Google Assistant adalah salah satu project yang dikembangkan oleh Google. Google Assistant diperkenalkan pada tahun 2016, yang pada awalnya diaplikasikan pada Google Home dan aplikasi pesan singkat google allow. 
Google-assistant
Google Assistant merupakan virtual assistant dari google, tujuan diadakan dari fitur ini adalah, diharapkan para pengguna semakin mudah, dalam mengakses handphone yang dimiliki nya.
Kabarnya Google Assistant dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++, dan dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, seperti android, ChromeOS, IOS dan KaiOS. 
Untuk perangkat elektronik yang sudah mendukung aplikasi ini adalah Android, Android Home, Wear OS, Android TV, dan masih banyak lagi.

Fungsi Google Assistant

Google Assistant mempunyai fungsi yang bertugas sebagai layaknya asisten pribadi, sehingga dapat membantu aktifitas anda. Untuk mengetahui fungsi dari Google Assistant anda dapat membaca artikel ini sampai habis.

Penterjemah

Dengan adanya Google Assistant anda tidak lagi susah-susah menterjemahkan kalimat dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan diperangkat elektronik yang sudah mendukung google asisten. 
Google Assistant sudah dapat memberikan hasil translate berupa text maupun suara. Cukup mebantu seseorang yang sedang mempelajari bahasa asing.

Membuka Kunci Layar Handphone

Pada umumnya untuk membuka penguncian layar pada handphone, anda menggunakan PIN password atau menggunakan pola goresan tertentu pada layar, karena anda menggunakan kunci layar handphone tersebut. 
sebenarnya Google Assistant juga dapat digunakan untuk pengamanan handphone anda, untuk membuka layar handphone yang terkunci, anda dapat menggunakan suara yang sudah di setting didalam Google Assistant. 
Cara ini dilihat lebih aman untuk membuka handphone anda, supaya terhindar dari seseorang yang ingin membuka privasi anda.

Memutar Musik dan Video

Bagi anda yang senang dan hoby musik, dengan Google Assistant anda tidak perlu mencari musik favorit yang anda sukai, anda dapat memberikan perintah suara pada handphone, maka handphone yang memiliki Google Assistant akan memutarkan musik dari youtube atau google play music. 

Mencari Restaurant atau Tempat Wisata

Bagi anda yang ingin mencari tempat restaurant atau tempat wisata, Google Assistant dapat mencarikan rekomendasi restauran dan wisata yang cukup lengkap. 
Anda tinggal memberikan perintah suara lokasi yang ingin anda kunjungi, Google Assistant dapat memberikan rekomendasi tempat restauran dan wisata terdekat pada lokasi anda berada.

Membacakan Berita Untuk Anda

Bagi anda yang sibuk tetapi ingin mengatahui berita terupdate, Google Assistant dapat membantu anda membacakan berita, sehingga anda tetap bisa beraktifitas tanpa ketinggalan berita terupdate hari ini. 

Alat Konversi

Salah satu fungsi Google Assistant yang dapat membantu anda adalah sebagai alat konversi, jadi anda dapat memberikan perintah kepada Google Assistant dengan suara untuk mengkonversi berbagai jenis satuan. 
Misal nya mengkonversi mata uang, atau mengkonversi satuan jarak, kebesaran, satuan listrik, satuan ketinggian maupun satuan berat.
Itulah beberapa tulisan artikel fungsi dari manfaat Google Assistant yang sangat membantu anda dalam kehidupan sehari hari. Bagi anda yang belum mencobanya saya sarankan untuk mencoba Google Assistant, dan anda akan memiliki layaknya asisten pribadi disamping sobat.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *