Sekedar informasi Cara Mengetahui Kadar Emas Dengan kode emas merupakan barang istimewa yang memiliki nilai jual yang sangat stabil. Namun, ketika anda menentukan nilai emas tidaklah Mudah karena setiap perhiasaan mempunyai kadar emas campuran. 

Untuk dapat menentukan harga emas, emas di bagi menjadi dua bagian dan mengikuti kode-kode menurut kadar pada emas.

Oleh sebab itu, fungsi dari kode tersebut dapat menjamin kemurnian dan keaslian emas sehingga Anda tidak akan tertipu ketika membeli dengan emas palsu.

Golongan dan kode-kode pada emas, akan menentukan harga jual dan beli emas tersebut. Hal ini dapat menjadikan harga emas antara satu toko dengan toko perhiasan lainnya dapat berbeda. 

Padahal, di dalam satuan berat emas yang sama, harga emas bisa menjadi lebih tinggi atau lebih murah. Saya sarankan untuk Anda yang senang mengoleksi perhiasan emas, sebaiknya lebih banyak pengetahuan mengenai emas.

Penggolongan Tipe Emas

Perhiasaan emas di bagi menjadi dua golongan emas yang mempengaruhi harga jualnya. Agar anda mengetahui dan memahami juga tidak salah persepsi tentang perhiasan emas, Mari baca tulisan artikel berikut ini.

Emas Tua

Penangguhan nama emas muda dan emas tua rupanya hanyalah mengenai penamaan di masyarakat saja. Dan istilah seperti ini hanya ada di Indonesia. 

Dunia dagang emas internasional tidak mengenal istilah seperti ini. Emas tua bukan berarti emas yang sudah berusia tahunan alias tua. Dengan kata lain emas tua adalah istilah masyarakat untuk emas yang mempunyai kadar emas 70% lebih.

Di namakan kata “tua” untuk memanggil pada warna emas yang akan semakin kuning dan pekat jika kadar emasnya lebih tinggi. Seperti yang banyak orang ketahui, emas di hitung dengan menggunakan satuan karat.

Bila anda membeli suatu emas yang mempunyai kadar 24 karat, maka kandungan emasnya tersebut benar-benar asli 99,99% logam mulia emas (Au). 

Emas Muda

Sedangkan emas 18 karat, adalah kadar emas yang umum di gunakan pada banyak perhiasan, berarti emas tersebut mengandung 75% emas murni dan 25% campuran bahan lain. 

Fungsi dari campuran 25% pembuatan perhiasan untuk mengerahkan emas agar gampang di bentuk sesuai keinginan, bisa jadi bahan campuran perhiasan emas, berasal dari logam, tembaga, atau bahkan seng. 

Dengan demikian yang bisa di sebut emas muda adalah emas yang mempunyai kadar logam emas murni (Au) di bawah 70% alias 18 karat ke bawah. Namun ada yang menyebutkan bahwa harga emas tua jauh lebih mahal.

Hal ini dapat terjadi karena kadar yang di miliki emas tua jauh lebih besar yaitu di atas 50%. Sedangkan emas muda memiliki kadar yang jauh lebih rendah yaitu di bawah 50%.

Kode pada emas

Selain penggolongan penyebutan pada emas, terdapat pula kode-kode yang terdapat pada perhiasan emas. Sebagai contoh, di cincin terdapat kode 375 atau 750. Apa sih maksud kode-kode tersebut? Berikut penjelasannya:

Biasanya, kode 150 banyak di gunakan pada perhiasan kalung. Ada juga kode emas 420 yang terdapat pada perhiasan kalung. Kode emas 420 menandakan perhiasan emas tersebut mengandung emas sebesar 42%.

Apakah Emas Tua Lebih Baik Dari Emas Muda? Semakin banyak dan pekat kadar emas, warna kuning emas akan semakin pekat dan menyilaukan. Sayangnya, dengan seperti ini kecantikan perhiasan tidak seimbang dengan kulit pemakai dengan tingkat kepadatan. 

Logam emas murni cenderung lebih lunak, mudah meleleh jika terkena panas berlebih dan mudah bengkok karena tekanan. Oleh sebab itu, seorang pengrajin perhiasan mencampur emas dengan logam lain seperti tembaga atau seng agar lebih kuat.

Semakin tinggi kadar emas pada suatu perhiasan dan semakin sedikit bahan campuran nya, maka akan semakin cantik warna emas dan akan semakin mahal harganya.

Ini dapat terjadi, karena emas masih menjadi salah satu bongkahan logam paling langka di dunia, di atas perak.

Kualitas perhiasan

Kualitas perhiasan paling premium terbuat dari campuran 75% emas dan 25% perak, dengan campuran seperti ini akan menghasilkan perhiasan dengan warna emas mengkilat dan sangat cantik ketika emas di pakai saat terkena cahaya. 

Meskipun demikian, kaum investor perhiasan sekarang mencampur emas dengan campuran logam lebih banyak. Alasannya, untuk menghasilkan perhiasan emas dengan warna tertentu. 

Sebagai contoh, 70% emas, 20% tembaga, dan 10% seng akan menghasilkan perhiasan dengan warna pink gold, jenis perhiasan emas yang sedikit berwarna merah jambu meski tidak mengkilap.

Nah, sekarang Anda ketika membeli perhiasan emas pilih emas muda atau emas tua.

Cara Mengetahui Kadar Emas Dengan kode

Jika anda ingin membeli emas, biasakan yang untuk mengecek kodenya, bukan modelnya, Misalkan emas 22karat  kodenya 700-750, kalau seandainya tidak ada kode, tanyakan pada penjual, itu kadar emasnya berapa.

Dengan kode 375 pada emas batangan di sebut emas 18 karat kandungan emas nya hanya terdapat 37,5%.

Lalu kode 420 di namakan emas 20 karat, tetapi kadar emas nya lebih tinggi dari kode 375 kadar emas nya 42%.

Kemudian kode angka 700 di sebut emas 22 karat kadar emas lebih tinggi dapat mencapai emas murni 70%.

Kalau kode 750 juga di sebut emas 22 karat tapi kadar emasnya juga lebih tinggi dari pada yang berkode 700 kadar emas 75%.

Tetapi kode 916 itu di sebut mas 23karat kadar emas nya dapat mencapai 91,6%.

Selanjutnya jika kode 99 itu di sebut mas 24 karat kadar emas nya 99% atau emas asli tanpa campuran tembaga lain.

Baca juga : keuntungan investasi emas antam, dapat membeli mobil

Semoga tulisan artikel di atas Cara Mengetahui Kadar Emas Dengan kode dapat bermanfaat untuk anda sebagai seorang pebisnis, anda dapat membeli emas di toko perhiasan atau secara online, tetapi jika Anda ingin membeli emas batangan anda dapat membeli di antam atau di website dinaran.id. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.