Membuat kerajinan tangan berbahan dasar kain ternyata dapat mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi kalau anda menggunakan bahan yang biasanya tidak di manfaatkan dan hanya di buang saja oleh orang lain, anda dapat memanfaatkannya untuk sebuah harapan, lalu bagaimana cara membuat tas jinjing dari kain perca.

Nah, salah satu bahan kerajinan tangan yang dapat anda manfaatkan adalah kain perca. Apakah anda mengetahui apa itu kain perca? Itu lho, kain dari sisa jahitan yang biasanya berbentuk potongan-potongan kain yang tak berukuran dan jarang di manfaatkan.

Nah, karena jarang di manfaatkan oleh para penjahit, sekarang cobalah anda berkreasi dengan membuat kain perca menjadi tas atau dompet.

Tas Jinjing Wanita Dari Kain Perca

Siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahan yang di butuhkan ya, Tas yang akan di buat bisa anda gunakan untuk tempat laptop, kosmetik, bahkan untuk pergi ke pesta juga oke lho. Bahan dan Alat:

Kain Perca Warna-warni, polos, atau batik. 
1 meter kain blacu
1meter kain flanel motif yang akan di gunakan untuk bagian dalam
Benang jahit warna terang 
Jarum jahit atau mesin jahit, kalau tidak punya dapat menjahit menggunakan tangan
Cara Membuat Tas Jinjing dari Kain Perca
Carilah terlebih dahulu pola ide model tas jinjing yang akan anda buat, biar lebih gampang di ambar pola tas nya, biar nanti mudah untuk menjahitnya.

Potong kain perca sesuai ukuran pola, setelah itu gabungan pola ke kain satu demi satu. Anda dapat memotong kain perca menjadi bentuk persegi bulat atau segitiga, sesuai dengan keinginan anda. Usahakan gabungan antara kain perca mempunyai warna yang kontras, agar tas terlihat unik.

Selanjutnya buatlah tas dari kain blacu. Potong kain blacu dengan lebar panjangnya 50×100 cm. Jahit kain blacu sampai membentuk kantong dengan ukuran 50×50 cm, rapikan bekas jahitannya agar terlihat lebih cantik.

Selanjutnya, memasang bagian dalam tas yang terbuat dari kain flanel motif. Cukup dengan memotong kain flanel sesuai ukuran tas, selanjutnya jahit pada bagian yang sudah anda buat.

Selanjutnya membuat tali untuk bagian tas nya, potong  kain blacu dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 10 cm sebanyak 2 helai, anda dapat membuat tali sesuai dengan keinginan anda. 

Setelah itu jahit dan sambungkan pada bagian tas, Setelah tas mulai terbentuk, kamu tinggal mengaplikasikan kain perca pada bagian luar tas, untuk menghasilkan tas yang bermotif, 
Tas jinjing dari kain perca sudah jadi deh.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *