Jika anda mempunyai website lama yang tidak keurus, jangan sampai anda membuang ya begitu saja. Ingat saat Anda membangunnya mulai membuat desain template, konten artikel hingga bakclink nya, lalu bagaimana cara meningkatkan trafic website.

Anggap saja artikelnya sudah tidak relevan dan tidak mempunyai visitor di poles SEO sebentar, mungkin trafic akan naik.

Seorang website developer Pemula masalah yang seringkali di hadapi adalah membuat konten selanjutnya masalah visitor.

Mungkin anda main di microniche kurang konsisten, akhirnya website anda menjadi gado-gado atau website yang kontennya campuran. 

Kalau salah satu artikel yang anda publikasikan masih menduduki halaman peringkat pertama di search engine.

kemungkinan 1 sampai 2 bulan yang akan datang artikel yang lain akan mulai ngeranking di search engine 10 besar halaman.

Cara Meningkatkan Trafic Website Yang Tidak Terawat

Anda dapat mendongkrak visitor dengan riset keyword menggunakan Google keyword planner, ubersuggest & semrush (yang simple pilih uber dan lebih clean). 

ketik keyword yang sesuai niche blog anda di search engine cari website yang menduduki posisi puncak search engine.

Cari yang sekiranya mudah kalo jadi kompetitor kaya website yang masih menggunakan subdomain blogspot, wordpress, weebly dll

Selanjutnya anda copy urlnya dan riset keyword nya menggunakan tool uber atau semrush. Pilih keyword yang longtail saja, cari keyword yang SDnya di bawah 10.

Tapi tidak selamanya di bawah 10 itu kompetitornya mudah-mudah untuk di saing. Biar aman cek keyword nya di search engine apakah kompetitornya website besar atau website kecil. 

Selanjutnya buat artikel yang berkualitas dan mempunyai backlink berkualitas dan jangan lupa untuk di optimasi. 

Cari longtail keyword, SDnya di bawah 10, Volume pencarian lebih banyak akan lebih bagus, jangan pernah mengambil keyword yang mempunyai volume besar.

Kalau musuh saingan nya besar, itu sulit untuk bersaing, karena anda kalah di kualitas SEO (kalau hanya buat eksperimen tidak apa-apa). 

kecuali kalau website anda menggunakan domain ccTLD (contoh.com .id) kalau musuh saingan websitenya menggunakan bahasa inggris

Tetapi website anda menggunakan bahasa Indonesia, konten anda dapat menduduki peringkat pertama search engine (berdasarkan pengalaman).

Cara Mengatasi Trafik Website Menurun

Jika anda masih kesusahan untuk mendapatkan ribuan visitor dan sudah membuat banyak artikel tetapi visitor masih sedikit.

Sebaiknya anda perbaiki dahulu cara menulis, dari riset keyword yang benar dan optimasi SEO on page dulu. Kalau semua itu anda sudah memahami, pasti anda akan mendapatkan visitor organik dengan mudah.

Seperti dari pengalaman saya, jika anda ingin mendapatkan visitor dengan vol yang lumayan gede misalnya vol 1000.

Biasanya hal ini butuh beberapa minggu atau bulanan untuk masuk page one jika keyword pencarian yang mempunyai persaingan ketat dan susah.

Selain itu untuk mendapatkan visitor banyak, anda juga bisa optimasi artikel lewat link building, menurut saya link building ini sangat kuat untuk menaikkan rank serp pengalaman pribadi.

Untuk yang masih kesusahan ke indeks artikelnya, sebaiknya anda membuat 10-20 artikel dlu dan sebaiknya artikelnya di gunakan yang benar. Habis itu anda daftarkan saja google news, kalau sudah keterima seharusnya indeksnya cepat, bahkan cuman hitungan detik.

Artikel di temukan di Search Engine dan di baca orang adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri untuk seorang blogger atau content writer. Keunggulannya terdapat pada domain mandiri, tidak numpang seperti youtube. Tapi kedua skill ini saling berhubungan dan perlu untuk di pelajari.

Penyebab Trafic Website Menurun

Belum bahas tentang bayaran dari blogger, jadi blogger itu lebih hebat dari youtuber menurutmu. karena setting-setting template SEO dan coding yang lumayan rumit, penulisan artikel yang SEO, maaf tidak semua bisa dan tidak semua mau, apalagi orang yang males.

Sedangkan untuk Youtuber, harus pintar ngedit video, spek laptop atau kompi yang lumayan tinggi. Kesamaannya adalah harus memahami trend dan membuat sesuatu yang layak di gunakan untuk publik.

Saya punya artikel yang sudah saya posting di halaman pertama di search engine Tapi setelah seminggu secara bertahap menurun berada di halaman bawah. Beberapa syarat artikel dapat menurun:

Kompetisi lebih sedikit dan artikel lebih banyak khususnya di Indonesia

Ada beberapa kata kunci target yang di masukkan dalam artikel yang lain pertama kali muncul di halaman depan dengan kata kunci yang sama.

Tetapi saya tidak perlu membahas masalah ini secara khusus. Artikel lama berbentuk daftar dan artikel baru memiliki daftar poin terperinci tetapi mengapa artikel saya dihapus ketika seseorang menganalisisnya?

Artikel disalin oleh orang lain
Postingan jarang diperbarui
Blog dikenai sanksi ilegal
Konten usang atau ketinggalan zaman
Artikel meningkatkan persaingan
Blog melambat
Tautan rusak
Spam jejaring sosial
Konten pesaing benar-benar kuat Pertimbangkan postingan yang tidak relevan

Alat Seorang Blogger Pemula

Seorang Blogger Pemula anda harus mempunyai alat ini untuk membangun sebuah website, yang berguna untuk meriset keyword, mengecek perkembangan website.

Mozbar atau SeoQuake 

Ekstensi chrome yang berguna untuk melihat alexa rank, da, pa website pada hasil google search engine, yang berguna untuk melihat tingkat persaingan pada keyword tertentu. 

Google keyword planner

Salah satu produk dari google untuk melihat ide keyword yang potensial dan melihat keyword yang mempunyai volume rata rata bulanan. 

Ini juga salah satu produk dari google yang di gunakan untuk melihat trend keyword di periode tertentu biasanya di perlihatkan 12 bulan terakhir. 

Google tren juga dapat berfungsi untuk melihat trend keyword evergreen (keyword abadi) dan menghindari keyword yang sedang viral. 

ubersugest

Alat ini di gunakan untuk melihat kompetitor website yang memiliki banyak visitor, anda dapat meniru keyword yang tinggi permintaan nya tapi saingan rendah. 

Allintitle Keyword

Alat ini di gunakan untuk melihat apakah keyword yang akan di tulis sudah ada di website lain atau belum.

Keyword yang potensial adalah keyword yang hasilnya kurang dari 10 blog belum ada yang menulis keyword tersebut. 

Metode di atas di gunakan untuk meranking longtail keyword dengan persaingan yang rendah, cocok untuk website yang tidak terawat atau website masih baru. 

Mungkin dengan cara tersebut trafik tidak banyak, mungkin di antara 1 s/d 20 visitor per artikel, tapi awet ngeranking di page one atau di sepuluh besar.

Baca juga : Cara Membangun Website Untuk Bisnis Jangka Panjang

Itulah tulisan artikel sedikit tentang cara meningkatkan trafic website yang tidak keurus semoga bermanfaat bagi anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.