Google Form adalah sebuah formulir online yang dikembangkan oleh Google untuk penggunanya. Dimana seorang pengguna bebas untuk menggunakan Google Form untuk kepentingan pribadi, rapat, daftar kerja, atau apa yang membutuhkan sebuah formulir online.

Google-form
Formulir online seperti Google Form pada saat ini sangat dibutuhkan ketika ada acara, rapat atau untuk undangan kepada anggota member baru. Dimana formulir dapat dibagikan dan diedit secara bebas.
Google Form sudah menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat formulir baik itu nama, nomor dan lain-lain untuk kebutuhan pengisian data yang digunakan. Nantinya setelah formulir jadi, Maka link formulir dapat dibagikan secara bebas.

Google Form Tidak Dapat Diisi Data

Ketika link formulir sudah dibagikan, Maka pengguna yang sudah mendapatkan link tersebut langsung dapat isi formulir nya. Nantinya hasil isian data formulir akan langsung masuk ke email pembuat Google form dan pembuat Google form dapat langsung mengecek formulir pengirim satu per satu.
Untuk Google Form memang cukup bagus untuk pembuatan formulir online, Namun masih ada kendala yang dihadapi oleh pengisi disaat akan mengisi formulir. Dimana Google Form tidak bisa diisi baik itu nama, nomor dan sebagai nya. Lantas apa penyebabnya? Silahkan simak berikut.

Penyebab Google Form Tidak Dapat Diisi Data

Ada beberapa penyebab mengapa formulir Google form tidak dapat diisi.
  • Anda belum login ke akun Google.
  • Cache aplikasi yang sangat banyak.
  • Browser yang digunakan, browser versi lama.

Cara Mengatasi Google Form Tidak Dapat Diisi Data

Ada banyak cara untuk mengatasi Google Form yang tidak dapat diisi data. Dan caranya sebagai berikut, sangat mudah untuk anda gunakan :

Login Ke Akun Google

Ketika anda mengunakan layanan Google form jangan lupa untuk login terlebih dahulu menggunakan akun Google. Baik itu pada melalui handphone atau browser. Karena jika anda belum login, Maka Google Form tidak dapat digunakan dan diisi. 
Anda jangan lupa untuk mengecek email yang dipakai untuk login, Karena nantinya si pembuat atau pengundang Google Form akan menerima email, siapa saja yang sudah mengisi formulir. 

Menggunakan Browser Yang Mendukung

Ketika anda mengunakan browser yang tidak mendukung, hal ini juga dapat berpengaruh pada Google Form yang tidak dapat diisi. Saya sarankan untuk menggunakan browser bawaan Handphone seperti browser Chrome untuk mempermudah pengisian Google Form. Selain itu, Anda jangan lupa login di browser agar formulir dapat diisi.

Hapus Cache Pada Browser Anda 

Ketika Anda sedang tidak bisa menggunakan google form cobalah untuk menghapus cache pada browser anda, karena cache merupakan file berfungsi untuk mempercepat proses pemuatan pada aplikasi. Namun jika file cacha terlalu banyak, maka file cacha dapat menyebabkan error dan kesulitan dalam membuka fitur aplikasi Google form.
Anda dapat menghapus cache, sebelum mengisi formulir Google form agar tidak terjadi error. Untuk cara menghapusnya cukup gampang yaitu. 
  • Buka menu pengaturan handphone 
  • Selanjutnya buka apps 
  • Selanjutnya buka browser 
  • Selanjutnya buka penyimpanan dan hapus cache. 
  • Selesai, Maka cache akan otomatis terhapus.

Akses Google Form Masih Tersedia

Jika anda tidak dapat membuka Google form dan juga mengisi datanya. Dapat dipastikan bahwa akses ke Google Form sudah tidak tersedia. Maka anda pastikan untuk memberitahukan ke pembuat atau pengundang dari Google Form tersebut. 
Jika akses ke Google Form sudah tidak tersedia lagi, maka anda sudah tidak dapat mengisi kan data, dan harus menunggu si pembuat untuk membuat Google Form lagi.

Perhatikan Batas Akhir Akses Link

Link pada Google form juga mempunyai batas waktu akses. Dimana ada tanggal terakhir link masih dapat diakses. Jika anda terlambat mengisi data, Maka anda tidak akan bisa mengisi ke Google Form. Jadi usahakan untuk tepat waktu dalam pengisian.
Mungkin cukup segitu saja pembahasan saya tentang cara mengatasi Google Form tidak bisa diisi data, Semoga informasi tulisan artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosial anda, agar saya seorang penulis semakin semangat dalam membuat konten baca juga:Cara membuat Google form untuk kuisioner. .
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *