Kain perca adalah kain dari sisa pembuatan baju. Kain perca biasanya di dapat dari konveksi ataupun penjahit rumahan anda bisa memanfaatkan kain perca dengan cara membuat tas tangan dari kain perca.

Walau sisa dari pembuatan pakaian, ternyata kain perca dapat di manfaatkan untuk berbagai macam kreativitas.

Salah satu manfaat dari kain perca adalah dapat di gunakan untuk membuat tas. Hanya dengan memanfaatkan kain sisa jahitan tidak terpakai, yang biasanya berbentuk potongan.

Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan uang bila dapat di buat kreatifitas dan bisa menjualnya.

Membuat Tas dari kain perca tidaklah sulit. Apalagi dengan bahan-bahan yang bisa di dapatkan dengan harga murah bahkan gratis, tentunya dengan hal yang lebih murah, dapat menghemat modal dalam pembuatannya.

Cara membuat tas dari kain perca tidaklah begitu sulit.

Pertama, anda dapat membuat tas tangan dari kain perca dengan menyiapkan semua bahan dan peralatan yang di perlukan, lalu ikuti langkah-langkahnya, maka anda dapat membuat tas tangan dari kain perca ini.

Alat dan Bahan Tas Tangan

Kain perca motif dan polos
Busa angin yang tipis di gunakan untuk bagian dalam tas
Benang jahit
Ritsleting kecil 
Bros atau pita untuk hiasan tas

Cara Membuat Tas Tangan dari Kain Perca

Persiapkan atau buat terlebih dahulu pola tas tangan di atas sebuah kertas, pola di gunakan dasar bentuk tas tangan.

Potong kain perca agar mempunyai ukuran yang sama dengan pola yang sudah di sediakan, selanjutnya satukan dengan cara di jahit.

Setelah kain perca di satukan menjadi sebuah lembaran kain yang lebar, gunting kain dengan mengikuti pola yang sebelumnya sudah anda persiapkan.

Ketika anda mulai memotong kain lebihkan sekitar 2 cm dari ukuran pola untuk digunakan lipatan.

Selanjutnya Letakkan busa angin di atas kain, lalu jahit bagian sisi-sisinya lalu tutup dengan kain lagi agar busa tidak kelihatan. 

Lalu buat tali menggunakan kain perca, sesuaikan ukuran dengan pola yang sudah ada, anda dapat mengancam, atau melapisi dengan busa angin, selanjutnya jahit dan pasangkan pada tas.

Pasang ritsleting bagian atas sebagai media pembuka dan penutup tas anda juga dapat menambah resleting bagian depan untuk membuat ruangan baru.

Selanjutnya anda dapat memberi hiasan sesuai dengan selera pada tas, hiasan di gunakan untuk mempercantik tas yang anda buat.

Jika semua sudah di jahit dan berbentuk tas, Tas tangan pun sudah siap di gunakan untuk keperluan ke pasar, atau di gunakan untuk keperluan di luar rumah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *