling lubang kaki selanjutnya jahit untuk membuat keliman. Ini menyelesaikan celana pendek Anda.

Pastikan Anda tidak menjahit sisi depan dengan sisi belakang celana pendek Anda menjadi satu. Anda harus menjahit keliman di sekeliling lubang kaki, agar dapat digunakan celananya.

Setelah selesai, cobalah untuk memakai celana pendek yang telah selesai di buat dan rasakan apakah anda nyaman memakainya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *