Cara Membuat Celana Bokser

Cara termudah dan tercepat untuk membuat celana bokser atau celana olahraga pendek adalah dengan mengunduh pola gratis di internet banyak yang menyediakan di website tutorial menjahit. 
Celana-Pendek-Pria

Membuat Pola

Saat Anda sudah menemukan pola di internet, mulailah dengan mencetak pola tersebut, pasangkan pola tersebut pada pengaturan mesin pencetak untuk mencetak dalam kertas A4 dan jangan memberi tanda pada kotak berskala. Potong polanya dan rekatkan bersama pada tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Memotong Kain

Tempelkan pola yang sudah jadi, pada kain dengan jarum pentul. Untuk menambahkan ketepatan ketika mengukur, gunakan kapur jahit dan pensil kain untuk menggambar garis tepi pola pada sisi belakang kain. Ingatlah bahwa jarak keliman sudah ada pada pola yang sudah dipersiapkan. 
Lipatlah kain lapisan menjadi dua lapis, Dengan memberi jarum pada sepanjang lapisan ban pinggang, mulai lah untuk memotong bahan kain Anda. Potong sepanjang garis tepi jahit hingga semua potongan telah dipotong.
Gunakan gunting kain yang tajam untuk melakukan ini. Potonglah kain-kain Anda dengan urutan yang terbalik. Dengan cara ini, Anda akan menumpuk potongan-potongannya, Anda akan mendapatkan potongan pertama pada urutan teratas.

Menjahit Kantong

Siapkan kain untuk digunakan kedua kantung belakang. Tempelkan potongan kantung pada tempatnya dengan jarum pentul. Gunakan jahitan tindih ganda untuk menjahit tepian dan dasar kantung pada tempatnya.
Gunakan setrika untuk menekan sisi potongan kantung. Sebelum menempelkan kantung pada kain, buatlah jahitan tindih ganda pada keliman tepi atas kantung. Tepian ini akan digunakan untuk bukaan kantung.
Setelah menggunakan langkah ini, Anda dapat mulai menjahit kantung belakang pada tempatnya seperti tanda yang tertera pada pola.
Selanjutnya untuk menjahit kedua kantung depan. Cara yang digunakan untuk membuat pada kantung depan, sama caranya yang digunakan dengan kantung belakang.
Gunakan setrika untuk menekan tepian dari potongan kantung. Sebelum menempelkan kantung pada kain, buatlah jahitan tindih ganda pada keliman atas kantung. Tepian ini akan digunakan bukaan kantung.
Tempelkan kantung pada bagian yang sudah disediakan, gunakan jahitan tindih ganda untuk digunakan tepian dan dasar kantung pada tempatnya.

Mulai Menjahit Celana

Mulailah menjahit bagian selangkangan. Mulailah pada bagian belakang kain celana dan jahit sepanjang bagian selangkangan sesuai pola.
Potong salah satu tepi keliman sesuai selera dengan menggunakan gunting kain yang tajam. Gunting lekukan pada bagian selangkangan, Gunakan jahitan rantai untuk menjahit sisi bagian selangkangan.
Jahitlah semua sisi dengan menghadap satu sama lain. Setelah menjahit keliman dalam, cobalah untuk meng obras tepian kain untuk mencegahnya berjumbai.
Untuk menjahit keliman sisinya, gunakan metode jahitan rantai.
Kelim celana pendek Anda yang bagian bawah celana dan gunakan jahitan tindih ganda untuk menjahit nya. Tekan keliman bawah celana Anda dengan menggunakan setrika agar lipatan menjadi kuat.

Menjahit Lapisan Ban Pinggang

Mulailah menjahit lapisan ban pinggang pada bagian pinggang dengan sisi muka kain menghadap satu sama lain. Usahakan sambungan lapisan sejajar merata dengan bagian tengah belakang pinggang.
Jahitlah ban pinggang karet dengan jahitan berbiku pada kedua ujung ban pinggang karet, dengan menumpukkan ujungnya sebesar 1,25 cm.
Pastikan ban pinggang karet akan melonggar dengan nyaman pada pinggang, Ukurkan pinggang pemakainya, supaya ban pinggang karet memiliki ruang untuk meregang.
Lipat karet dan masukkan karet pada pelapis pinggang dengan jarum pentul dan lipat kain menutupi ban karet. Jahit dan tutup lipatan menyelesaikan celana pendek.
Balikkan celana pendek sehingga sisi muka menghadap keluar. Cobalah untuk memakainya apakah anda nyaman memakainya, Dengan ini, celana pendek Anda telah selesai.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *